Spesifikasi dan Harga Terbaru Keyboard KORG PA4X Indonesian Version

Jika Anda berkecimpung dalam dunia musik, sudah pasti tidak asing dengan bernama keyboard. Keyboard (kibor) adalah sebuah alat musik yang cara memainkannya seperti piano, yakni dengan cara dipencet. Harga keyboard bervariasi mulai dari yang paling murah berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per . Hal tersebut bergantung pada kualitas dan popularitas dari sebuah brand keyboard yang bersangkutan. Nah, salah satu tipe keyboard yang cukup laris di pasaran adalah KORG PA4X.

Harga, KORG, PA4X, indonesian, version, fitur, 61,76, keys, teknologi, pabrik, stage, MURI, piano, tipe, arranger, canggih, kualitas, suara,

Memainkan keyboard Korg PA4X (youtube: Kraft Music)

Alat musik keyboard sendiri memang diciptakan untuk meniru piano, namun harganya lebih terjangkau. Keyboard sudah dilengkapi fitur metronom maupun irama pengiring untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, sehingga tidak perlu membeli metronom lagi secara terpisa. Ini tidak seperti piano yang harus membeli metronom secara terpisah karena memang tidak mempunyai fitur metronom. 

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, keyboard berbeda dengan grand piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkan pun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano. Alat musik keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Ada yang ditekan (menggunakan jari tangan), dan ada juga yang dipijak (menggunakan kaki). Susunan keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.

Umumnya, sebuah keyboard memiliki tuts 5 oktaf, meskipun pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf. Pengoperasian keyboard ini harus menggunakan listrik. Biasanya, dalam sebuah perangkat keyboard, sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam, dan fitur lainnya. Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari, menekan tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan, sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

Semakin bergairahnya era digital membuat industri musik, khususnya Indonesia, semakin menggeliat. Meski pembajakan masih menjadi isu utama, namun faktanya hal ini tidak meredupkan kreativitas para musisi untuk berkarya. Industri musik Indonesia yang terus tumbuh inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat pasar alat musik tanah air merasakan imbasnya.

Di sejumlah toko alat musik, calon pembeli bisa dengan mudah ditemui merek keyboard dengan segala tipe dan jenis. Tiap merek tentunya menawarkan harga dan kualitas yang berbeda, dari penawaran harga yang murah hingga harga tertinggi, tergantung kebutuhan pemakainya. Sebut saja beberapa hasil produksi dari produsen keyboard kenamaan, seperti Casio, , KORG, Roland, dan lain sebagainya. 

KORG PA4X Indonesian Version

Khusus untuk KORG, brand ini bisa dibilang sebagai salah satu pemain lama dalam industri instrumen musik dunia. Selain keyboard, perusahaan ini juga memproduksi amplifier, piano, gitar, bass, hingga drum. Berbicara tentang keyboardnya, KORG dikenal sebagai produsen yang selalu berinovasi dalam mengeluarkan dengan berbagai fitur yang menarik. Nah, salah satu seri keyboard dari KORG yang cukup menyita perhatian para musisi adalah KORG PA4X.

Korg PA4X (sumber: korg.com)

Korg PA4X (sumber: korg.com)

KORG sudah mengeluarkan produk barunya yang lebih mutakhir dari keyboard series PA4X sebelumnya. KORG PA4X Indonesian Version dikatakan merupakan keyboard canggih yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur di dalamnya. KORG PA4X Indonesian Version sudah dilengkapi dengan sampling instrumen dan khas musik yang dimiliki oleh 34 provinsi se-Indonesia. 

Museum Rekor Indonesia (MURI) bahkan mengukuhkan KORG PA4X Indonesian Version sebagai keyboard pertama yang memiliki sampling instrumen dan irama khas Indonesia terlengkap. KORG agaknya mengerti akan kondisi Indonesia, sebagai negara maritim terbesar di dunia yang mempunyai 17.508 pulau dan 1340 suku, sehingga melahirkan budaya dan seni beraneka ragam. Karena itu, KORG memperkenalkan sampler alat musik tradisional Indonesia yang dimasukkan ke keyboard agar bisa digunakan menurut etnik seni Indonesia.

Perangkat yang satu ini dirasa cukup ideal untuk menyusun, merekam, dan penggunaan sekaligus, PA4X yang intuitif menjadi hidup di tangan para keyboardist. Pengoperasiannya yang sempurna dan suaranya yang superior disebutkan tak bisa lagi ditemukan di keyboard lain. Terlebih lagi, setiap aspek dari Professional Arranger KORG sebelumnya dikaji ulang dan diperbaharui di PA4X, menjadikannya keyboard yang tanpa tanding.

Capaian sound yang natural disokong oleh teknologi terbaru yang dibuat KORG, disebut dengan New EDS-X (Enhanced Definition Synthesis eXpanded) sound engineer. Kualitas sound yang disiapkan, baik instrumen akustik, digital/analog synth, drums, dan spesial efek memiliki konten sampling definisi tinggi yang presisi.

KORG PA4X juga menyertakan piano dari KORG SV-1, salah satu stage piano yang fenomenal. Piano diadopsi dari SV-1 dengan karakter sound yang warm dan kaya harmonik sangat berkelas sesuai untuk kebutuhan dan band. Teknologi EDS-X yang dibenamkan pada PA4X membuat koleksi sound dari instrumen piano akustik/elektrik, gitar elektrik/ akustik, string, alat musik tiup, hingga drum dan perkusi memiliki kualitas sound yang sangat baik, tak kalah dengan workstation keyboard yang sering digunakan untuk aplikasi

Harga KORG PA4X Indonesian Version

Produk ini seolah pantas diberi julukan Super Arranger karena fitur yang canggih, kualitas suara yang luar biasa, dan tentunya juga keyboard pertama yang mempunyai sampling instrumen seni budaya berbagai provinsi di Indonesia. Untuk memiliki keyboard canggih KORG PA4X Indonesian Version tentunya dibutuhkan bujet besar, sesuai dengan fitur yang diberikan. Harga alat ini sendiri berkisar Rp38 jutaan untuk model PA4X 61 keys dan Rp43 sampai Rp45 jutaan untuk varian PA4X 76 keys.  

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Deretan Gitar Yamaha Harga Di Bawah 500 Ribu
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Terbaru Keyboard KORG PA4X Indonesian Version"