Update Harga Dekorasi Resepsi Pernikahan di Rumah

Pernikahan merupakan salah satu momen yang penting dalam hidup banyak orang. Selain di gedung, pernikahan sendiri bisa dilakukan di rumah, terutama bagi mereka yang ingin menghemat biaya karena harga sewa gedung memang relatif mahal. Nah, banyak pasangan ingin pernikahan mereka terselenggara semaksimal atau sebaik mungkin meski dilangsungkan di rumah, termasuk dalam hal .

Ilustrasi: pasangan pengantin menuju rumah tempat resepsi (sumber: dekoruma.com)

Pada umumnya, sebuah pernikahan dilaksanakan di tempat pengantin wanita, atau bahkan di tempat pengantin pria. Masing-masing mempelai tentu saja memiliki keinginan untuk memeriahkan acara pernikahannya dengan dan juga ide tema dekorasi yang menarik. Banyak hal bisa memengaruhi dalam pemilihan ide dan juga tema dekorasi untuk pernikahan itu sendiri.

Indonesia sendiri, seperti diketahui, merupakan salah satu negara yang memiliki banyak adat dan juga budaya, sehingga tidak heran jika setiap pernikahan menggunakan adat daerah masing-masing. Kekayaan Indonesia yang memiliki suku bahasa dan juga budaya yang beragam memberikan banyak pilihan untuk tema dekorasi pernikahan bagi setiap pasangan yang akan menikah.

Selain dari faktor adat dan juga budaya, tema dekorasi dalam pernikahan pun bisa dipengaruhi oleh bujet dan juga selera kedua mempelai. Sayangnya, tidak banyak calon pengantin yang mengetahui betul bagaimana dekorasi pernikahan yang tepat agar membuat pernikahannya terlihat istimewa dan mengesankan, sekaligus memorable.

Memang, menentukan tema dekorasi pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah. Tetapi, ini semua dapat disederhanakan dengan mengerucut kepada tema pernikahan terlebih dahulu. Penentuan dekorasi pernikahan juga harus dimulai dari persiapan bujet, besarnya venue, banyaknya tamu undangan, lalu barulah pendalaman tema dekorasi.

Tema Dekorasi Pernikahan

Ada beragam tema dekorasi yang umum dan menjadi favorit banyak pasangan ketika menyelenggarakan pesta pernikahan mereka. Salah satunya adalah tema . Sesuai namanya, tema ini kuat akan nuansa tradisi yang mengakar pada budaya atau adat tertentu, dan kebanyakan diturunkan oleh nenek moyang terdahulu.

Jika Anda berasal dari suku Jawa, mungkin Anda familiar dengan gebyok atau penyekat ruangan dalam dekorasi pernikahan. Gebyok ini selalu menjadi centerpiece dalam pelaminan, terlebih gebyok yang berasal dari bahan kayu, yang memberikan kesan sakral dan megah dengan nuansa yang lebih klasik.

Foto mempelai berlatar gebyok (sumber: hipwee.com)

Namun, tema Jawa yang kental tak selalu digambarkan dengan pelaminan model gebyok yang tradisional. Sebuah pesta outdoor yang kasual pun bisa diselipkan sentuhan Jawa klasik. Pelaminan kayu bisa digantikan oleh backdrop berbalut batik, sementara meja-meja ditambahkan beberapa bantal sebagai tempat duduk tamu yang membuat suasana pesta tampak hangat.

Tema tradisional lainnya yang juga sering dipakai untuk dekorasi pernikahan adalah tema adat Sunda yang didominasi oleh ornamen bambu (mulai dari gapura, meja penerima tamu, pilar bunga, hingga kursi pelaminan), tema adat Batak yang menampilkan ukiran ornamen khas Batak Toba, serta tema adat Dayak.

Kemudian, tema dekorasi yang lainnya adalah tema pernikahan minimalis. Dekorasi ini sangat cocok jika Anda melangsungkan resepsi pernikahan di rumah sendiri yang tidak memiliki lahan yang luas. Pasalnya, tema minimalis hanya membutuhkan kursi pelaminan beserta kursi pendamping. Sementara, tiang-tiang dan lainnya dihias dengan bunga secukupnya, namun masih tetap memberikan kesan yang indah.

Bagi mereka yang rumahnya memiliki halaman yang luas, mungkin bisa mencoba dekorasi pernikahan dengan tema pesta kebun. Dengan dekorasi model ini, mempelai tidak harus menyewa gedung atau tenda. Dalam pesta kebun ini, pasangan bisa menggunakan pergola, untaian bunga, hiasan tanaman di setiap meja, serta garland untuk mempercantik suasana. Tetapi, yang perlu diingat, tema pesta kebun ini hanya cocok dilakukan ketika cuaca sedang panas.

Untuk Anda yang menyukai aroma laut dan pantai, Anda bisa mengadakan pesta pernikahan di pantai. Birunya air laut dan semilir angin serta deburan ombak bisa menambah suasana hangat sekaligus rileks dalam pesta pernikahan Anda. Untuk dekorasinya, Anda bisa menempatkan sejumlah kursi tamu yang dihiasi dengan bunga-bunga serta sebuah tenda mini tempat Anda bersanding dengan pasangan.

Tema dekorasi pernikahan lainnya yang bisa menjadi referensi adalah dekorasi klasik. Dekorasi ini dinilai sangat cocok untuk segala usia dan selera, serta tetap terlihat formal. Untuk memancarkan nuansa klasik, Anda bisa memilihnya dari penggunaan -warna dasar, bunga sebagai hiasan, dan juga venue yang digunakan.

Harga Dekorasi Pernikahan di Rumah

Jika Anda kreatif dan mandiri, Anda memang bisa mendekorasi rumah Anda untuk pesta pernikahan. Namun, apabila Anda terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mendekorasi rumah Anda sendiri, ada banyak jasa yang menyediakan layanan dekorasi rumah untuk pernikahan. Harga yang dibanderol untuk jasa dekorasi ini bervariasi, tergantung kebutuhan dan tema.

Dekorasi Resepsi Pernikahan - www.desainrumahnya.com

Dekorasi Resepsi Pernikahan - www.desainrumahnya.com

Umumnya, harga paket dekorasi pernikahan di rumah berkisar Rp5 juta sampai dengan Rp7 jutaan, untuk adat Jawa. Harga tersebut sudah termasuk pelaminan gebyok/minimalis satu set, dekorasi pelaminan bunga hidup, taman depan pelaminan, standing flower di pelaminan, standing flower di meja prasmanan, satu buah pergola masuk, dua buah kota angpau, dan umbul atau janur kuning.

Namun, ada juga beberapa organizer yang menawarkan paket pernikahan di rumah, mencakup rias pengantin, dekorasi, perlengkapan untuk tamu, sound system, tenda, hingga perlengkapan makan dan minum serta dokumentasi. Harga paket pernikahan di rumah ini bervariasi, mulai Rp7 jutaan sampai dengan Rp25 jutaan. Sementara, jika pasangan menginginkan paket pernikahan plus katering, biaya mulai Rp40 jutaan sampai dengan Rp70 jutaan, tergantung jumlah tamu yang diundang.

Sebagai gambaran, berikut akan disajikan tabel tentang daftar harga (biaya) dekorasi pernikahan di rumah

Harga (Biaya) Dekorasi Pernikahan di Rumah

Nama Wedding OrganizerHarga (Rp) & Fasilitas
Hapsari Wedding Organizer-4.500.000

Fasilitas: dekorasi rumahan tipe standar 6m (pot bunga campur), taman depan dekor taman biasa, pintu masuk lengkung, standing flower 4 buah, kotak uang rotan 2 buah, karpet jalan biasa, 1 buah penjor

-9.000.000 (exclusive)

Fasilitas: dekorasi rumahan tipe standar 6m (pot bunga campur), taman depan dekor taman biasa, photobooth, pintu masuk love, standing flower 4 buah, kotak uang rotan 2 buah, karpet jalan biasa, 1 buah penjor

Lina Dekorasi16.500.000 (Paket A)

Fasilitas: tata rias & busana, dekorasi area pelaminan seperti kain/gebyok 4-6 meter, panggung +karpet, bunga pelaminan, standing flower, dekorasi bunga 2 unit, mini garden, tempat uang 1 buah, kursi pelaminan 1 set, prasmanan, dokumentasi, bonus

Gita Salon-11.500.000 (Paket A)

-13.500.000 (Paket B)

-17.500.000 (Paket C)

Paket di atas sudah mencakup fasilitas seperti tata rias dan busana, peralatan pesta/dekorasi seperti bunga segar pelaminan, kursi futura, dan lainnya, bonus

Wilhelmina Wedding Organizer-mulai 3.300.000 (dekorasi mini pelaminan resto)

-mulai 5.500.000 (dekorasi minimalis outdoor/indoor)

Untuk bisa mendapatkan biaya dekorasi pernikahan sesuai bujet, Anda bisa berkonsultasi dengan pasangan, , atau langsung ke pihak wedding organizer.

[Penulis: Nurina Thirafi]

Baca juga  Harga Terbaru Buku Folio (50 Lembar, 100 Lembar, 200 Lembar)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Dekorasi Resepsi Pernikahan di Rumah"