Keunggulan dan Update Harga Darbuka Aha

Jika memiliki hobi mendengarkan marawis, pastinya Anda sudah tidak asing dengan darbuka. Alat musik tersebut memang wajib ada jika ingin musik terbangan Anda menjadi lebih nyaring dan semarak. Tidak sulit menemukan dumbuk karena Anda bisa membelinya dengan berbagai merk, seperti Aha, dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per unit.

Ilustrasi: Bermain Darbuka (credit: Pinterest)
Ilustrasi: Bermain Darbuka (credit: Pinterest)

Keunggulan Darbuka Aha

Ada banyak alat musik yang dipakai untuk menghasilkan nada yang pas dalam musik hadrah atau marawis, antara lain jidur, terbang, tam, dan dumbuk atau darbuka.[1] Nah, salah satu alat musik marawis yang terbilang besar dan berat adalah darbuka. Darbuka dipakai untuk menghasilkan suara mirip gendang, tetapi lebih bulat dan tajam.

Bacaan Lainnya

Dumbuk sebagai sumber musik, dibuat dengan bentuk mirip gendang bermata satu. Anda hanya bisa memukul bagian atasnya yang terbuat dari kulit atau mika. Pada zaman dulu, mungkin darbuka kulit menjadi hal yang lumrah dan banyak dicari orang, tetapi saat ini darbuka terbilang lebih populer.

Salah satu dumbuk yang terbilang cukup diminati pemusik marawis adalah merk Aha. Darbuka tersebut dirancang secara khusus dengan bentuk mirip perkusi, hanya saja di bagian bawah memiliki lingkaran yang lebih kecil daripada di bagian atas. Untuk membunyikan alat ini, Anda perlu memukul bagian pinggir dan tengah secara berulang dengan kecepatan konstan serta menggunakan tangan. Ini berbeda dengan yang bisa dipukul dengan alat pemukul dari kayu atau bambu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Louhan Cencu (Anakan, Dewasa, Kualitas Super)

Bagian atas dumbuk Aha dilengkapi dengan alat pelindung dari yang membuat suaranya menjadi lebih tajam, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk memukul alat musik ini. Bagian atas atau mata darbuka, bisa dibongkar pasang dan diganti dengan mudah. Caranya, Anda hanya perlu melepas segel atau sekat di bagian kepala dumbuk.

Kerangka kebanyakan darbuka Aha terbuat dari aluminium, sehingga tidak terlalu berat untuk ditenteng dan digendong. Dengan tersebut, dumbuk ini juga akan lebih awet dan tahan lama. Aluminium yang dipakai adalah jenis logam anti yang tidak mudah terkikis saat dibersihkan dengan air atau bahan pembersih lainnya.

Untuk menarik perhatian pembeli, Aha juga menawarkan dumbuk dalam berbagai macam warna. Bagi Anda yang suka dengan desain alat musik elegan dan simpel, Anda bisa memilih darbuka dengan cat polos berwarna hitam dove. Sementara, jika Anda suka dengan alat musik marawis yang mencolok, mungkin Anda akan cocok dengan darbuka Aha dengan motif padang pasir atau desain Mesir.

Baca juga  Jenis dan Update Harga Flare Asap (Bomb Smoke)

Keunggulan darbuka Aha lainnya terletak pada cover dan tasnya. Hampir semua dumbuk merk Aha dilengkapi dengan cover anti-air dan tas berbahan busa, sehingga tidak mudah rusak akibat benturan atau karena air hujan. Bagi Anda yang penasaran dengan varian dumbuk Aha dan harganya, Anda bisa melihat tabel berikut.

Darbuka AHA (sumber: shopee)
Darbuka AHA (sumber: shopee)

Harga Darbuka Aha

Varian Darbuka Aha Spesifikasi Harga
Darbuka Aha Percussion 9 inc Berat 4 kg, tinggi 47 kg, bagian atas dilengkapi mika, ukuran 9 inci, tersedia berbagai warna (kuning stabilo, biru muda, merah muda, dan oranye) Rp699.000
Darbuka Aha 9 inc Ada tas anti air, warna hitam doff, aluminium cor, cat coating finishing clear, kunci L Rp739.900
Darbuka Aha Standard Full Set Polos aluminium, diameter head 9 inci, head dari mika, berat 5 kg, mengikuti berat darbuka mesir, warna polos Rp800.000
Darbuka Aha 8 3/4 Ori Full aluminium, ukuran 83/4 inci, warna hitam, dilengkapi mika, ada tas atau cover pelindung, portable, cocok untuk pemula Rp1.800.000
Darbuka Aha Sombaty Polos Dilengkapi tas anti air, ukuran 9 inci, fullset, berat 4,5 kg, tinggi 48 cm, tas full busa, kunci L, cat motif serbuk oven, cat polos, aluminium Rp1.800.000
Darbuka Aha Standard Full Set Motif aluminium, diameter head 9 inci, head dari mika, berat 5 kg, mengikuti berat darbuka Mesir, motif padang pasir Rp2.000.000
Darbuka Aha Sombaty Motif Dilengkapi tas anti air, ukuran 9 inci, fullset, berat 4,5 kg, tinggi 48 cm, tas full busa, kunci L, cat motif serbuk oven, cat bermotif, aluminium Rp2.300.000
Baca juga  Update Biaya Sekolah di Charis National Academy Malang

Harga darbuka Aha di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harganya saat ini ada yang naik dan turun. Sebagai contoh, darbuka Aha sombaty motif yang awalnya dijual dengan harga Rp2,2 juta, naik menjadi Rp2,3 juta per unit. Sementara itu, darbuka Aha sombaty polos yang awalnya dibanderol Rp2 juta, turun menjadi Rp1,8 juta per unit. Pastikan Anda selalu mengecek harganya sebelum membeli alat musik tersebut.

[1] Putri, Linda Indiyarti. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Unwahas Semarang, Vol. 4(1): 21-31.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.