Update Harga Door Closer Solid di Pasaran

Untuk menghindari risiko terjepitnya tangan anak saat menutup pintu atau Anda ingin menjaga suhu ruangan yang menggunakan AC dan mengurangi nyamuk di dalam ruangan, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menggunakan door closer. Door closer sendiri adalah alat penutup pintu otomatis setelah seseorang membuka pintu. Di pasaran, perangkat tersebut sudah hadir dalam berbagai merk, sebut saja Dorma, Dekkson, hingga Solid, yang ditawarkan dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah.

Door closer solid (sumber: edlocks.com)
Door closer solid (sumber: edlocks.com)

Sebagai tempat bermukim, rumah setidaknya memiliki tiga fungsi utama.[1] Fungsi yang pertama adalah sebagai penunjang identitas keluarga, yang diwujudkan dalam kualitas hunian. Kedua adalah sebagai penunjang kesempatan keluarga untuk berkembang dalam kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga. Sementara, yang terakhir adalah sebagai penunjang rasa aman (security), yang berarti terjaminnya keadaan keluarga di masa depan setelah mendapatkan rumah.

Bacaan Lainnya

fungsinya sebagai penunjang rasa aman, rumah biasanya sudah didukung pintu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pintu adalah tempat untuk masuk dan keluar, yang berarti bahwa itu adalah suatu benda penghubung untuk melakukan aktivitas memasuki sesuatu atau keluar dari suatu tempat.[2] Jika dikaitkan dengan rumah tinggal, pintu adalah tempat keluar-masuk pada tempat tinggal manusia.

Baca juga  Update Harga Travertine per M2 dan Dus

Selain sebagai tempat keluar dan masuk, pintu juga berfungsi sebagai penghubung antar-ruang. Tak hanya itu, pintu pun bisa berguna untuk privasi dan keamanan. Untuk tujuan ini, sebuah pintu setidaknya harus memiliki persyaratan seperti ukuran, kekokohan, keamanan, penggunaan bahan material, dan desain yang sesuai bangunan tempat pintu itu dipergunakan.

Fungsi Door Closer

Memang bisa dibuka dan ditutup secara manual, saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan door closer pada pintu ruangan mereka. Door closer sendiri adalah alat penutup pintu otomatis, yang bisa dipakai untuk pintu maupun pintu aluminium. Perangkat ini juga disebutkan sebagai alat mekanis yang menutup pintu dengan cara yang terkontrol, mencegah pintu dibanting, secara umum setelah seseorang membukanya, atau setelah itu secara otomatis dibuka.

Secara fisik, door closer terdiri dari dua bagian, yaitu badan dan lengan door closer. Pada badan door closer, terdapat per atau pegas yang berfungsi untuk selalu menarik atau menutup pintu setelah dibuka dan cairan pelumas yang berfungsi untuk mengontrol laju atau bantingan pintu saat menutup agar tidak keras.

Sementara itu, lengan door closer merupakan penghubung antara badan door closer dengan kusen pintu. Setidaknya, ada dua jenis lengan door closer, yaitu reguler arm, yang memungkinkan pintu akan selalu menutup kembali setelah dibuka, serta lengan hold open arm yang dapat membuat pintu tetap terbuka ketika diperlukan.

Baca juga  Harga Roller Blind Onna per Meter (Berbagai Tipe)

Penggunaan door closer memiliki sejumlah manfaat. Aplikasi door closer dikatakan dapat membantu mengurangi risiko keamanan yang timbul pada pintu yang terbuka atau lupa ditutup, dan dapat diaplikasikan pada pintu utama, pintu akses masuk, serta pintu kamar tidur/kamar mandi. Fungsi lainnya adalah terkait dengan penggunaan pendingin ruangan atau AC. Apabila suatu ruangan memakai AC, maka penggunaan door closer dapat membantu efisiensi mesin AC karena pintu selalu dalam keadaan tertutup.

Door closer (sumber: amazon)
Door closer (sumber: amazon)

Kelebihan Door Closer Solid

Di pasaran dalam negeri, tidak sulit mendapatkan door closer karena sudah ada banyak pilihan merk yang tersedia. Nah, salah satu brand yang dapat dijadikan alternatif adalah Solid. Seperti namanya, door closer Solid dikatakan sebagai aksesori pintu yang terbuat dari bahan berkualitas, kuat, awet, dan tidak mudah rusak, sehingga dapat membantu menahan pintu dari dalam serta memperkecil benturan yang membuat pintu tidak cepat rusak.

Terbuat dari material aluminium, door closer buatan Solid saat ini setidaknya tersedia dalam dua pilihan warna permukaan, yakni Anodized Silver dan Anodized Brown. Dengan menggunakan door closer ini, pintu dijamin tidak akan menghantam kusen ketika dilepas, sehingga kusen dan dinding bisa lebih awet. Pintu pun tidak akan menimbulkan suara yang keras ketika ditutup sehingga tidak akan mengganggu penghuni rumah.

Baca juga  Update Biaya Administrasi Bayar Tagihan Listrik di Bank

Harga Door Closer Solid

Apabila Anda tertarik memakai door closer buatan Solid untuk pintu di rumah Anda, tidak sulit mendapatkan aksesori ini. Anda sudah bisa membelinya di sejumlah toko bahan bangunan atau lewat situs e-commerce.

Menurut penelusuran penulis, door closer Solid yang beredar di Indonesia sejauh ini hanya tipe Solid DC 20 SLD, yang dijual dengan harga mulai Rp240.000 hingga Rp291.000 per buah tahun 2021, naik menjadi Rp285.000 hingga Rp345.000 tahun 2022. Namun, ada juga yang menawarkan dengan harga Rp455.000 hingga Rp739.000 per buah tahun 2021, menjadi Rp399.000 hingga Rp656.000 tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Rully. 2014. Merencanakan dan Merancang Rumah Tinggal yang Optimal. Jurnal Sipil dan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Vol. 15(19).

[2] Ginta, Prama Wira dan Sapri. 2011. Akses Pintu Menggunakan Kartu Lobang Terintegrasi Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Jurnal Media Infotama, Vol. 7(2): 154-174.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.