Info Terbaru Harga Dedak Padi per Kg & per Karung di Pasaran

Dedak padi merupakan limbah pengolahan padi dengan kualitasnya yang beraneka ragam dari varietas padi. Dedak padi adalah hasil samping dari pabrik penggilingan padi dalam beras. Bagian padi ini juga berguna sebagai pakan ternak karena mempunyai gizi yang tinggi, harga jualnya relatif murah dan mudah diperoleh. Penggunaan bahan pakan ini tak bersaing dengan manusia.

Ilustrasi: Dedak Padi (credit: Sinauternak)
Ilustrasi: Dedak Padi (credit: Sinauternak)

pakan ternak ini cukup tinggi per tahunnya, dengan capaian 4 juta dan setiap kuintal padi dapat menghasilkan 18-20 gram. Proses penggilingan padi dapat menghasilkan beras giling sebanyak 65% dan limbah hasil gilingan sebanyak 35% yang terdiri dari sekam dedak dan bekatul. Proteinnya berkisar antara 12-14% lemak sekitar 7-9%, serat kasar sekitar 8-13%, dan abu sekitar 9-12%.

Bacaan Lainnya

Dedak padi merupakan bahan pakan yang telah terpakai secara luas oleh sebagian peternak Indonesia. Sebagian bahan pakan yang berasal dari limbah agro industri, dan mempunyai potensi yang besar sebagai bahan pakan sumber energi bagi ternak. proteinnya yang berkisar antara 12-13%, bahan pakan ini sangat diperhitungkan dalam penyusunan ransum unggas.[1]

Karakteristik Dedak Padi

Sebagai bahan pakan ternak, dedak mempunyai beberapa karakter, yaitu mempunyai tekstur yang cukup kasar, bau khas wangi, berwarna coklat, dan tidak menggumpal. Umumnya tak tahan disimpan dalam waktu lama, karena cepat berbau menyengat. Hal ini terjadi akibat tingginya lemak. Ketersediaannya sangat berpengaruh dari waktu atau musim. Pakan ini merupakan yang bersifat mudah rusak selama penyimpanan jika tersimpan melebihi waktu tertentu.[2]

Perbedaan Dedak dengan Bekatul

Seringkali orang tidak dapat membedakan dedak dan bekatul. Padahal kedua jenis pakan ternak tersebut produk yang sama yang berasal dari proses penggilingan gabah padi. Banyak orang yang beranggapan bahwa 2 pakan ternak tersebut hal yang sama.[3] Apabila dilihat dari tekstur dan nutrisi antara kedua bahan tersebut, pedagang nakal terkadang memalsukan 2 benda sama ini dengan menggunakan sekam giling. Ketiga bagian padi tersebut, sama-sama berasal dari limbah penggilingan padi.

Penggilingan padi dapat menghasilkan beras giling sebanyak 65% dan limbah hasil gilingan sebanyak 35% yang terdiri dari sekam 23% dan bekatul sebanyak 10%, untuk yang lainnya berupa kotoran. Sementara bekatul adalah lapisan sebelah dalam dari butiran padi. Dalam proses penggilingan padi, dedak terpisah pada penyosohan pertama, sedangkan bekatul pada proses penyosohan kedua. Umumnya kedua bagian padi tersebut bercampur menjadi satu. Berikut 4 cara membedakan dedak dengan bekatul.

Cara Membedakan Dedak dengan Bekatul

  • Secara tekstur bekatul lebih halus dari dedak.
  • Jika direndam menggunakan air, hampir keseluruhan bekatul akan tenggelam. Sedangkan pada dedak padi ada bagian yang terapung.
  • Harga dedak dan bekatul pun juga berbeda, biasanya mempunyai selisih 500-1.000 rupiah.
  • serat kasar dedak padi lebih tinggi daripada bekatul.[4]

Dedak harus dipilih yang mengandung ari beras dan menir atau pecahan beras, tetapi tidak tercampur dengan kulit padi yang keras atau pecahan sekam. Jika dedak ini tercampur dengan kulit padi yang keras, kandungan nutrisinya akan berbeda dan serat kasarnya pun akan meningkat hingga 25%.[5] Sebagai gambaran, berikut informasi harga dedak padi di pasaran.

Dedak Padi (sumber: Lazada)

Harga Dedak Padi

Merek & Kuantitas Dedak Padi Harga (Rp)
Dedak padi halus 1 kg 7.777
Dedak bekatul padi super 10 kg 38.900
Dedek Padi Galaxy GLX 01 10 kg 75.000
Dedak bekatul padi super per karung isi 20 kg 82.000

Informasi harga dedak padi di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harap Anda ketahui bahwa harga dedak padi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga dedak padi tahun 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, dedak bekatul padi super 10 kg yang dibanderol Rp49.000 tahun 2021, turun menjadi Rp38.900 tahun 2022.

Selain itu, harga dedak padi yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari dedak padi, Anda bisa membelinya toko pakan ternak yang ada di kota tempat tinggal Anda.

 

[Update: Almas]

[1] Mukhsin, M. 2021. Integrasi Dan Praktik Supply Chain Manajemen Pelaku Usaha Produksi, Distribusi Dedak, dan IKM Gerabah di Provinsi Banten. Sihabudin, editor. Bandung: Media Sain Indonesia, hlm 48.

[2] Ibid., hlm 49.

[3] Ibid., hlm 50.

[4] Ibid., hlm 51.

[5] Zulfan, MD. 2018. Teknologi Formulasi Ransum Unggas. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, hlm 27.

Pos terkait