Khasiat dan Update Harga Daun Jeruk (Segar dan Kering)

Tidak hanya buahnya, daun jeruk ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Umumnya digunakan sebagai salah satu rempah untuk bahan masakan, daun jeruk konon dapat dipakai untuk menjaga kesehatan mulut, gigi, dan rambut, serta mampu mengobati peradangan. Jika Anda tertarik dengan manfaat daun ini, Anda bisa membelinya di banyak pasar tradisional, ritel modern, atau lewat situs online dengan harga yang sangat terjangkau.

Daun jeruk segar (sumber: klikdokter)
Daun jeruk segar (sumber: klikdokter)

Siapa yang tidak kenal dengan jeruk? Tanaman jeruk adalah tanaman buah yang berasal dari Asia (konon tersebar dari china) dan sudah sejak lama tumbuh di Indonesia, baik tumbuh secara alami maupun sengaja dibudidayakan.[1] Sentra jeruk di Indonesia berada di lima provinsi, yakni Sumatra Utara, , Kalimantan Barat, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

Jeruk menjadi salah satu buah yang paling digemari di Indonesia. Pada rentang tahun 1995 hingga 2004 misalnya, konsumsi buah jeruk mengalami peningkatan sebesar 12,15 persen tahun, dengan konsumsi pada tahun 2004 mencapai 2.161,90 ribu ton.[2] Di Sulawesi Selatan, produksi jeruk pada tahun 2010 dapat mencapai 28,406 ton, kemudian naik menjadi 73,020 ton pada tahun 2011.

Selain menyegarkan, terutama saat dikonsumsi pada siang hari yang terik, jeruk menjadi pilihan karena memang kaya akan manfaat. Jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, komponen berharga dalam makanan karena berguna sebagai antioksidan dan mengandung khasiat pengobatan.[3] Buah ini juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, dan . Tak hanya itu, jeruk merupakan sumber serat yang jenisnya tidak dapat larut dalam pencernaan, sehingga dapat dijadikan pilihan tepat untuk melancarkan metabolisme dan penyerapan nutrisi tubuh.

Tidak hanya daging buahnya, bagian dari buah jeruk yang tidak dimakan seperti kulit dan biji pun dapat diolah menjadi beberapa produk dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi, seperti bahan sabun wangi, pektin, gula tetes, aroma kue, dan lainnya. Bahkan, kulit jeruk diklaim mampu digunakan sebagai penghalus kulit hingga obat anti-nyamuk.[4]

Khasiat Daun Jeruk

Lalu, bagaimana dengan daun jeruk? Tidak kalah dengan buah atau kulit, daun jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk manusia. Daun jeruk umumnya digunakan dalam masakan, seperti rendang, masakan berkuah bening seperti soto, hingga digunakan dalam olahan keripik tempe rasa daun jeruk. Karena punya warna hijau yang segar dan berkilau, daun jeruk juga kerap dijadikan garnish atau penghias makanan.

Selain sebagai masakan, daun jeruk juga punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Jika Anda termasuk orang yang menyukai harum tanaman, daun jeruk segar cocok digunakan sebagai terapi yang sehat untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang. Bisa pula direbus dengan air panas sebagai bahan relaksasi.

Manfaat lainnya, seperti dikutip dari Klikdokter, daun jeruk (jeruk purut) bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut, gusi, dan gigi. Pasalnya, daun tersebut dapat meminimalkan risiko masalah gigi, mengurangi bakteri jahat di dalam rongga mulut, meski memang masih diperlukan studi lebih lanjut. Namun, jika Anda tertarik, Anda dapat mencampurkan ekstrak daun jeruk purut ke dalam pasta gigi organik maupun obat kumur.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang termuat di dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine tahun 2013 silam, daun jeruk purut bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Khasiat ini dapat diperoleh dengan memeras daun jeruk, kemudian mengoleskan air perasan tersebut ke kulit kepala dan rambut.

Tidak hanya itu, daun jeruk juga dipercaya dapat mengobati nyeri akibat peradangan. Mengutip studi yang dirilis Mahidol University, khasiat ini berasal dari kandungan senyawa anti-inflamasi di dalam daun jeruk. Senyawa tersebut disebut-sebut berguna mengatasi nyeri akibat rematik radang sendi, edema, asam urat, maupun kondisi peradangan lainnya.

Nah, apabila Anda tertarik dengan khasiat yang ditawarkan daun jeruk, baik untuk masakan maupun untuk kesehatan, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Anda dapat membelinya di banyak pasar tradisional atau memesan lewat platform e-commerce. Dijual dalam berbagai ukuran, mulai 10 gram hingga 1 kg, harga daun jeruk pun sangat terjangkau.

Daun jeruk kering (sumber: ebay)
Daun jeruk kering (sumber: ebay)

Harga Daun Jeruk

Berat Daun Jeruk Harga
Daun Jeruk Segar 25 gr Rp2.000
Daun Jeruk Segar 40 gr Rp3.000
Daun Jeruk Segar 100 gr Rp6.000
Daun Jeruk Segar 250 gr Rp15.000
Daun Jeruk Segar 500 gr Rp25.000
Daun Jeruk Segar 1 kg Rp41.000
Daun Jeruk Kering 100 gr Rp12.700
Daun Jeruk Kering 250 gr Rp25.000
Daun Jeruk Kering 1 kg Rp47.500

Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga daun jeruk di pasaran saat ini cenderung turun. Daun jeruk segar 100 gram misalnya, semula ditawarkan dengan harga mulai Rp10.000 sampai Rp14.500, kini turun menjadi Rp6.000. Sama halnya dengan harga daun jeruk kering 100 gram yang turun dari Rp7.000 sampai Rp13.500 menjadi Rp12.700.

harga daun jeruk di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk swalayan modern dan beberapa online shop. Perlu Anda catat bahwa harga daun jeruk tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga daun jeruk di masing-masing penjual bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[Update: Ditta]

[1] Adlini, Miza Nina dan Hafizah Khairina Umaroh. 2020. Karakterisasi Tanaman Jeruk (Citrus sp.) di Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara sumatera utara. Klorofil, Vol. 4(1).

[2] Adelina, Surya Oktafia, Enny Adelina, Hasriyanty. 2017. Identifikasi Morfologi dan Anatomi Jeruk (Citrus sp) di Desa Doda dan Desa Lempe Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso. E-Journal Agrotekbis, Vol. 5(1): 58-65.

[3] Fitriana, Yolla Arinda Nur dan Ardhista Shabrina Fitri. 2020. Analisis Kadar Vitamin C pada Buah Jeruk Menggunakan Metode Titrasi Iodometri. Sainteks Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Vol. 17(1): 27-32.

[4] Adelina, Surya Oktafia, Enny Adelina, Hasriyanty. Op cit.

Pos terkait