Update Harga Door Closer Dekson (Dekkson) Semua Tipe

Di dalam bidang material rumah tangga, terutama pintu, Dekkson ( juga ditulis Dekson) merupakan salah satu nama yang cukup populer. Perusahaan yang telah eksis sejak tahun 1994 ini sudah merilis banyak komponen untuk berbagai jenis pintu, termasuk door closer. Hadir dalam beragam tipe, door closer buatan Dekkson saat ini dijual dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah.

Varian door closer Dekkson (sumber: lazada.co.id)
Varian door closer Dekkson (sumber: lazada.co.id)

Seperti diketahui, pintu rumah merupakan salah satu elemen yang penting bagi rumah Anda, baik itu pintu depan utama maupun pintu belakang dan samping. Untuk memilih pintu rumah, tentu Anda harus memikirkan masak-masak pintu seperti apa yang anda pilih untuk Anda gunakan di rumah Anda. Nah, faktor keamanan adalah salah satu faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan, karena selain sebagai akses masuk pintu, juga berfungsi sebagai benteng pelindung.

Bacaan Lainnya

Faktor keamanan suatu pintu sendiri bukan hanya ditentukan oleh kekuatan dari profil daun pintu, tetapi juga dari penutupan dan penguncian pintu. Untuk mendukung keamanan penutupan pintu ini, biasanya pemasangan aksesori tambahan untuk pintu seperti door closer dapat menjadi pilihan dan solusi yang ekonomis.

Secara sederhana, door closer dapat dikatakan sebagai alat penutup pintu otomatis, yang bisa dipakai untuk pintu kayu maupun pintu aluminium. Perangkat ini juga disebutkan sebagai alat mekanis yang menutup pintu dengan yang terkontrol, mencegah pintu dibanting, secara umum setelah seseorang membukanya, atau setelah itu secara otomatis dibuka.

Secara tampilan, door closer umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu badan dan lengan door closer. Pada badan door closer, terdapat per atau pegas yang berfungsi untuk selalu menarik atau menutup pintu setelah dibuka dan cairan pelumas hidrolis yang berfungsi untuk mengontrol laju atau bantingan pintu saat menutup agar tidak keras.

Sementara itu, lengan door closer merupakan penghubung antara badan door closer dengan kusen pintu. Setidaknya, ada dua jenis lengan door closer, yaitu reguler arm, yang memungkinkan pintu akan selalu menutup kembali setelah dibuka, serta lengan hold open arm yang dapat membuat pintu tetap terbuka ketika diperlukan.

Dilihat dari sistem dan kemampuannya menutup pintu, door closer ini dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni door closer sistem NHO (Non Hold Open) dan door closer sistem HO (Hold Open). Untuk jenis NHO, penutup pintu otomatis ini dapat membuka pintu hingga 180 derajat, tetapi tak akan menahan pintu yang bersangkutan sehingga tidak menutup dalam posisi pintu 90 derajat seperti pada door closer HO.

Varian Door Closer Dekkson

Di pasaran, sudah ada banyak merk yang meluncurkan door closer, salah satunya Dekkson. Dilansir dari beragam sumber, Dekkson diketahui telah memulai usaha mereka sejak tahun 1994 silam. Dengan pengalaman lebih dari dua dasawarsa, perusahaan ini dikatakan mampu menghasilkan beragam produk perangkat keras dan aksesori untuk berbagai jenis pintu, seperti pintu kayu, pintu kaca, pintu aluminium, dan tentunya jendela. Hal tersebut menjadikan Dekkson sebagai salah satu produsen sekaligus pemasok utama beragam perangkat arsitektur seperti handle pintu, engsel pintu, kunci pintu, dan lainnya.

Door closer (sumber: safelincs.co.uk)

Menurut Fobuma.com, selain desain dan bentuk, salah satu keunggulan produk-produk Dekkson adalah mengusung warna yang netral dan tidak mencolok, sehingga sangat sesuai bila digunakan untuk beragam jenis atau model pintu, furniture, dan perangkat keras lainnya. Warna pada produk Dekkson sendiri berasal dari hasil proses finishing.

Semua produk Dekkson juga diklaim terbuat dari material berkualitas, yaitu stainless steel SUS 304. Ini membuat handle pintu, engsel sendok, tarikan laci, door closer, dan produk-produk lain dari Dekkson menjadi tahan lama, awet, dan tahan terhadap karat. Dekkson memperhatikan setiap detail produknya, memeriksa secara cermat, dan mengetes setiap produk sebelum dipasarkan. Jadi, konsumen tidak perlu meragukan kualitas material Dekkson.

Khusus untuk produk door closer, jika Anda menelusuri situs resminya, ada beragam varian door closer yang sudah dirilis Dekkson. Model Dekkson DCL 529 misalnya, merupakan door closer tipe HO (Hold Open) yang menggunakan material berbahan zinc untuk bodi dan steel untuk lengan, dengan kapasitas maksimal 80 kg. Perusahaan menghadirkan door closer DCL 529 dalam balutan finishing black alloy.

Varian lainnya adalah Dekkson DCL 300 yang juga merupakan tipe door closer HO. Perangkat ini dikatakan mampu menahan beban pintu hingga 40 kg, punya keunggulan tahan terhadap korosi serta tahan lama karena terbuat dari bahan kuningan. Di pasaran dalam negeri, Dekkson DCL 300 sekarang tersedia dalam varian warna silver.

Di samping itu, perusahaan juga memiliki door closer tipe DCL 522 NA Sliding, yang terbuat dari material seng untuk bodi dan steel untuk bagian lengan. Memiliki finishing natural anodized, door closer tipe ini dikatakan mampu menahan beban pintu hingga maksimal 60 kg. Produk lainnya termasuk tipe DCL 529 Sliding dan DCL 105 NHO.

Tidak sulit mendapatkan door closer buatan Dekkson karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko material rumah tangga maupun situs jual beli online. Harga door closer Dekkson sendiri bervariasi, tetapi berada di kisaran ratusan ribu rupiah. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga door closer Dekkson.

Harga Door Closer Dekkson

Ilustrasi: Salah Satu Tipe Door Close Dekson (credit: Shopee)
Tipe Door Closer Dekkson Harga
Dekkson DCL 302 HO Rp242.000
Dekkson DCL 300 HO NA Rp260.000
Dekkson DCL 320 HO Rp350.000
Dekkson DCL 300 NHO BA Rp381.500
Dekkson DCL 1557 NHO Rp470.000
Dekkson DCL 105 NHO  Rp734.000
Dekkson DCL 522 Sliding  Rp775.000
Dekkson DCL 529 Sliding Rp783.000
Dekkson DCL 525 SLD Rp810.000
Dekkson DCL 529 NHO  Rp822.000
Dekkson DCL C882 Rp1.113.000
Dekkson DCL C882 260 NA Rp1.557.500

Daftar harga door closer merk Dekkson di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perlengkapan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harganya rata-rata mengalami kenaikan. Dekkson DCL C882 260 NA misalnya, awalnya dijual Rp1 juta dan sekarang menjadi Rp1,5 jutaan. Sementara itu, harga Dekkson DCL 525 SLD sedikit naik dari Rp800 ribu menjadi Rp810 ribuan. 

Pos terkait