Dosis, Aturan Minum dan Update Harga Obat Lansoprazole

Jika Anda sering menderita sakit pada bagian lambung, biasanya dokter akan memasukkan obat Lansoprazole dalam resepnya. Untuk mendapatkan obat ini, Anda bisa membelinya di apotek dengan harga relatif terjangkau. Sediaan medis ini biasanya dijual dalam bentuk tablet dan dalam berbagai merek dagang.

Ilustrasi: sakit lambung (sumber: upmc.com)
Ilustrasi: sakit lambung (sumber: upmc.com)

Lansoprazole adalah obat untuk mengobati masalah lambung dan esofagus. Obat ini membantu menyembuhkan kerusakan akibat asam lambung, baik pada perut maupun kerongkongan, mencegah terbentuknya tukak lambung, dan dapat membantu mencegah kanker esofagus.

Bacaan Lainnya

Lansoprazole bekerja dengan menurunkan asam oleh lambung. Obat ini juga bisa dipakai untuk meredakan gejala seperti heartburn (panas perut), sulit menelan, dan yang tak sembuh-sembuh. Lansoprazole termasuk obat dalam golongan proton pump inhibitor (PPI).

Jika Anda menggunakan obat ini sendiri, produk Lansoprazole non-resep digunakan untuk mengobati heartburn yang sering (terjadi ≥ 2 hari dalam seminggu). Karena obat ini membutuhkan 1-4 hari untuk efek sempurna, produk ini tidak meredakan heartburn dengan cepat.

Untuk produk non-resep, baca aturan kemasan dengan cermat untuk memastikan produk ini tepat untuk Anda. Cek bahan pada label walaupun Anda pernah menggunakannya karena pabrik dapat mengubah bahannya. Juga, produk dengan nama merek mirip dapat mengandung bahan berbeda. Menggunakan produk yang salah dapat membahayakan Anda.

Aturan Minum Lansoprazole

Minum Lansoprazole sesuai anjuran dokter, biasanya sekali sehari, sebelum makan. Jika Anda menggunakan obat ini sendiri, ikuti aturan dalam kemasan produk. Dosis dan lama terapi berdasarkan kondisi kesehatan dan respon terapi Anda. Jangan meningkatkan dosis atau menggunakannya lebih sering dari yang dianjurkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Jangan menggerus atau mengunyah kapsul. Telan obat langsung seluruhnya. Jika Anda tidak dapat menelan kapsul, Anda dapat membukanya dan menaburkannya pada sendok atau makanan lunak (seperti yogurt) dan telan campuran langsung tanpa mengunyahnya. Anda pun dapat mengosongkan isi kapsul ke sedikit jus (60 ml), aduk dan minum campuran tersebut tanpa mengunyah.

Lalu, bersihkan gelas dengan jus lain dan minumlah untuk memastikan Anda meminum semua dosis. Jangan menyiapkan campuran untuk digunakan lain waktu. Hal ini dapat merusak obat. Jika Anda menggunakan obat ini melalui selang ke lambung (selang nasogastrik), tanyakan pada pelayan kesehatan mengenai aturan cara pencampuran dan pemberian yang tepat. Jika dibutuhkan, antasida diberikan berjeda dengan obat ini. Jika Anda juga menggunakan sucralfate, gunakan Lansoprazole minimal 30 menit sebelum sucralfate.

Konsumsi obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda, minum setiap hari dalam waktu yang sama. Lanjutkan konsumsi obat ini hingga yang diresepkan habis, walaupun gejala menghilang setelah beberapa hari. Jika Anda menggunakan obat non-resep, jangan menggunakannya lebih dari 14 hari kecuali bila dokter menganjurkan.

Ilustrasi: kapsul obat (pexels: Pavel Danilyuk)
Ilustrasi: kapsul obat (pexels: Pavel Danilyuk)

Dosis Lansoprazole

  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap erosive esophagitis, dosis awal 30 mg secara oral sekali sehari selama 8 minggu. Alternatifnya, jika pasien tidak dapat menggunakan rute oral dosis, dapat diberikan secara infusi IV 30 mg per hari diberikan selama 30 menit selama 7 hari.
  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap tukak duodenum, 15 mg secara oral sekali sehari 30 menit sebelum makan. Terapi harus dilanjutkan hingga 4 minggu.
  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap refluks asam lambung, 15 mg secara oral sekali sehari. Terapi harus dilanjutkan hingga 8 minggu.
  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap tukak lambung, 30 mg secara oral sekali sehari 30 menit sebelum makan. Terapi harus dilanjutkan selama 4 hingga 8 minggu.
  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap multiple endocrine adenomas, 60 mg secara oral sekali sehari. Dosis hingga 90 mg secara oral 2 kali sehari telah digunakan.
  • Dosis Lansoprazole untuk dewasa pengidap mastositosis sistemik, 60 mg secara oral sekali sehari. Dosis hingga 90 mg secara oral 2 kali sehari telah digunakan.
  • Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Segera cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal, sulit bernapas, bengkak wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Berhenti menggunakan obat dan cari perawatan medis segera atau hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping serius dari Lansoprazole berikut ini.

Efek Samping Lansoprazole

  • Pusing, bingung.
  • Denyut jantung cepat atau tidak teraba.
  • Gerak otot menyentak.
  • Merasa gelisah.
  • Diare air atau berdarah.
  • Kram otot, lemah otot atau pincang.
  • atau tersedak; atau.
  • Kejang.
Kapsul lansoprazole (sumber: walmart.com)
Kapsul lansoprazole (sumber: walmart.com)

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Beberapa obat Lansoprazole diperjualbelikan di sejumlah apotek di sekitar Anda, seperti Apotek K24. Berikut harga obat Lansoprazole.

Harga Obat Lansoprazole

Jenis Obat Harga
Lansoprazole GRAHA 30 mg Rp1.983 per tablet
Lansoprazole HEXPHARM 30 mg Rp1.460 per tablet
Lansoprazole NULAB 30 mg Rp1.920 per tablet
Lansoprazole SOHO 30 mg Rp2.970 per tablet
Lansoprazole MEDIKON 30 mg Rp3.200 per tablet
Lansoprazole NOVELL 30 mg Rp1.920 per tablet
Lansoprazole BERNO 30 mg Rp2.255 per tablet
Lansoprazole IFARS 30 mg Rp2.323 per tablet

Harga di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan apotek atau yang Anda kunjungi. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga Lansoprazole GRAHA 30 mg adalah Rp413 per tablet dan pada tahun 2020 berubah menjadi Rp448 per tablet.

Sementara itu, apabi;a dibandingkan dengan tahun ini, harga produk tersebut rata-rata cenderung mengalami kenaikan. Sebagai contoh, pada tahun sebelumnya, Lansoprazole GRAHA 30 mg dijual dengan harga Rp448 per tablet dan sekarang naik menjadi Rp1.983 per tablet.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Tarif Rawat Inap di RS Hermina

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *