Update Harga DLMS DBX Original (Semua Tipe)

Bagi Anda yang berprofesi sebagai teknisi atau pemilik sound system, tentu sudah tidak asing dengan sebuah alat bernama DLMS atau Digital Loudspeaker Management System. Biasa juga disebut Driverack, sudah ada berbagai merk DLMS yang beredar di pasaran, seperti DBX, Peavey, dan Behringer, yang rata-rata dijual dengan harga jutaan per unit.

DLMS (sumber: brightonsoundsystem.co0
DLMS (sumber: brightonsoundsystem.co0

LMS sendiri adalah sebuah cara bagaimana kita mengatur loudspeaker kita untuk memperoleh hasil suara yang berkualitas. Termasuk di dalamnya adalah penempatan loudspeaker, speaker delay, x-over, equalizer speaker. Sementara itu, DLMS adalah sebuah alat atau teknologi yang memudahkan kita dalam me-manage loudspeaker tersebut.

Bacaan Lainnya

Saat ini, pengolahan secara digital memang sudah menjadi prioritas dalam perkembangan peralatan audio. Peralatan audio digital dibuat semudah mungkin dalam pengoperasian dan setup menu. Saat ini, beberapa orang mengembangkan sistem kerja crossover yang multifungsi, di dalamnya terdapat konfigurasi atau penggabungan dalam pendistribusian dan pengolahan range audio.

Di dalam LMS, ada fitur crossover, limiter, delay, EQ, dan lain-lain (tergantung merk). Kegunaannya adalah membuat suara bisa terdengar dengan baik di suatu space. Intinya adalah gelombang suara dari beberapa (banyak) speaker tertangkap oleh kuping kita secara bersamaan. Karena fungsinya bukan cuma delay saja, pastinya suara yang dikeluarkan oleh speaker lebih maksimal.

Prinsip Kerja DLMS

Sementara, sistem kerja pada Digital LMS, saat Anda mengaktifkannya, maka semua sistem konfigurasi pada mesinnya akan bekerja secara otomatis yang telah disesuaikan dengan set default pabrik. Dalam hal ini, fungsi EQ, crossover, dan limiter serta compressor sudah aktif semua sesuai set yang telah diatur pabrik. Meski demikian, Anda masih bisa mengubah sistem pengaturan lewat menu yang tersedia dengan menekan beberapa tombol yang ada di bagian panelnya, tergantung fungsi mana yang akan Anda atur. 

Karena DLMS berperan sebagai crossover, maka pada display menu LMS, biasanya terdapat sistem koneksi yang akan menuju ke distribusi power dan speaker dengan bertuliskan jalur band frekuensi output LMH (low, mid, high). Fungsi crossover dalam compact management loudspeaker bisa diatur alur distribusi outputnya sesuai keinginan, apakah dalam jalur 3 way atau 2 way.

dlms dbx drive rack 260 (Sumber: Tokopedia)

Bila user memakai susunan jalur 3 way, maka semua koneksi jack pada panel output akan menuju ke masing-masing power yang akan difungsikan. Namun, jika user hanya memakai sistem distribusi 2 way, maka jalur output LMS yang dipakai adalah jack output low dan high saja yang diaktifkan. User hanya tinggal mengatur menu bandwidth XOVER untuk mengatur lebar range audio yang akan masuk ke masing-masing power atau speaker yang dituju. 

Saat ini, tidak sulit mendapatkan DLMS karena sudah ada beragam brand yang beredar di pasaran. Nah, salah satu yang cukup populer, terutama di kalangan tukang sound system adalah DBX. Dilansir dari situs resminya, seri DriveRack DBX dikatakan sebagai kelompok yang beragam, yang memberikan kendali atas penyamaan dan manajemen loudspeaker. Produk ini diklaim digunakan dan dihargai di setiap jenis venue, dari rumah ibadah hingga tur dunia terkenal, menjadikan seri DriveRack sebagai sistem manajemen loudspeaker yang paling populer. Berikut varian DLMS yang sudah dirilis DBX.

Varian DLMS DBX

  • DBX DriveRack 260, ini dikatakan sebagai warisan sistem/pengeras suara yang tak tertandingi. DBX DriveRack 260 menyediakan konfigurasi band-pass penuh dan crossover serta pemrosesan output independen dan RTA penuh waktu untuk aplikasi live sound. Pengguna akan menghargai input kontrol perangkat, untuk kontrol logika panel-dinding dan Advanced Feedback Suppression (AFS).
  • DBX DriveRack VeNU360, dikatakan memberikan semua pemrosesan dan fleksibilitas yang Anda butuhkan antara mixer dan amplifier untuk mengoptimalkan dan melindungi pengeras suara Anda. Dengan kemajuan terbaru dalam algoritma AutoEQ dan AFS milik DBX, saluran input tambahan, Ethernet melalui perangkat Android, iOS, Mac, atau Windows, dan Wizards yang diperbarui, DriveRack VENU360 melanjutkan warisan DriveRack yang hebat, manajemen loudspeaker yang terdengar, kuat, dan terjangkau.
  • DriveRack PA2, juga diklaim menyediakan semua pemrosesan yang Anda butuhkan antara mixer dan amplifier untuk mengoptimalkan dan melindungi pengeras suara. Dengan kemajuan terbaru dalam algoritma AutoEQ dan AFS, modul penundaan input baru untuk menunda sistem FOH ke garis belakang, Ethernet melalui perangkat Android, iOS, Mac, atau Windows, dan Wizards yang diperbarui, DriveRack PA2 melanjutkan warisan DriveRack.
  • DriveRack 4820, adalah anggota berikutnya dari keluarga DriveRack yang sangat sukses. Dari engine DSP 96 kHz yang kuat dan I/O analog dan digital standar, hingga panel depan tamper-proof, DriveRack 4820 sudah menyediakan semua pemrosesan, fleksibilitas, dan yang diperlukan untuk instalasi permanen.
  • DriveRack Premium, fungsi panduan pada model ini akan memandu Anda melalui proses langkah demi langkah yang mudah untuk membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari sistem loudspeaker Anda. Membantu Anda dengan mudah melakukan konfigurasi penyeimbangan level, AutoEQ, Advanced Feedback Suppression, dan menyediakan akses ke penyempurnaan speaker bawaan. Sayangnya, produk ini cuma dipasarkan di China.

Harga DLMS DBX Resmi

Tipe DLMS DBX Harga
DBX DriveRack PA2 USD 545
DBX DriveRack 260 USD 795
DBX DriveRack VENU360 USD 955

Harga DLMS DBX di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan. Ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 USD setara dengan Rp14.879. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga DLMS DBX di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, DBX DriveRack PA2 yang semula dijual seharga USD 479, sekarang menjadi USD 545. Begitu pula harga DBX DriveRack 260 yang naik dari USD 699 menjadi USD 795.

DLMS DBX Original – (YouTube: ACS Audio Cap Sapi)

Harga DLMS DBX di Indonesia

Tipe DLMS DBX Harga
DBX DriveRack PA2 Rp8.605.527 – Rp14.580.000
DBX DriveRack 260 Rp10.750.000 – Rp12.320.000
DBX DriveRack VENU360 Rp12.650.000
DBX DriveRack VENU360 BLU Link Rp22.519.000
DBX DriveRack VENU360 Dante Rp32.197.000
DBX DriveRack 4820 Rp46.400.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga DLMS DBX di pasaran Indonesia saat ini juga cenderung naik. Misalnya, DBX DriveRack PA2 yang semula ditawarkan kisaran harga Rp7.850.000 hingga Rp10.750.000, sekarang menjadi Rp8.605.527 hingga Rp14.580.000. Begitu pula harga DBX DriveRack 260 yang naik dari Rp16,2 jutaan menjadi Rp22,5 jutaan.

Harga tersebut kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk toko peralatan audio dan juga situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga DLMS DBX tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Anda disarankan untuk teliti sebelum membeli karena saat ini sudah beredar produk DLMS DBX KW alias palsu dengan harga jauh lebih murah. 

[Update: Ditta]

Pos terkait