Update Harga Dumbell di Gramedia dan Ace Hardware 

Bagi Anda pencinta fitness, pasti tak asing dengan dumbell. Salah satu perangkat olahraga yang ukurannya lebih kecil dari barbel ini cukup banyak diminati di tempat kebugaran, karena alatnya begitu praktis digunakan. Jika berminat, Anda dapat menemukan ini di Gramedia dan Ace Hardware dengan harga yang bervariasi.

Ilustrasi: Olahraga Menggunakan Dumbbell (credit: aipt.edu)
Ilustrasi: Olahraga Menggunakan Dumbbell (credit: aipt.edu)

Kembali pada fungsinya, dumbell tak jauh berbeda dengan barbell. Seperti yang Anda ketahui, kedua ini mampu memberikan kontraksi dengan menambah beban dalam setiap gerakan latihan yang dilakukan. Selain itu, semakin berat beban yang digunakan, maka penekanan dari alat tersebut mampu mendorong otot tumbuh membesar.

Bacaan Lainnya

Panjang bar dumbbell hanya sejengkal tangan. Berbeda dengan barbel, penggunaan dumbell dapat dikombinasikan dengan berbagai gerakan seperti fly dan lateral raise. Sehingga, membuat Anda lebih leluasa bergerak bebas. Instruktur tentu akan memantau penggunaannya dengan beban yang sama untuk menyeimbangkan tubuh. Sebab, hal tersebut dapat menghindari risiko cedera selama proses latihan Anda.

Berlatih dengan barbell dinilai dapat menyeimbangkan otot pada kedua sisi secara bersamaan. tak hanya massa otot yang bertambah, tetapi kesimetrisan tubuh Anda juga akan lebih maksimal. Sementara, penggunaan dumbell lebih kepada proses pengisolasian gerakan selama berlatih. Maksudnya, dumbbell dapat memfokuskan kontraksi pada salah satu bagian otot saja, sehingga tekanan dan kontraksi tentunya hanya tertuju pada bagian tersebut.  

Baca juga  Update Harga Ford Mustang Edisi 2022

Harga Dumbell di Gramedia 

Varian Dumbell Harga
Kettler Aerobic Dumbell (1kg/pair) – Blue 415-000 Rp99.000
Dumbell Set Rp569.500

Harga dumbell di Gramedia di atas telah kami rangkum dari website resminya. Memang, dalam situs resminya, tidak banyak pilihan dumbell yang tersedia di toko buku tersebut. Kemungkinan besar Anda bisa mengetahui harga serta varian merk olahraga tersebut secara langsung di tokonya. Selain itu, dengan mengunjungi Gramedia terdekat, Anda juga akan mendapatkan diskon menarik. 

Jika Anda masih tidak menemukan dumbell di Gramedia atau kurang cocok dengan harganya, bisa mencoba pergi ke Ace Hardware. Ace Hardware merupakan salah satu toko furniture dan -alat kebugaran yang terbilang lengkap. Anda bisa menemukan berbagai varian dumbell di outlet tersebut. 

Ilustrasi: Berbagai Jenis Dumbell (credit: insportline)
Ilustrasi: Berbagai Jenis Dumbell (credit: insportline)

Harga Dumbell di Ace Hardware

Merk/Varian Dumbell Harga
Berwyn Dumbbell Neoprene Pink 1 kg  Rp49.000
Berwyn Dumbbell Neoprene Ungu 2 kg  Rp94.900
Berwyn Dumbbell Neoprene Biru 3 kg  Rp139.000
Berwyn Dumbbell Neoprene 4 Kg Rp179.000
Berwyn Dumbbell Neoprene Hitam 5 kg  Rp219.000
Berwyn Dumbbell Karet Hexagonal Hitam Silver 12,5 kg  Rp609.000
Berwyn Dumbbell Karet 20 kg Rp899.000
Dumbbell Chrome 20 Kg  Rp1.169.100
Schwinn Bowflex Dumbbell Selecttech Rp3.599.100

Harga dumbell di Ace Hardware tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Berwyn dumbbell karet 20 kg yang semula dijual dengan harga Rp849 ribu, naik menjadi Rp899 ribu dan Schwinn Bowflex Dumbbell Selecttech yang awalnya dilepas dengan harga Rp3,3 jutaan, naik menjadi Rp3,5 jutaan. Sementara itu, harga dumbell lainnya di Ace Hardware masih sama seperti tahun lalu.

Baca juga  Update Harga Tirai Kamar Mandi Anti Air

Sebagai tambahan, untuk membeli dumbell di Ace Hardware secara online, Anda harus mengunjungi website resminya di www.acehardware.co.id. Setelah itu, pilih menu “Buy Online” dan Anda akan terhubung dengan situs e-commerce yang bekerja sama dengan ACE Hardware, yakni www.ruparupa.com. Selanjutnya, Anda dapat mencari produk dumbell yang Anda inginkan.

Ilustrasi: Workout Menggunakan Dumbell (credit: womenshealthmag)
Ilustrasi: Workout Menggunakan Dumbell (credit: womenshealthmag)

Tips Latihan Menggunakan Dumbell

  • Pilih dumbbell dengan berat yang cocok. Belilah satu set dumbell, terlebih bagi Anda yang pemula agar dapat mencoba beban yang lebih ringan terlebih dulu. Dumbell bongkar pasang akan menjadi alternatif Anda, agar memudahkan penggunaan sesuai berat yang diinginkan.
  • Latihan diperlukan kurang lebih 4-5 kali seminggu selama setengah jam. Selama latihan, kedua bagian tubuh harus diberikan beban dan gerakan yang sama. Naikkan beban Anda seminggu sekali, sehingga otot tidak terbiasa dengan beban yang digunakan. Selain itu, penambahan beban juga dapat memaksimalkan pertumbuhan otot Anda, sehingga otot dapat tumbuh besar dalam waktu singkat.
  • Perhatikan bentuk dan pola latihan. Bentuk dan posisi tubuh menjadi hal yang penting diperhatikan untuk mendapatkan hasil maksimal pada setiap repetisi. Tentu saja, bagi Anda yang pemula, disarankan latihan bersama instruktur untuk menghindari kesalahan yang menyebabkan risiko cedera. 
  • Konsentrasi selama latihan. Khusus pemula, Anda wajib konsentrasi selama latihan dibandingkan mengejar repetisi. Anda dapat latihan di depan cermin, sehingga memudahkan Anda lebih fokus pada gerakan. Disarankan tidak memaksakan otot untuk menopang beban terlalu lama. Untuk memberi tantangan tambahan, cobalah menambahkan dumbel berbobot ringan pada latihan kardio Anda.
Baca juga  Info Terbaru Harga Menu Makanan di Genki Sushi

Cara Memilih Dumbell 

Perhatikan tipe dumbell sesuai kebutuhan. Jika Anda merupakan pemula dalam latihan kebugaran, maka lebih baik memilih tipe dengan beban yang dapat diubah. ini akan menyediakan pilihan lempengan beban yang dapat dicoba terlebih dulu untuk melatih kekuatan tubuh. Saat mempertimbangkan berat lempeng, jangan terlalu memaksakan beban yang berat demi mengejar repetisi.

Selain itu, pilih bahan yang sedikit mengeluarkan suara serta tidak merusak lantai. Dumbell yang dijual di pasaran terbuat dari beragam bahan, mulai dari besi, plastik, kromium, hingga steel. Seluruh bahan tersebut memiliki kekurangan dan masing-masing. Namun, memilih dumbell dengan sedikit suara tentu akan membuat Anda nyaman dan lebih konsentrasi selama latihan.

Dumbell yang tepat tentu akan membuat Anda semakin bersemangat selama latihan rutin. Selain itu, hal tersebut penting untuk menghindarkan Anda dari risiko cedera. Tentu Anda tak ingin tujuan latihan untuk kesehatan dengan dumbell justru membuat tubuh jatuh sakit, bukan?

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *