Info Seputar Dumbell Serta Harga Di Gramedia Dan Ace

No comment1057 views

Bagi Anda pecinta fitness sudah pasti tak asing dengan dumbell. Salah satu perangkat yang ukurannya lebih kecil dari barbel ini cukup banyak diminati di tempat kebugaran. Hal ini dipengaruhi yang begitu praktis digunakan. Biasanya Anda dapat menemukan ini di Gramedia dan Ace dengan harga yang bervariasi.

Aneka jenis dumbbell

Aneka dumbbell

Kembali pada fungsinya, dumbell tak jauh berbeda dengan barbell. Seperti yang Anda ketahui kedua alat ini mampu memberikan kontraksi dengan menambah beban dalam setiap gerakan latihan yang dilakukan. Selain itu, semakin beban yang digunakan, maka penekanan dari alat tersebut mampu mendorong otot tumbuh membesar.

Panjang bar dumbbell hanya sejengkal tangan saja. Berbeda dengan barbel, penggunaan dumbell dapat dikombinasikan dengan berbagai gerakan seperti fly dan lateral raise. Sehingga membuat Anda lebih leluasa bergerak bebas. Instruktur tentu akan memantau penggunaannya dengan beban yang sama untuk menyeimbangkan tubuh. Sebab, hal tersebut dapat menghindari risiko cedera selama latihan Anda.

Berlatih dengan barbell dinilai dapat menyeimbangkan otot pada kedua sisi secara bersamaan. Sehingga tak hanya massa otot yang bertambah, tetapi kesimetrisan tubuh Anda juga akan lebih maksimal. Sedangkan penggunaan dumbell lebih kepada proses pengisolasian gerakan selama berlatih. Maksudnya, dumbbell dapat memfokuskan kontraksi pada salah satu bagian otot saja. Sehingga tekanan dan kontraksi tentunya hanya tertuju pada bagian tersebut.  

Terdapat banyak perspektif terkait penggunaan barbell dan dumbbell selama latihan. Ada yang beranggapan penggunaan salah satunya lebih efektif, tetapi tak sedikit yang menggunakan keduanya untuk mendapatkan hasil optimal dalam membangun massa tubuh.

Harga Dumbell di Gramedia dan Ace

Saat ke Gramedia, Anda dapat membeli dumbell dengan harga yang bervariasi tergantung berat beban. Terlebih saat ini, Gramedia menawarkan diskon sampai 40% untuk semua alat fitness, khususnya merek  merek Richter dan X2fit.

Harga alat fitness di Gramedia dan Ace Store tak jauh berbeda, dumbell dijual dengan harga kisaran Rp49 ribu untuk berat beban 1 kg. Sedangkan berat 2 kg, harganya Rp95 ribu, 3 kg dihargai Rp139 ribu, dan untuk berat 5 kg harganya Rp219 ribu. Seluruhnya merupakan best seller merek Berwyn Dumbbell Neoprene berbahan besi.

Sementara itu, dumbell bongkar pasang dan memiliki berat beban 10 kg ditaksir dengan harga Rp395 ribu. Selain itu, Anda juga dapat membeli produk dumbell berbahan stainless steel dengan berat beban yang sama, dijual harga Rp610 ribu. Harganya lebih mahal dibandingkan produk sebelumnya, karena dilengkapi panjang pegangan 13 cm dan 8 lempengan pemberat. Jika Anda ingin mencoba dengan ukuran lebih kecil yakni berat beban 7,5 kg, dumbbell tersebut dijual kisaran Rp465 ribu. 

Jika tak ingin repot, Anda juga dapat membeli dumbell di online. Seperti Tokopedia, dumbell 2 kg seharga Rp82 ribu. Sedangkan untuk ukuran berat beban yang lebih kecil yakni 1 kg, Anda dapat merogoh kocek sekitar Rp13 ribuan, belum ongkos kirim. Berbeda dengan di Shopee, dumbell dijual mulai dari Rp47 ribu – Rp75 ribu dengan berat beban 7 kg. Seluruh dumbell tersebut berbahan plastik.  

Tips Latihan Menggunakan Dumbell

Latihan beban ringan dengan dumbbell

Latihan beban ringan dengan dumbbell

Pilih dumbbell dengan berat yang cocok

Belilah satu set dumbell, terlebih bagi Anda yang pemula agar dapat mencoba beban yang lebih ringan terlebih dulu. Dumbell bongkar pasang akan menjadi alternatif Anda, agar memudahkan penggunaan sesuai berat yang diinginkan.

Latihan diperlukan kurang lebih 4-5 kali seminggu selama setengah jam

Selama latihan kedua bagian tubuh harus diberikan beban dan gerakan yang sama. Naikkan beban Anda seminggu sekali, sehingga otot tidak terbiasa dengan beban yang digunakan. Selain itu penambahan beban juga dapat memaksimalkan pertumbuhan otot Anda, sehingga otot dapat tumbuh besar dalam waktu singkat.

Perhatikan bentuk dan pola latihan

Bentuk dan posisi tubuh menjadi hal yang penting diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal pada setiap repetisi. Tentu saja, bagi Anda yang pemula disarankan latihan bersama instruktur untuk menghindari kesalahan yang menyebabkan risiko cedera. 

Konsentrasi selama latihan

Khusus pemula, Anda wajib konsentrasi selama latihan dibandingkan mengejar jumlah repetisi. Anda dapat latihan di depan cermin, sehingga memudahkan Anda lebih fokus pada gerakan. Disarankan tidak memaksakan otot untuk menopang beban terlalu lama. Untuk memberi tantangan tambahan, cobalah menambahkan dumbel berbobot ringan pada latihan kardio Anda.

Cara Memilih Dumbell yang tepat

Latihan beban ringan dengan dumbbell

Latihan beban ringan dengan dumbbell

Perhatikan tipe dumbell sesuai kebutuhan

Jika Anda merupakan pemula dalam latihan kebugaran, maka lebih baik memilih tipe dengan beban yang dapat diubah. Alat ini akan menyediakan pilihan lempengan beban yang dapat dicoba terlebih dulu untuk melatih kekuatan tubuh. Begitu pun mempertimbangkan berat lempeng, jangan terlalu memaksakan beban yang berat demi mengejar repetisi.

Pilih yang sedikit mengeluarkan suara serta tidak merusak lantai

Dumbell yang dijual di terbuat dari beragam bahan, mulai dari besi, plastik, kromium hingga stainless steel. Seluruh bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun memilih dumbbell dengan sedikit suara tentu akan membuat Anda nyaman dan lebih konsentrasi selama latihan.

Dumbell yang tepat tentu akan membuat Anda semakin bersemangat selama latihan rutin. Selain itu, hal tersebut penting untuk menghindarkan Anda dari risiko cedera. Tentu saja, Anda tak ingin tujuan latihan untuk kesehatan dengan dumbell justru membuat tubuh jatuh sakit.

Baca juga  Info Lengkap Harga Brush Pen Faber Castell Semua Varian
loading...
author

Leave a reply "Info Seputar Dumbell Serta Harga Di Gramedia Dan Ace"