Harga Drum Besi Bekas Oli (Berbagai Ukuran)

No comment91 views

Selain dapat digunakan untuk menyimpan air atau dalam jumlah banyak, drum besi juga bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Anda bisa menggunakan drum besi untuk perabotan rumah, seperti meja, kursi, hingga wastafel. Tidak perlu membeli yang baru karena Anda dapat menggunakan drum besi bekas oli yang sudah tidak terpakai. Tentu saja, harga drum ini lebih murah dibandingkan yang baru.

Drum besi bekas (sumber: nypost.com)

Drum besi bekas (sumber: nypost.com)

Apa Itu Drum Besi?

Seperti namanya, drum besi adalah sebuah benda yang terbuat dari material logam atau besi, memiliki bentuk cenderung silinder atau bulat, meski ada juga perusahaan yang merilis drum besi dengan bentuk kotak. Tempat ini biasanya dimanfaatkan sebagai wadah atau penampungan air bersih, cairan kimia, atau sebagai tempat sampah.

Selain itu, seperti disinggung di atas, drum besi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai furniture rumah tangga. Apabila Anda termasuk memiliki tangan-tangan yang terampil serta kreativitas tinggi, Anda bisa memakai drum besi ini sebagai bahan untuk membuat, misalnya tempat duduk seperti sofa panjang, meja, hingga wastafel.

Baca juga  Update Kisaran Harga Cetak Banner per Meter

Tidak perlu kondisi baru, karena Anda juga bisa memakai drum besi dalam kondisi bekas. Drum bekas, seperti barang second lainnya, adalah sisa proses yang dihasilkan dari suatu produksi, baik industri maupun rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.[1]

Namun, sebelum mulai berkreasi, yang perlu Anda pahami adalah pengolahan drum bekas sebaiknya sesuai dengan jenis atau karakteristik drum tersebut agar mendapatkan hasil yang optimal. Nah, salah satu pengolahan drum adalah dengan mengolah bahan dasar drum bekas untuk menghasilkan benda dengan fungsi baru atau yang dikenal dengan recycle.

Apabila yang Anda gunakan adalah drum bekas kemasan oli, bahan dasarnya biasanya berupa plat besi berukuran sekitar 0,8 yang sudah melalui proses galvanisasi, yakni proses pelapisan agar permukaan plat besi tidak mudah berkarat.[2] Tinggi drum bekas oli ini biasanya sekitar 88 cm hingga 90 cm, dengan diameter sekitar 55 cm sampai 60 cm.

Manfaat Drum Besi Bekas

Drum besi bekas dapat Anda gunakan untuk membuat kursi panjang. Untuk keperluan tersebut, Anda membutuhkan dua buah drum bekas, besi kotak berukuran 2 x 1 cm sepanjang 6 meter sebagai penguat kursi, sekitar 36 baut untuk memasang kayu pada rangka, serta 40 potong kayu pinus berukuran 10 x 100 x 2 cm untuk bagian dudukan dan sandaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bouncer Fisher Price (Semua Tipe)

Anda pun dapat membuat drum besi sebagai rak barang. Untuk kebutuhan ini, Anda setidaknya membutuhkan sebuah drum yang dipotong menjadi dua bagian, 12 potong kayu berukuran 2 x 10 x 120 cm, 4 meter besi penguat berukuran 2 x 1 cm, serta sambungan belahan drum menggunakan engsel agar rak dapat dibuka dan ditutup.

Drum besi bekas (sumber: tokopedia)

Drum besi bekas (sumber: tokopedia)

Untuk perabot yang lebih simpel, Anda pun bisa mencoba membuat meja makan. Anda hanya memerlukan satu buah drum besi bekas, yang nantinya dipotong menjadi tiga bagian. Selain itu, Anda pun membutuhkan besi kotak berukuran 2 x 1 cm sebagai penguat rangka untuk dudukan, serta besi berukuran 3 x 3 cm yang digunakan sebagai dudukan kaki ketika meja difungsikan secara berdiri.

Nah, apabila Anda sudah punya ide kreatif untuk membuat furniture, tentu saja Anda perlu memiliki drum bekas terlebih dahulu sebagai bahan utama. Untung saja tidak sulit mendapatkan benda ini karena sudah dijual bebas, bahkan lewat platform jual beli online. Disarankan, Anda menggunakan drum bekas oli, karena kualitas drum tersebut dinilai lebih baik dan tebal dibandingkan drum bekas lain yang umumnya lebih tipis dan penyok. Sebagai referensi, berikut kisaran harga drum besi bekas oli.

Baca juga  Info Jenis dan Harga Transfer Paper untuk Sablon

Harga Drum Besi Bekas Oli

Ukuran Drum BesiHarga Bekas
Drum Besi 20 LRp46.000 – Rp55.000
Drum Besi 60 LRp85.000 – Rp100.000
Drum Besi 100 LRp165.000
Drum Besi 200 LRp180.000
Drum Besi 225 LRp257.500

Harga drum besi bekas oli di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga drum besi bekas tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga drum besi bekas di masing-masing tempat kemungkinan juga bisa berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Bangun, Noor Aslam. 2017. Pemanfaatan Drum Bekas sebagai Bahan Pembuatan Perabot Multifungsi. e-Craft Prodi Pendidikan Seni Kerajinan FBS UNY, Vol. 6(5): 503-514.

[2] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Drum Besi Bekas Oli (Berbagai Ukuran)"