Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)

No comment173 views

Apakah Anda familiar dengan ? Ini bukan peralatan atau instrumen musik, melainkan sebuah benda berbentuk lingkaran yang, seperti namanya, terbuat dari bahan logam (atau ) dan biasanya dipakai sebagai tempat atau wadah menampung air. Di pasaran, drum telah hadir dalam beragam , antara lain 20 liter, 30 liter, hingga 60 liter, dengan berkisar ratusan ribu rupiah per buah.

Pengertian dan Drum Besi

Tumpukan drum besi bekas (sumber: indotrading.com)

Tumpukan drum besi bekas (sumber: indotrading.com)

Drum besi, seperti dituturkan di atas, adalah sebuah benda yang terbuat dari logam atau besi, memiliki bentuk cenderung silinder atau bulat, meski ada juga perusahaan yang merilis drum besi dengan bentuk kotak. Tempat ini biasanya dimanfaatkan sebagai wadah atau penampungan air bersih, cairan kimia, atau sebagai tempat sampah.

Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan drum ini sebagai rumah, termasuk untuk kursi dan meja. Nah, karena barang ini memiliki fungsi yang cukup beragam, tidak heran jika kemudian tidak sedikit yang mencari benda ini. Anda pun bisa mendapatkan drum besi ini di berbagai toko peralatan maupun situs jual beli online.

Untuk Anda yang memiliki tangan-tangan dan ide , drum besi juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang. Salah seorang warga Sidoarjo bernama Febry Ardiansya misalnya, mengubah drum besi bekas oli menjadi berbagai furniture yang unik dan menarik, yang konon kabarnya sudah diekspor ke berbagai pulau seperti Bali dan Flores, serta negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Baca juga  Harga Kandang Kucing dari Kayu di Pasaran

Awalnya, inspirasi Febry datang ketika ia keluar dari perusahaan outsourcing di Surabaya. Saat ini, salah satu pimpinannya memberikan saran kepada Febry untuk berwiraswasta. Dengan sertifikat welder 3G, ia lantas mencoba membuat kursi sofa, lemari, serta wastafel dari drum oli bekas. Pertama, hasil produksinya memang belum ada yang memesan dan hanya untuk kelengkapan rumah pribadinya. Namun, setelah berjalan sekitar 6 bukan, hasilnya mulai banyak yang meminati, terutama tetangga di sekitar rumah.

Selama ini, bahan baku drum bekas ia peroleh dari langganan. Harga satu drum bekas bervariasi, mulai Rp90 ribu sampai Rp100 ribuan per buah. Satu drum menurutnya bisa dibuat satu sofa atau dua kursi. Tahap awal pembuatan dipotong, kemudian dilas. Selanjutnya, disambung dan dibentuk layaknya sofa pada umumnya. Kemudian, finishing dicat dan diberi sofa sesuai dengan keinginan pemesan.

Febry sendiri mengaku ia dapat membuat 25 pasang kurs sofa setiap bulan. Itu karena dirinya baru memiliki tujuh orang pekerja. Sementara, satu pasang kursi sofa terdiri atas satu sofa panjang dan dua kursi pendek. Dalam satu pasang kursi sofa, ia mematok harga Rp1,7 juta. Namun, bila pelanggan memesan dua kuri panjang dan satu kursi pendek, harganya naik menjadi Rp2,4 juta.

Baca juga  Update Harga Kotak Hantaran/Seserahan untuk Pernikahan

Dari ide kreatif dan keuletannya tersebut, Febry mengaku mendapatkan penghasilan yang lumayan. Furniture dari drum bekas yang dibuatnya bisa memberikan penghasilan bersih sekitar Rp35 juta sampai Rp40 juta per bulan. Banyak konsumen yang mengaku menyukai furniture karya Febri karena selain punya desain cantik, juga dilepas dengan harga yang cukup terjangkau.

Tempat duduk dari bahan drum besi bekas (sumber: Pinterest)

Tempat duduk dari bahan drum besi bekas (sumber: Pinterest)

Nah, jika Anda memiliki keterampilan untuk membuat barang-barang secara mandiri, tidak ada salahnya mengikuti langkah seperti Febry. Banyak desain yang bisa Anda terapkan dalam mengolah drum besi bekas menjadi perabotan atau furniture yang menarik. Dilansir Dekoruma.com, berikut beberapa ide desain furniture dari drum besi bekas.

  • Set kursi bergaya retro; yang bisa Anda peroleh menggunakan barel bekas dan diolah kembali menjadi kursi duduk yang serba gaya. Kombinasi antara warna lawas dengan corak garis-garis yang bertema pop retro menjadikan set kursi dari drum bekas ini tampak menarik. Inspirasi kursi dari drum ini adalah salah satu desain DIY yang paling umum dan tidak membutuhkan banyak , hanya memotong bagian sisi panjang lalu memanfaatkan bagian tersebut kembali sebagai sisi sandaran.
  • Set kursi bangku panjang; bangku yang manis pun bisa disulap berkat DIY yang keren. Menggunakan drum sebagai penyangga, olahan daur ulang menggunakan prinsip yang sama, yaitu membuang sebagian besar drum bekas pada satu sisi. Setelahnya, Anda tinggal meletakkan potongan papan kayu yang sudah dibersihkan dan dicat sebagai tempat duduk utama.
  • Kursi goyang; menggunakan konsep DIY, mengolah drum bekas menjadi tempat pembakaran arang untuk keperluan BBQ di rumah, kursi dari drum ini juga sama. Hanya saja, ada batasan ruang terbuka dengan papan kayu yang dipaku pada tiap sisinya. Hasilnya tercipta kursi dari drum yang bisa diputar. Sementara, penyangga dapat dicat dengan warna-warna menarik.
Baca juga  Harga Kandang/Sangkar Lovebird Ebod (Plastik, Kayu, Fiber, Akrilik)

Sebelum memulai, langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah gambaran pola furniture yang diinginkan. Selanjutnya, persiapkan alat yang dibutuhkan, termasuk drum bekas sebagai bahan utama. Disarankan, Anda menggunakan drum bekas bahan bakar pesawat atau drum bekas oli. Pasalnya, kualitas drum tersebut dinilai lebih baik dan tebal dibandingkan drum bekas lain yang umumnya lebih tipis dan penyok.

Harga Drum Besi

Tidak susah mendapatkan drum besi, karena Anda bisa membelinya di berbagai toko perkakas maupun situs jual beli online. Untuk Anda yang membutuhkan drum besi dengan atau ukuran 60 liter, harganya di pasaran saat ini berkisar Rp145 ribu sampai Rp175 ribuan untuk model baru lengkap dengan penutup. Sementara, drum besi 60 liter dalam kondisi bekas sekarang ditawarkan di kisaran harga Rp80 ribu sampai Rp100 ribuan.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)"