Info Dosis dan Update Harga Cairan Infus Dextrose di Apotek

Gula darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah ambang batas normal. Kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes akibat obat-obatan yang dikonsumsi. Untuk mengatasinya, biasanya petugas medis akan memberikan cairan infus yang dikenal dengan Dextrose. Cairan infus Dextrose dapat Anda beli di apotek dengan harga bervariasi.

Cairan infus dextrose (sumber: lkpp.go.id)
Cairan infus dextrose (sumber: lkpp.go.id)

Glukosa atau dextrose adalah salah satu aldohexose.[1] Dextrose adalah bentuk senyawa gula yang secara alami diproduksi oleh hati. Dextrose merupakan sumber yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dextrose umumnya dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan gula dan cairan pada pasien dengan kondisi medis tertentu.

Bacaan Lainnya

Dextrose berasal dari senyawa gula sederhana dan air, maka tidak heran jika obat ini termasuk dalam golongan pengganti cairan tubuh. Meski begitu, obat ini masih dalam kategori obat resep yang hanya bisa diberikan sesuai pengawasan dokter saja. Cara kerja Dextrose yakni menjadikan sel-sel dalam tubuh bekerja maksimal sesuai fungsinya tanpa takut kekurangan kadar gula. Namun sebelumnya, Dextrose akan dibakar oleh sel-sel di dalam tubuh manusia terlebih dulu.

Pemakaian Dextrose tidak boleh sembarangan, sehingga dosis yang diberikan pada setiap orang bisa berbeda. Dextrose bisa diberikan dalam bentuk suntik dan infus dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan pada wanita hamil pun, pemberian dosis obat ini bisa dipertimbangkan mengingat keefektifannya meski juga berisiko.

Dosis Dextrose

  • Anak-anak: 0,25–0,5 g/kg BB per hari untuk balita <6 bulan, dengan dosis maksimal 25 gram per satu kali pemberian. Untuk balita usia >6 bulan dosisnya adalah 0,5–1 g/kg BB dengan dosis maksimal 25 gram per 1 kali dosis.
  • Dewasa: 10–25 gram yang setara dengan 40–100 mL dextrose 25% atau 20–50 mL larutan 50%, diberikan melalui infus ke pembuluh darah vena besar.

Dextrose akan disuntikkan ke pembuluh darah secara langsung atau melalui cairan infus. Pemberian Dextrose dapat diulangi pada kondisi hipoglikemia yang parah. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah pemberian Dextrose, sebagai berikut.

Efek Samping Dextrose

  • Demam, menggigil, atau bibir dan kuku jari membiru.
  • Ketidakseimbangan kadar elektrolit, yang bisa ditandai dengan gejala tertentu, seperti nyeri otot, lemas, perubahan suasana hati, detak jantung tidak teratur, sulit buang air kecil, mulut kering, mata kering, muntah, atau sakit perut yang berat.
  • Gangguan penglihatan, hilang koordinasi dan keseimbangan, atau gangguan bicara, yang tiba-tiba.
  • Sulit bernapas, berat badan yang naik drastis dan mendadak, bengkak di dan tangan.
  • Sakit kepala, pusing yang sangat berat, atau pingsan.
Cairan infus Dextrose

Jika Anda tengah mengonsumsi obat diabetes, maka perlu disampaikan pada dokter untuk menghindari interaksi obat. Khusus pada pengobatan dengan furosemide, hydrochlorothiazide, hydrocortisone, prednisone, atau obat yang memiliki kandungan magnesium, maka perlu pengawasan langsung dari dokter. Lalu, berapa harga cairan infus Dextrose saat ini?

Harga Dextrose

Jenis Cairan Infus Harga (Rp)
Cairan Infus Dextrose 5 (5%) 500ml 20.000
Cairan Infus Dextrose Otsuka D5 Otsu 500ml 21.868
Cairan Infus 40% Dextrose Otsu – D40 25 Ml 22.000
Cairan Infus D10 Dextrose Infus 10% 500 ml 22.700

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Anda dapat menemukan cairan infus tersebut di toko obat terdekat seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Tak hanya itu, Anda dapat memesan cairan infus Dextrose dengan harga bersaing di berbagai situs jual beli online.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga Dextrose tahun 2022 mengalami sedikit perubahan. Sebagai contoh, cairan Infus Dextrose Otsuka D5 Otsu 500ml yang dibanderol Rp21.671, sedikit naik menjadi Rp21.868.

Jika di dunia medis Dextrose dikenal sebagai cairan infus, maka Anda juga akan menemukan produk dengan nama Dextrose lainnya. Produk tersebut lebih dikenal dengan nama Dextrose Monohydrate, memiliki kegunaan untuk pemanis makanan. Produk ini dijual mulai harga Rp8.000 untuk kemasan repack 500 gr hingga Rp355 ribu untuk kemasan 25 kg pada tahun 2021.

Sementara itu, tahun 2022, Dextrose Monohydrate dibanderol mulai Rp10.000 per 500 mg kemasan repack hingga Rp440.000 per kemasan 1 sak isi 25 kg. Perlu diingat, harga pada setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Suharto. 2017. Bioteknologi dalam Bahan Bakar Nonfosil. Jakarta: Penerbit Andi. Hlm: 2.

Pos terkait