Update Harga Drum Plastik 150 Liter (Baru dan Bekas)

Anda mungkin sudah familiar dengan benda bernama drum plastik. Ini bukan instrumen musik, melainkan sebuah atau tempat berukuran cukup besar yang, seperti namanya, terbuat dari plastik, dan biasanya digunakan untuk menampung air, bahkan sebagai tempat sampah. Umumnya hadir dalam bentuk bulat atau silinder, drum plastik tersedia dalam beragam kapasitas, 80 liter, 150 liter, bahkan 200 liter, dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah.

Drum plastik 150 liter (sumber: olx)
Drum plastik 150 liter (sumber: olx)

Manfaat Drum Plastik

Drum plastik, seperti dituturkan di atas, adalah sebuah benda yang terbuat dari material plastik, memiliki bentuk cenderung silinder atau bulat, meskipun ada juga perusahaan yang merilis drum plastik berbentuk kotak. Tempat ini biasanya dimanfaatkan sebagai wadah atau penampungan air bersih, cairan kimia, atau sebagai tempat sampah.

Bacaan Lainnya

Selain dapat dimanfaatkan sebagai wadah atau penampungan air bersih, drum plastik ternyata juga dapat Anda gunakan sebagai tempat untuk membudidayakan peliharaan. Hewan-hewan yang bisa dibudidayakan di drum plastik ini umumnya memang binatang air, seperti ikan atau belut. Jika digunakan untuk budidaya ikan, Anda disarankan untuk menggunakan drum plastik dengan ukuran yang mampu menampung kira-kira 120 liter air.

Bahan selanjutnya yang perlu disiapkan adalah pipa paralon yang nantinya akan menjadi tempat saluran air yang akan mengaliri drum yang bersangkutan. Saat mengaliri, pipa paralon ini juga digunakan sebagai sirkulasi air pada bak drum ikan. Untuk ukuran pipa paralon, bisa menggunakan model dengan diameter 1 atau 2 inch, dengan panjang yang dapat disesuaikan dengan lokasi sumber air dan berapa jumlah drum plastik yang akan Anda gunakan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Di samping itu, Anda pun diharuskan menyiapkan alas drum yang bisa dibuat dari material besi atau kayu dengan ukuran 20 x 15 cm, dan masing-masing drum membutuhkan tiga alas. Selain itu, siapkan juga lem atau perekat yang berguna untuk menyambungkan pipa-pipa air yang akan Anda bentuk sesuai dengan tata letak drum plastik. Dan, bahan terakhir adalah keran dan penutup saluran air yang difungsikan sebagai pintu keluar air ketika akan masuk ke dalam kolam air.

Setelah Anda membeli ikan, ikan nila misalnya, Anda bisa menempatkan drum plastik di lokasi yang sebaiknya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika Anda akan membuat lebih dari satu drum, sebaiknya jarak antara satu drum dengan drum yang lain sekitar 30 cm sampai 35 cm untuk memudahkan Anda menggeser atau memasang saluran air ke dalam drum.

Ketika drum plastik sudah terpasang di lokasi yang , Anda bisa membuat saluran air menggunakan pipa paralon yang sudah disiapkan. Usahakan jalur pipa air ini tidak terlalu rumit dan tidak terlalu jauh dari sumber air. Setelah jalur pipa dibuat, selanjutnya adalah memasang kran air tepat di atas drum plastik yang sudah ditempatkan tadi. Apabila Anda membuat lebih dari satu jalur , gunakan sekat air atau kran penutup paralon air agar Anda bisa mengatur debit air di setiap drum dengan berbeda-beda. 

Drum plastik 150 liter
Drum plastik 150 liter

Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi drum plastik dengan air melewati saluran air yang sudah Anda buat tadi. Isi drum plastik kurang lebih antara 80 persen sampai 90 persen dari jumlah maksimal daya tampung dari drum plastik yang sudah Anda beli. Sebagai contoh, apabila volume maksimal di drum plastik mampu menampung 120 liter, Anda bisa mengisinya dengan air antara 90 liter sampai 100 liter saja.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Jika air sudah mencukupi, Anda bisa mulai menabur benih di dalam drum plastik. Penaburan benih ini harus disesuaikan dengan luas drum plastik yang Anda gunakan. Sebagai contoh, jika drum plastik Anda memiliki diameter sekitar 60 cm, maka dibutuhkan benih ikan seberat 450 gram, dengan ukuran panjang benih sekitar 5 cm sampai 8 cm, yang nantinya dibesarkan hingga ukuran konsumsi.

Di samping ikan, seperti disampaikan di atas, drum plastik juga bisa menjadi media yang cocok untuk beternak belut. Cara budidaya belut di dalam drum plastik sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ternak ikan. Anda cukup menyiapkan beberapa drum plastik (dengan ukuran besar jika berencana memproduksi dalam jumlah tinggi), media habitat atau air, lumpur , starter mikroorganisme, kompos, jerami padi, pupuk TSP, serta pipa paralon sebagai saluran air bersih.

Langkah pertama adalah Anda perlu menaruh jerami di dasar drum plastik dengan ketebalan sekitar 10 cm. Setelah itu, tuangkan mikroorganisme stater kurang lebih 1 liter, tambahkan kompos di atasnya dengan ketebalan 5 cm, tambahkan lumpur kering dengan ketebalan 10 cm, berikan pupuk TSP kurang lebih 5 kg secara merata,  dan tuang air di seluruh media tersebut dengan tinggi sekitar 5 cm sampai 10 cm. Biarkan fermentasi media ini selama kurang lebih dua minggu, setelah itu baru masukkan benih belut di dalamnya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Nah, apabila Anda memiliki drum plastik bekas, Anda tidak harus membuang benda tersebut. Drum plastik bekas masih bisa Anda manfaatkan sebagai barang-barang yang berguna. Jika Anda seorang nelayan, drum plastik bisa diubah menjadi sebuah perahu atau dijadikan keramba terapung di sungai, danau, waduk, maupun laut.

Saat ini, sudah banyak yang memproduksi drum plastik dengan kapasitas beragam, mulai 50 liter, 80 liter, 100 liter, 150 liter, hingga 200 liter. Umumnya, drum plastik ini dijual bersama dengan penutupnya. Nah, apabila Anda memerlukan drum plastik dengan kapasitas 150 liter, berikut kisaran harganya di pasaran.

Drum plastik 150 liter (sumber: jualo)
Drum plastik 150 liter (sumber: jualo)

Harga Drum Plastik

Drum Plastik Harga
Drum Plastik HDPE 150 L Rp185.000
Drum Plastik Open Top 150 L Rp220.000
Drum Plastik Open Top 150 L with Handle Rp260.000
Drum Plastik Green Leaf 150 L Rp302.000
Drum Plastik Green Leaf 150 L + Tutup Rp388.000

Informasi harga drum plastik 150 liter di atas kami himpun dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, drum plastik HOPE 150 liter dijual dengan harga Rp188 ribu, sedangkan harga drum plastik open top 150 liter mulai Rp210 ribuan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang ke toko drum plastik terdekat.

Selain produk baru, banyak juga pedagang yang menawarkan drum plastik dalam kondisi bekas atau second. Di pasaran Tanah Air, drum plastik bekas dengan ukuran 150 liter saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp180 ribu sampai Rp250 ribuan, tergantung kondisi barang. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi toko peralatan rumah tangga terdekat di wilayah Anda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *