Harga Drum Elektrik (Elektronik) Merek Roland (All Tipe)

Perkembangan yang pesat menghasilkan banyak inovasi-inovasi baru dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang . Dan, salah satu inovasi dalam industri dunia adalah hadirnya perangkat drum elektronik atau elektrik.

Roland TD-30KV1 + MDS-25 - www.roland.com

Roland TD-30KV1 + MDS-25 - www.roland.com

Drum elektrik adalah sebuah instrumen perkusi dengan pad-pad trigger yang mampu menghasilkan bunyi gelombang elektronik atau bunyi-bunyi perkusi dalam bentuk sampling. Definisi ini juga yang membedakan drumset elektronik dengan drumset-drumset konvensional yang selama ini dikenal luas oleh masyarakat.

Meski baru marak digunakan pada beberapa tahun belakangan, drum elektrik ini sebenarnya sudah dirancang sejak tahun 1970-an silam. Kala itu, drum eletrik dirancang oleh Graeme Edge dari group band The Moody Blues. Awalnya, ia bersama profesor elektronik dari Sussex University, Brian Groves, merancang sebuah kontrol panel yang terdiri dari beberapa bagian karet dan kertas perak pada bagian perak yang bergerak naik-turun di dalam magnet.

Baca juga  Update Harga Tiket Bioskop IMAX

Untuk tersebut, Edge menggunakan 5 snare drum, 10 tom-tom drum, kick bass, dan 16 sequencer yang terpasang dua di setiap sisi dengan transistor. Meski dianggap lebih mirip spageti dibandingkan drum elektronik, tetapi percobaan tersebut dianggap sebagai titik awal munculnya drum elektrik.

Di awal kehadirannya, drum elektrik masih dianggap hanya mampu memberikan suara yang setara dengan suara drum akustik. Hal ini dikarenakan masih terdapat banyak issue seputar sistem triggering dan hasil suara yang dihasilkan. Hal tersebut yang lantas memengaruhi model-model pionir dari drum elektrik, seperti Pollard Syndrum, Simmons, dan Yamaha.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, drum elektrik sekarang telah dibangun sedemikian rupa untuk mengatasi segala kekurangan yang ada pada drum elektrik generasi awal. Selain model standar atau entry-level, beberapa juga menyediakan drum elektrik untuk model profesional yang dirancang memberikan pengalaman bermain yang mendekati atau bahkan nyaris tidak dapat dibedakan dengan drum konvensional berkualitas.

Baca juga  Harga Granit Roman 60x60 (Semua Tipe)

Secara umum, kelebihan drum elektrik adalah lebih ringkas, stick yang lebih awet, tidak berisik karena bisa dimainkan dengan memakai headset, tidak harus di-tune, dilengkapi metronome, dan tidak perlu memikirkan peredam ruangan. Sementara, kelemahan drum ini di antaranya, tidak memiliki feel yang sama persis dengan drum konvensional, tidak detail seperti drum konvensional, tidak bisa digunakan untuk stick brush, dan agak menyusahkan untuk menambahkan jumlah tom atau simbal.

Saat ini, sudah banyak drum elektrik yang beredar di dengan beragam , salah satunya Roland. Berikut drum elektrik Roland yang dijual di .

Tipe DrumHarga (Rp)
Roland V-Drum TD-1KV8.100.000
Roland V-Drum TD-4KP9.750.000
Roland HD-312.530.000
Roland V-Drum TD-11KV15.820.000
Roland V-Tour Series TD-15KV28.000.000
Roland TD-25KV + MDS-9V28.985.000
Roland TD-25KV + MDS-9SC33.950.000
Roland TD-30KV1 + MDS-2574.200.000
Baca juga  Update Harga Sirup ABC di Alfamart dan Indomaret dalam Berbagai Varian Rasa
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Drum Elektrik (Elektronik) Merek Roland (All Tipe)"