Harga Dark Chocolate Colatta (Semua Kemasan)

Hampir semua orang menyukai cokelat, karena rasanya yang manis dan legit. Meskipun begitu, ada jenis cokelat yang rasanya tidak terlalu manis, bahkan cenderung pahit, yakni dark chocolate atau cokelat hitam. Dari sekian banyak merk dark chocolate yang ada, Colatta menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan campuran kue atau camilan karena harganya relatif terjangkau.

Dark chocolate (pexels: Eva Elijas)
Dark chocolate (pexels: Eva Elijas)

Dark Chocolate Colatta Termasuk Cokelat Compound

Dark Chocolate Colatta merupakan jenis cokelat compound dan bukan couverture, sehingga tak heran jika harganya lebih murah. Cokelat couverture merupakan cokelat berkualitas tinggi yang digiling secara khusus untuk menghasilkan cokelat dengan kandungan cocoa butter yang sangat tinggi. Semakin banyak cocoa butter yang terkandung dalam cokelat, maka teksturnya akan semakin lembek, encer, dan mudah leleh.  Hal ini membuat cokelat couverture memiliki tekstur yang lembut dan cocok diolah dengan cara tempering atau dilelehkan.

Bacaan Lainnya

Dengan dilelehkan, cokelat jenis ini memiliki tekstur yang padat dan mengilap. Ini juga alasan mengapa banyak orang menggunakan cokelat couverture sebagai hiasan kue atau sebagai pelapis makanan. Supaya bisa mengilap dengan tekstur yang halus dan licin, untuk melelehkan cokelat couverture tidak bisa sembarangan. Anda harus menggunakan mesin tempering khusus yang bentuknya hampir mirip dengan double boiler, hanya saja alat ini bisa menjaga suhu cokelat supaya tetap hangat.

Berbeda dengan cokelat couverture, cokelat compound seperti dark chocolate Colatta harganya lebih murah dan tidak mengandung cocoa mass atau cocoa butter, tetapi mengandung nabati. Cokelat ini juga mengandung bubuk cokelat yang lebih tinggi dibanding cokelat couverture, sehingga teksturnya lebih padat dan tidak terlalu soft saat dikunyah.

Cokelat jenis ini terbilang sulit dilelehkan dan biasanya cepat menggumpal saat berada di suhu yang dingin. Hal ini membuat bahan pangan tidak bisa diolah menggunakan teknik tempering dan harus diolah dengan cara lain. Biasanya, cokelat ini dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat kue, industri rumahan, dan dijadikan camilan.

Meskipun dark chocolate Colatta bukan termasuk cokelat couverture, Anda bisa menjadikannya sebagai pelapis atau sebagai bahan menghias kue. Caranya tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu memanaskannya menggunakan alat pengukus. Dalam hitungan menit, cokelat akan meleleh dan Anda harus segera mengaduknya.

Supaya cokelat menjadi lebih encer dan bisa meleleh dalam waktu yang lama, masukkan sedikit butter atau margarin. Anda juga boleh memasukkan susu atau susu evaporasi. Setelah itu, Anda bisa memakainya sebagai pelapis kue atau selai. Beberapa orang memakai cokelat seperti ini sebagai topping minuman kopi dan susu.

Dark Chocolate Colatta (sumber: tokopedia)

Sementara itu, bagi Anda yang ingin membuat bisnis kue cokelat menggunakan chocolate Collatta, Anda bisa melelehkannya dan mencetaknya kembali dalam cetakan kecil-kecil. Tambahkan juga meises, chocochips, wafer, dan remah biskuit supaya lebih kaya tekstur dan rasa. Ini adalah salah satu camilan yang disukai banyak orang, termasuk anak-anak.

Dark chocolate Colatta diklaim memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan cokelat couverture. Cokelat ini memang tidak terlalu manis, tetapi cenderung legit dan tidak berminyak. Bisa dibilang, produk seperti ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka manis, tetapi ingin merasakan lezatnya cokelat.

Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi dark cokelat seperti ini bisa meningkatkan mood, menghilangkan ,dan mencegah depresi. Hal ini karena, dark cokelat memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan bermanfaat untuk memperbaiki sistem aliran dilatasi darah supaya pembuluh arteri menjadi rileks.[1]

Tidak sulit menemukan dark chocolate Colatta, karena Anda bisa membelinya di minimarket terdekat atau toko bahan kue. Selain itu, Anda bisa membelinya secara online di situs jual beli online. Sebagai referensi harga dark chocolate Colatta, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Dark Chocolate Colatta

Varian Dark Chocolate Harga
Dark Chocolate Colatta Compound kg Rp49.000
Dark Chocolate Colatta 250 gr Rp18.500
Dark Chocolate Colatta Compound 5 kg Rp255.000

Harga dark cokelat Colatta di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Harga dark chocolate Colatta tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga Anda harus mengeceknya sebelum membelinya.

[1] Claresta, Laveda Jesslyn & Yosef Purwoko. 207. Pengaruh Konsumsi Cokelat terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Praujian. Jurnal Kedokteran Diponegoro, Vol. 6(2): 737-747.

Pos terkait