Cara Pakai & Update Harga Dulcolax Suppositoria

Dulcolax Suppositoria adalah obat pencahar yang memiliki bentuk sediaan suppositoria dengan penggunaan pada rektal/anus. Obat ini bekerja dalam waktu 30 menit saja untuk mengatasi sulit BAB (buang air besar). Seperti halnya varian tablet, Dulcolax Suppositoria mengandung zat aktif Bisakodil yang merangsang pergerakan pada usus besar agar mempermudah pengeluaran feses atau BAB. Dibanding Dulcolax tablet, harga Dulcolax Suppositoria relatif lebih mahal.

Ilustrasi: Konstipasi (sumber: nextshark)
Ilustrasi: Konstipasi (sumber: nextshark)

Zat Bisacodyl atau derivat-difenilmetan ini adalah laksansia kontak populer yang bekerja langsung terhadap dinding usus besar (kolon) dengan memperkuat peristaltiknya. Tinja pun menjadi lunak. Di samping penggunaannya sebagai pencahar umum, juga sering digunakan untuk mengosongkan usus besar sebelum pembedahan atau pemeriksaan dengan sinar rontgen.

Bacaan Lainnya

Dalam usus halus, bisakodil diresorpsi sampai 50% dan setelah desasetilasi dalam hati sebagian dikeluarkan dengan empedu dan mengalami siklus enterohepatis. Metabolitnya juga aktif. Sisanya diekskresi melalui ginjal. Bagian yang tidak diserap berkhasiat terhadap dinding usus. Defekasi terjadi setelah k.l. 7 jam, pada penggunaan rektal setelah k.l. 30 menit. Karena resorpsi tidak diperlukan bagi khasiat mencaharnya dan supaya jangan sampai membebankan hati, tablet diberikan sebagai tablet e.c. tahan-asam yang baru pecah di bagian bawah usus halus. Dengan demikian resorpsi dibatasi sampai sedikit mungkin, lagi pula iritasi terhadap dinding lambung dihindari.

Efek samping jarang terjadi dan berupa kejang-kejang perut; secara rektal obat ini dapat merangsang selaput lendir rektum. Tidak boleh digunakan bersamaan dengan susu atau zat-zat yang bereaksi alkalis (antasida) karena bisa merusak lapisan enteric-coating dari tablet. Obat ini dapat digunakan selama kehamilan, walaupun harus berhati-hati karena dapat menimbulkan kejang perut.[1]

Dulcolax Suppositoria

Digunakan untuk pasien yang menderita konstipasi. Untuk persiapan prosedur diagnostik, terapi sebelum dan sesudah operasi dan dalam kondisi untuk mempercepat defekasi.

Dulcolax Suppositoria

  • Dewasa dan anak usia > 10 tahun: 1 Dulcolax Suppositoria dewasa (10 mg)
  • Anak-anak umur 6-10 tahun: 1 Dulcolax Suppositoria pediatrik (5 mg)

Untuk penggunaan Dulcolax Suppositoria tidak boleh sembarangan, berikut cara pakai yang perlu Anda perhatikan.

Cara Pakai Dulcolax Suppositoria

  • Jika tablet Dulcolax Suppositoria terlalu lunak, Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu di dalam kulkas atau siram air dingin di atasnya selama 30 menit sebelum kemasan dibuka.
  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum membuka kemasan obat Dulcolax Suppositoria.
  • Setelah kemasan dibuka, berbaring ke samping dan gunakan jari tangan untuk mendorong obat masuk melalui dubur ke dalam rektum.
Obat suppositoria (sumber: hellosehat)

Efek Samping Dulcolax Suppositoria

  • Nyeri perut dan diare.
  • Gangguan sistem kekebalan seperti reaksi anafilaksis, angioedema, hipersensitivitas.
  • Gangguan metabolisme dan nutrisi seperti dehidrasi.
  • Gangguan sistem saraf seperti pusing dan sinkop.
  • Gangguan pencernaan seperti kejang perut, nyeri perut, diare, mual, hematochezia (darah di dalam tinja), muntah, rasa tidak nyaman pada perut, rasa tidak nyaman pada anorektal, kolitis, termasuk kolitis iskemik.

Peringatan & Perhatian Penggunaan Dulcolax Suppositoria

  • Tidak boleh digunakan setiap hari secara terus-menerus dalam waktu lama tanpa mengetahui penyebab konstipasi.
  • Penggunaan berlebihan dalam waktu lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan elektrolit dan hipokalemia.
  • Anak-anak tidak boleh menggunakan Dulcolax tanpa petunjuk dokter.
  • Obat pencahar stimulan termasuk Dulcolax tidak membantu menurunkan berat badan.
  • Penggunaan suppositoria dapat menyebabkan sensasi rasa sakit dan iritasi lokal, khususnya pada pasien dengan fisura anus dan proktitis ulserativa.
  • Dulcolax dapat digunakan selama kehamilan jika hanya dengan petunjuk dokter.

Berikut kisaran harga Dulcolax Suppositoria di pasaran yang berlaku saat ini.

Harga Dulcolax Suppositoria

Dulcolax Suppositoria (youtube: RealBeautiful Beauty)
Varian Dulcolax Suppositoria Harga
Dulcolax Suppositoria Adult 50’s per strip Rp124.265
Dulcolax Suppositoria Adult 6’s per strip Rp152.514
Dulcolax Suppositoria Adult per box Rp432.500
Dulcolax Suppositoria Child 6’s per strip Rp144.111

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Dulcolax Suppositoria (Supp) di apotek saat ini cenderung naik. Misalnya, Dulcolax Suppositoria Child (anak) 6’s per strip yang semula dijual seharga naik dari Rp138.224, kini menjadi Rp144.111. Selain bentuk suppositoria, Dulcolax juga tersedia dalam bentuk tablet untuk dikonsumsi dengan tertentu. Sebagai bahan referensi, berikut harga Dulcolax tablet saat ini.

Harga Dulcolax Tablet

Varian Dulcolax Tablet Harga
Dulcolax Tablet 5 mg per strip isi 4 tablet Rp10.439
Dulcolax Tablet 5 mg per strip isi 10 tablet Rp20.957

Hingga saat ini, harga obat Dulcolax 5 mg isi 4 tablet terpantau tetap. Namun untuk Dulcolax 5 mg per strip isi 10 tablet yang semula dijual seharga Rp23.590, sekarang sedikit turun menjadi Rp20.957. Perlu Anda ketahui bahwa harga Dulcolax suppositoria dan tablet tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tersebut di setiap toko obat atau apotek bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Ditta]

[1]Tjay, T. H., dkk. 2007. Obat-Obat Penting: Khasiat, Penggunaan dan Efek-Efek Sampingnya (Edisi VI). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pos terkait