Update Harga Skuter Viar V1 (Baru dan Bekas)

No comment15834 views

Apa yang ada di benak Anda ketika menyebut merek Viar? Pasti tidak jauh-jauh dari motor roda tiga yang biasa digunakan untuk kebutuhan berdagang atau niaga. Sebenarnya, Viar tak melulu melemparkan produk kendaraan roda tiga ke Tanah Air. Pabrikan ini juga menyasar segmen lain. Di segmen off-road atau adventure misalnya, Viar punya model Cross X 150 dan juga Cross X 250 ES. Selain itu, mereka juga sempat meluncurkan skuter matik V1 dengan harga cukup bersahabat.

Ilustrasi: Skuter Viar V1 (credit: Oto)

Ilustrasi: Skuter Viar V1 (credit: Oto)

Review Viar V1

Perusahaan yang berbasis di Semarang itu memang pernah beberapa kali melemparkan produk skuter matik ke pasar Indonesia, salah satunya model Viar V1. Skuter ini merupakan skuter premium yang sekilas mirip dengan motor buatan asal Jepang, seperti Yamaha NMAX atau Suzuki Burgman. Viar V1 mengusung desain khas skuter matik bongsor dengan tampilan stylish dan mewah.

Di bagian depan, terdapat dua buah lampu berukuran besar yang sudah menggunakan proyektor dan lampu sein yang diletakkan terpisah. Meski belum mengusung teknologi LED, penerangan yang dihasilkan lampu ini sudah sangat mumpuni, terutama di malam hari. Sementara, di sektor buritan, lampu belakang sudah menerapkan teknologi LED.

Baca juga  Harga Rangka Deltabox KLX Terbaru (Fiber & Aluminium)

Sebagai skuter berukuran jumbo, Viar tak lupa menyematkan fitur penyimpanan barang pada model V1 ini. Berbeda dengan sepeda motor kebanyakan, bagasi yang terdapat pada Viar V1 ini ada dua buah karena jok yang diusung menerapkan model separated seat alias terpisah antara pengendara dengan pembonceng. Menariknya lagi, di masing-masing bagasi, terdapat slot untuk USB atau kartu memori.

Di sektor jantung pacu, Viar membekali model V1 dengan mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, oil cooled & air forced cooled, berkapasitas 200cc. Dengan modal tersebut, skuter ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 9,7 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus angka 1,8 Nm pada putaran 6.000 rpm. Berikut teknis Viar V1.

Mengendarai Skuter Viar V1 (youtube: Ucon Blacksky)

Mengendarai Skuter Viar V1 (youtube: Ucon Blacksky)

Spesifikasi Viar V1

Tipe Mesin4-stroke, silinder tunggal, oil-cooled & air forced-cooled
Rasio Kompresi9,7:1
Kapasitas Mesin200cc
Daya Maksimum9,7 kW @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum13,8 Nm @ 6.000 rpm
TransmisiCVT otomatis
StarterElektrik
Kapasitas Bahan Bakar13,5 L
Dimensi2.040 x 735 x 1.120 mm
Berat163 kg
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing arm
Rem Depan & BelakangDisc brake
Ban Depan130/60 R13
Ban Belakang130/60 R13
Tipe RangkaUnderbone 

Harga Viar V1

Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Viar melepas model V1 dengan harga mulai Rp25.100.000. Kemudian, sempat dirilis juga tipe Viar V1 T3 pada tahun 2017 dengan banderol Rp22 jutaan (dealer Surabaya). Sayangnya, ketika diintip di situs resminya, pabrikan sudah tidak memproduksi lagi kuda besi ini.

Namun, jika Anda tertarik, bisa membeli produk bekasnya dengan harga sekitar Rp18 jutaan untuk produk buatan 2013. Sementara, produk yang dirilis tahun 2014 saat ini ditawarkan dengan harga Rp22,22 jutaan per unit. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga Viar V1 second berkisar Rp15 juta hingga Rp25 jutaan, tergantung kondisi barang.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Harga Pet Helm Bogo di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Skuter Viar V1 (Baru dan Bekas)"