Manfaat dan Harga Daun Pandan Segar di Pasaran

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan . pandan sendiri merupakan jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu atau pelengkap dalam resep masakan. Kebanyakan makanan yang menggunakan daun pandan adalah makanan dengan rasa manis, seperti kolak, kue nagasari, dawet, dan masih banyak lagi. Di pasaran sendiri, daun pandan bervariasi, tergantung dari banyaknya daun pandan per ikatnya.

Daun pandan atau dikenal dengan nama ilmiah Pandanus Amaryllifolius merupakan salah satu tumbuhan monokotil yang memiliki akar serabut. Tumbuhan ini mudah ditemukan di berbagai daerah di . Daun pandan memiliki zat hijau daun yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan pewarna makanan alami. Selain itu, masih ada banyak dari daun pandan seperti berikut.

Manfaat Daun Pandan - id.wikipedia.org

Manfaat Daun Pandan - id.wikipedia.org

Manfaat Daun Pandan

Penambah Aroma Masakan

Seperti yang kita ketahui, daun pandan memiliki aroma yang khas dan wangi. Aroma tersebut biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan. Anda bisa menggunakannya juga untuk menghilangkan bau aneh pada masakan, seperti bau gosong atau bau asap pada hidangan. Cara menggunakan daun pandan untuk penambah aroma atau penghilang aroma tidak sedap pada masakan tidaklah sulit.

Caranya, Anda hanya perlu menambahkan satu hingga dua helai daun pandan ke dalam masakan Anda. Daun pandan biasanya diletakkan dalam beberapa jenis masakan atau bahan makanan, seperti santan, gula jawa, nasi, dan beberapa jenis masakan lainnya. Selain berfungsi mengharumkan makanan, daun pandan juga memiliki untuk menambah rasa makanan agar lebih sedap.

Mencegah Kanker

Dilansir dari Dream.co.id, daun pandan memiliki kandungan anti karsinogenik. Kandungan tersebut dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari zat radikal bebas penyebab kanker. Anda bisa mengonsumsi daun pandan sebagai salah satu langkah untuk mencegah kanker. Cara untuk mengonsumsinya pun macam-macam. Anda bisa mencampur daun pandan ke dalam hidangan Anda.

Jika Anda bosan dengan hidangan atau masakan, Anda bisa mengolah daun pandan menjadi bahan sirup. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan daun pandan secukupnya dan mengambil sarinya. Sari daun pandan kemudian direbus dan diberi gula hingga mengental dan menyerupai sirup. Sirup sederhana buatan sendiri ini paling cocok dihidangkan saat siang hari dan ketika cuaca sedang panas.

Baik untuk Detoks

Ada banyak jenis kesehatan yang memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, atau biasa disebut dengan detoks. Meskipun begitu, -produk tersebut tentunya tidak . Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan air rebusan daun pandan. Selain lebih hemat, bahan yang digunakan cukup sederhana dan praktis.

Untuk membuat air rebusan daun pandan, Anda bisa menyiapkan daun pandan tiga helai. Pilihlah daun pandan yang sudah cukup tua, dengan ciri daun tebal dan berwarna hijau tua. Setelah itu, cuci bersih daun pandan dan didihkan air di dalam panci sebanyak 250 cc. Masukkan daun pandan ke dalam panci dengan air mendidih selama dua menit hingga tiga menit. Air rebusan daun pandan siap disajikan dalam gelas dan diminum selagi hangat.

Menghilangkan Ketombe

Ketombe adalah salah satu penyebab gatal pada kulit rambut. Tak jarang orang menggaruk-garuk kepalanya karena ketombe, ini juga dapat menyebabkan penurunan tingkat percaya diri pada seseorang. Anda bisa mengatasi ketombe dengan daun pandan. Caranya dengan membuat air rebusan daun pandan.

Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan air rebusan daun pandan yang sudah didinginkan ke kulit kepala hingga ujung rambut. Air rebusan daun pandan tidak hanya mengatasi ketombe saja, tetapi juga mengatasi rambut rontok. Kandungan nutrisi pada daun pandan juga akan menutrisi rambut Anda dan membuat rambut menjadi lebih halus dan hitam.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau sulit mengontrol tekanan darah, bisa menggunakan daun pandan. Minumlah air rebusan daun pandan ketika tekanan darah tinggi Anda sedang kambuh. Ini secara efektif mampu menurunkan tekanan darah, dan menjaga agar tekanan darah Anda tetap stabil.

Air rebusan daun pandan akan membantu mengatasi gejala tekanan darah tinggi, seperti pusing dan kelelahan. Namun, dalam sehari, maksimal Anda hanya boleh mengonsumsi air rebusan daun pandan selama dua kali dengan takaran 5 hingga 7 helai daun pandan dalam 300 ml hingga 500 ml air.

Itulah beberapa manfaat daun pandan yang bisa Anda dapatkan. Untuk mendapatkan manfaat di atas, tentunya Anda perlu menyiapkan daun pandan. Anda bisa menanam daun pandan sendiri di rumah, dengan membeli bibit daun pandan yang dibanderol mulai Rp10 ribuan per polybag. Jika Anda ingin yang praktis, Anda juga bisa membeli daun pandan segar dengan harga sebagai berikut.

Harga Daun Pandan - home.bt.com

Harga Daun Pandan - home.bt.com

Harga Daun Pandan SegarĀ 

Daun PandanHarga per Ikat
Daun Pandan Segar 70 gr1.400
Daun Pandan Segar 200 gr4.000
Daun Pandan 1 kg11.000

Daftar harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Harga di atas tentunya dapat berubah sewaktu-waktu, ini tergantung dari kebijakan toko yang Anda datangi. Daun pandan sendiri dapat ditemukan dengan mudah, apalagi di pasar tradisional. Anda bisa memilih daun pandan terbaik yang dijual. Jika Anda masih ragu untuk membelinya di pasar tradisional, beberapa toko online juga menjualnya.

Beberapa toko online, bahkan menjual daun pandan dalam bentuk sirup. Sirup daun pandan ini dibanderol mulai Rp65 ribuan dalam kemasan botol berukuran 650 ml. Sirup pandan memiliki tekstur yang kental, namun mudah larut dalam air. Rasanya yang manis dengan aroma khas pandan, menjadi salah satu kesukaan banyak orang jika cuaca sedang panas.

Baca juga  Fungsi & Harga Terbaru Manekin (Maneken) Full Body
loading...
author

Leave a reply "Manfaat dan Harga Daun Pandan Segar di Pasaran"