Specs dan Update Harga Yamaha Vixion Terbaru

merupakan salah satu sepeda motor produksi Yamaha yang dapat dikatakan awet. Pertama kali hadir di pasaran Indonesia pada tahun 2007 silam, kuda besi berwujud naked bike tersebut dapat bertahan lebih dari satu dekade. Hadir dalam beberapa generasi dan mengalami sejumlah ubahan, salah satu yang menjadi keunggulan motor ini adalah irit bahan bakar serta punya harga yang relatif terjangkau di segmen sport bike.

Motor Yamaha Vixion (sumber: pertamax7.com)
Motor Yamaha Vixion (sumber: pertamax7.com)

Di tengah gempuran beragam jenis mobil, bahkan dengan harga yang semakin miring, sepeda motor tetap menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Pasalnya, sepeda motor mengusung dimensi yang relatif lebih kecil dibandingkan roda empat sehingga lebih mudah dipakai untuk menerjang kemacetan lalu lintas.[1] Kelebihan lainnya sepeda motor adalah harganya jauh lebih hemat, lebih irit bahan bakar, dan lebih cepat mencapai tujuan dibandingkan mobil.[2]

Bacaan Lainnya

Pasar Indonesia sendiri sudah kebanjiran banyak sepeda motor. Jika di era 1990-an motor bebek alias moped menjadi favorit, maka matik merajai pasaran sejak memasuki milenium ketiga. Selain itu, tipe motor yang terus bertahan adalah sport bike. Hadir dalam berbagai model dan kapasitas mesin, motor sport dipilih umumnya oleh konsumen laki-laki karena punya tampang macho dan tenaga yang lebih besar.

Baca juga  Update Harga Kipas Magnet Vespa PX (Baru dan Copotan)

Spesifikasi Yamaha

Nah, dari sekian sport bike yang telah beredar di pasaran, salah satu yang dapat dikatakan bertahan cukup lama adalah produksi Yamaha. Pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2007 silam, Vixion masih tetap dijual pabrikan berlogo garpu tala selama lebih dari satu dekade, membuktikan bahwa motor tersebut memilih penggemar yang luas.

Ada banyak alasan kenapa disukai banyak konsumen di dalam negeri. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 71,6 persen responden bilang bahwa Yamaha Vixion mudah dan nyaman ketika dikendarai, sedangkan 74,3 persen responden setuju bahwa motor ini memiliki stripping body yang membuat tampilan kuda besi tersebut gagah.[3]

Secara konstruksi mesin, Yamaha merupakan pengembangan dari model Yamaha Jupiter MX yang bermain di segmen motor bebek sport dan juga turunan dari Yamaha Scorpio Z. Motor ini tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft tunggal bervolume silinder 149,8cc dan sistem bahan bakar injeksi. Penggunaan injeksi bahan bakar sendiri ditujukan untuk meningkatkan tenaga mesin karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat.

Dalam perjalanannya yang mencapai usia lebih dari satu dasawarsa, Yamaha sudah hadir dalam beberapa generasi. Pada bulan April 2017 lalu misalnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis generasi teranyar dari motor sport ini dalam ajang Jakarta International Expo yang berlangsung di Kemayoran. Selain model baru, pabrikan juga menambah varian anyar yaitu New Vixion R berkapasitas 155cc bagi mereka yang ingin motor jalanan yang tangguh.

Baca juga  Specs dan Update Harga Kijang Super 1996
Harga, Yamaha, bekas, produk, desain, motor, bike, naked bike, sport, mesin, spesifikasi, V-Ixion, online, digital, teknologi, speedometer, Honda, Suzuki
Yamaha Vixion R (sumber: bmspeed7.com)

Dengan konsep new sport style, All New Vixion menggunakan speedometer digital baru dengan sapaan humanis “Hi buddy” yang dapat diubah sesuai nama pemilik, sehingga membuat pengendara memiliki privasi yang mengendarai motor ini. Selain itu, lampu depan dan belakang sudah mengusung teknologi LED dengan model yang agresif dan pencahayaan yang semakin terang.

Kemudian, pada akhir tahun 2021, Yamaha Vixion memperoleh pembaruan dari segi tampilan. Vixion tersedia dalam tiga pilihan warna yang lebih segar, yakni Metallic Black, Red, dan Matte Blue. Motor tersebut menjadi terlihat semakin sporty dan agresif. Namun, untuk sektor dapur pacu, perusahaan masih menanamkan mesin yang sama seperti generasi terdahulu.

Lalu, pada Januari 2022, giliran Vixion R yang mendapatkan tambahan warna baru, yakni matte black dan kombinasi warna matte red. Yamaha Vixion R Matte Black dan Matte Red ini membuat motor terkesan lebih sporty, simple, dan luxury, mewakili karakter pengguna yang ingin tampil sporty tetapi tetap elegan.

Untuk urusan jantung pacu, belum ada perubahan. PT YIMM masih menyematkan mesin berkapasitas 155cc, 6 percepatan, 4 katup dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), dan liquid cooled pada Yamaha Vixion R terbaru. Selain itu, Yamaha Vixion R ditunjang dengan fitur Assist & Slipper Clutch yang membuat pengoperasian kopling jadi lebih ringan, sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Baca juga  Update Kisaran Harga Suzuki Aerio (2002, 2003, 2004, 2005, 2006)

Harga Yamaha Vixion

Varian Yamaha Vixion Harga
Yamaha Vixion Rp28.740.000
Yamaha Vixion Monster Energy Yamaha MotoGP Edition Rp28.650.000
Yamaha Vixion R Rp32.455.000

Informasi harga Yamaha Vixion di atas kami rangkum langsung dari situs resmi PT YIMM. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Yamaha Vixion saat ini memang mengalami kenaikan hingga sebesar Rp6 jutaan per unit. Selain itu, model Yamaha Vixion sekarang lebih ringkas jika dibandingkan generasi terdahulu yang sempat hadir dalam seperti KS dan SE.

[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Data Panel. Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 3(2): 332-337.

[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.

[3] Aisyah, Siti, et al. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Vixion. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2(1): 59-75.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *