Info Terbaru Harga Door Closer Dorma (Beragam Tipe)

Bagi Anda yang bergelut dengan bidang furniture dan bangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan merk Dorma. Ini adalah salah satu perusahaan yang diklaim sebagai solusi terkemuka yang memungkinkan bangunan menjadi lebih baik. Ada banyak produk furniture serta bangunan yang telah dirilis Dorma, salah door closer yang saat ini dijual di kisaran harga ratusan ribu rupiah.

Door closer Dorma (sumber: dormakaba.com)
Door closer Dorma (sumber: dormakaba.com)

Apa Itu Door Closer?

Dilansir dari resminya, Dorma mengklaim diri sebagai solusi keamanan dan akses yang inovatif dan andal bagi keperluan hotel, toko, fasilitas olahraga, bandara, rumah tangga, rumah sakit, hingga kantor. Perusahaan menyebutkan bahwa mereka merupakan salah satu dari tiga perusahaan teratas untuk akses dan solusi keamanan di pasaran global. Pasalnya, Dorma sudah menyediakan semua yang konsumen perlukan untuk akses yang aman di gedung dan kamar.

Bacaan Lainnya

Setidaknya, ada delapan varian produk yang telah diluncurkan Dorma untuk pasar internasional, yakni door hardware, entrance systems, electronic access & data, mechanical key systems, lodging systems, safe locks, glass systems, dan movable walls. Khusus untuk door hardware, perusahaan membaginya lagi menjadi beberapa item, salah satunya door closer atau hidrolik untuk pintu.

Sebelum membahas mengenai door closer kepunyaan Dorma, tidak ada salahnya jika mengupas sedikit mengenai perangkat yang satu ini. Door closer dapat dikatakan sebagai alat penutup pintu otomatis, yang bisa dipakai untuk pintu kayu maupun pintu alumunium. Perangkat ini juga disebutkan sebagai alat mekanis yang menutup pintu dengan cara yang terkontrol, mencegah pintu dibanting, secara umum setelah seseorang membukanya, atau setelah itu secara otomatis dibuka.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mata Bor Beton (Semua Ukuran dan Merk)

Secara fisik atau tampilan, door closer terdiri dari 2 bagian, yaitu badan dan lengan door closer. Pada badan door closer, terdapat per atau pegas yang berfungsi untuk selalu menarik atau menutup pintu setelah dibuka dan cairan pelumas hidrolis yang berfungsi untuk mengontrol laju atau bantingan pintu saat menutup agar tidak keras.

Sementara itu, lengan door closer merupakan penghubung antara badan door closer dengan kusen pintu. Setidaknya, ada dua jenis lengan door closer, yaitu reguler arm, yang memungkinkan pintu akan selalu menutup kembali setelah dibuka, serta lengan hold open arm yang dapat membuat pintu tetap terbuka ketika diperlukan.

Karena ada 4 posisi bukaan pintu, maka door closer ini memiliki 4 posisi pemasangan juga di pintu. Ada dua setelan untuk mengatur cepat lambatnya pintu menutup, yang letaknya di salah satu sisi bodi door closer. Setelan nomor 1 adalah untuk mengatur kecepatan menutup pintu, sedangkan setelan nomor 2 adalah untuk mengatur kecepatan pintu beberapa derajat mendekati kusen supaya pintu menutup dengan sempurna.

Jika sudah menggunakan door closer tetapi kecepatan menutup masih terlalu lambat atau terlalu cepat, maka Anda bisa mengambil obeng minus lalu putar setelan nomor 1 ke kiri atau ke kanan sampai didapatkan kecepatan yang diinginkan. Jika sejak awal dipasang tidak didapatkan kecepatan menutup pintu yang ideal, maka kemungkinan lupa disetel oleh tukang pasang door closer. Silakan atur setelan door closer ini karena sangat mudah dan praktis.

Penggunaan door closer memiliki beberapa manfaat. Aplikasi door closer dapat membantu mengurangi risiko keamanan yang timbul pada pintu yang terbuka/lupa ditutup. Pintu yang terbuka dapat menimbulkan niat orang yang tidak bertanggung jawab untuk memasuki ruangan sehingga penggunaan door closer dapat membantu mengurangi risiko. Contoh aplikasi pada pintu utama, pintu akses masuk, serta pintu kamar tidur/kamar mandi.

Baca juga  Info Terkini Harga Drum Besi 60 Liter (Baru dan Bekas)

Fungsi lainnya adalah terkait dengan penggunaan pendingin ruangan atau AC. Apabila suatu ruangan memakai AC, maka penggunaan door closer dapat membantu efisiensi mesin AC karena pintu selalu dalam keadaan tertutup. Seperti diketahui, mesin AC akan bekerja lebih keras apabila pintu ruangan terbuka dan akhirnya akan mengakibatkan listrik menjadi meningkat.

Dorma door closer (youtube: DORMA UK)
Dorma door closer (youtube: DORMA UK)

Tips Memasang Door Closer

  • Posisi pemasangan door closer yang benar adalah setelan 1 dan 2 menghadap ke arah engsel pintu. Jika tidak demikian, maka door closer telah salah pasang. Salah pemasangan dapat menyebabkan tungkai/lengan door closer menjadi patah atau bengkok.
  • Jika pintu beratnya melebihi 60 kg, maka harus menggunakan door closer tipe heavy duty (khusus untuk pintu berat). Door closer menggunakan prinsip gaya pegas, dengan bagian dalamnya terdapat spring atau per dan cairan oli. Jika penggunaan dipaksakan menggunakan door closer tipe standar, maka kemungkinan door closer akan mengalami kebocoran. Tanda kebocoran adalah keluarnya cairan oli dari dalam bodi door closer. Nah, door closer yang sudah mengalami kebocoran ini sudah tidak bisa digunakan lagi.
  • Untuk menyetel door closer ini, harus disesuaikan dengan kondisi penyetelan yang diinginkan. Apabila Anda ingin menyetel lebarnya pintu ketika terbuka, maka Anda dapat memutar sekrup yang terdapat pada door closer tersebut, aturlah sesuai dengan yang diinginkan. Cara ini juga dapat dijadikan untuk menyetel seberapa cepat pintu akan menutup kembali.

Nah, ada banyak perusahaan yang telah menjual door closer, salah satunya Dorma. Di dalam resminya, door closer Dorma diketahui sudah hadir dalam beragam tipe. Tipe TS 93 misalnya, dikatakan sebagai door closer dengan slide channel. Sementara, varian TS 93 merupakan door closer dengan sistem hidrolik, sedangkan tipe TS 97 dan TS 91 adalah cam-action door closer dengan slide channel. Berikut perbandingan harga door closer Dorma tahun 2021 dengan 2022.

Baca juga  Update Rincian dan Penghitungan Biaya 3M (Mendapatkan, Menagih, Memelihara) Pajak Penghasilan

Harga Door Closer Dorma

Tipe Door Closer Dorma Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Dorma TS 68 NHO Rp355.000 Rp575.000
Dorma TS 77 HO Rp400.000 Rp550.000
Dorma TS 71 NHO Rp1.000.000  Rp1.282.500
Dorma TS 73V HO Rp1.250.000 Rp2.575.200
Dorma TS 90 NHO Rp1.450.000 Rp1.600.000
Dorma TS 71 HO Rp1.620.000 – Rp1.958.000 Rp1.515.000
Dorma TS 83 NHO Rp2.280.000 Rp2.700.000
Dorma TS 83 HO Rp2.800.000 Rp3.800.000
Dorma ITS 96 HO Rp6.200.000 Rp6.200.000
Dorma TS 93 HO Rp6.988.000 Rp6.988.000
Dorma RTS 85 Rp8.700.000 Rp6.000.000
Dorma TS 79 NHO Rp2.150.000
Dorma TS 79 HO Rp2.650.000

Harga door closer merk Dorma di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bangunan dan distributor resmi Dorma di marketplace. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik.

Dorma TS 71 NHO misalnya, tahun dijual Rp1,55 jutaan dan pada 2021 bisa Anda peroleh dengan harga mulai Rp1 jutaan, kemudian naik jadi Rp1,2 jutaan pada 2022. Sementara itu, Dorma RTS 85 yang awalnya dilepas Rp7,8 juta, naik menjadi Rp8,7 jutaan, namun sekarang turun jadi Rp6 juta. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko peralatan rumah tangga terdekat.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.