Update Harga dan Spesifikasi Kamera Canon EOS 80D Kit & Body Only

DSLR (digital single lens reflex) adalah digital yang memanfaatkan cermin (mirror) untuk mengarahkan cahaya dari ke viewfinder. Meskipun popularitasnya mulai tersaingi oleh mirrorles, DSLR masih diminati banyak orang. Salah satu perusahaan yang cukup populer, yakni Canon juga memiliki DSLR andalan yang bertipe Canon EOS 80D.

Memotret dengan kamera Canon EOS 80D (sumber: techradar.com)

Canon sendiri pertama kali hadir di Indonesia saat menjual produknya pada tahun 1976. Canon tidak memiliki kantor di Indonesia dan saat ini bekerja dengan lima distributor resmi untuk mendistribusikan beragam produk Canon mulai dari produk konsumen ke bisnis dan industrial.

Untuk jenis kamera tipe Canon EOS 80D, adalah kamera penerus dari seri sebelumnya yakni Canon EOS 70D. Karena masih termasuk keluaran , maka kamera ini dianggap memiliki yang lebih baik dari seri 70D. Menggunakan sistem autofokus baru dengan memanfaatkan Dual Pixel CMOS AF bisa membantu dalam merekam dengan halus, cepat dan auto fokus yang akurat, serta menembak gambar diam lebih mudah dan juga autofokus yang tepat.

Teknologi Canon yang satu ini didukung dengan menempatkan dua dioda per pixel, bukan cuma satu, dengan demikian memungkinkan setiap pixel untuk melakukan perbedaan fase deteksi autofokus. Hal ini berarti AF cepat, AF akurat dan hampir tidak kehilangan kualitas gambar dengan cakupan diperpanjang sekitar 80% dari image plane. Selain itu dengan adanya 45 points AF yang bisa mengambil fokus berbagai macam objek.

Sebagai salah satu pabrik besar dalam dunia fotografi, Canon memang tak pernah setengah-setengah dalam menghadirkan inovasi kamera pada para pelanggannya. Maka tak salah jika Canon EOS 80D memberikan yang terbaik kepada para pengguna setia kamera Canon.

Kali ini Canon EOS 80D hadir dengan berbagai fitur kunci seperti meningkatnya resolusi sensor APS-C CMOS 24.2 Megapixel, cakupan viewfinder yang meningkat, sistem autofokus baru, prosesor DIGIC 6 baru dan banyak lagi peningkatan yang dilakukan untuk Canon 80D. Tak heran jika kemudian para pengguna setia kamera Canon akan berlomba untuk mengupgrade kamera lamanya untuk beralih kepada kamera baru yang lebih canggih. Bagi para fotografer yang ingin meningkatkan levelnya ke tingkat yang lebih tinggi kamera ini sangat cocok sebagai produk yang mampu memuaskan para penggunanya.

Canon EOS 80D menggunakan image processor DIGIC 6, yang mana bisa membantu memberikan hasil jepretan yang sangat baik dan kecepatan pemrosesan untuk pengoperasian foto maupun video. Prosesor gambar DIGIC 6 juga merupakan kekuatan dari Canon untuk memberikan kemampuan kerja kamera, salah satunya adalah memberikan resolusi berkecepatan tinggi secara penuh untuk continuous shooting foto dan koreksi distorsi dalam kamera.

Serta kemampuan merekam video dengan format MP4 akan menyediakan kompatibilitas yang baik dengan perangkat mobile maupun tablet. Kompres tinggi video MP4 tidak hanya menjaga ruang pada memory card saja, akan tetapi juga meningkatkan playback pada perangkat mobile. Sedangkan merekam video HD menggunakan fitur HDR movie memberikan kreativitas yang lebih luas.

Canon EOS 80D - (Sumber: cnet.com)

Canon EOS 80D - (Sumber: cnet.com)

Kamera ini memiliki rentang ISO 100-16000 dan rentang ISO video 100-12800, dan keduanya bisa dimaksimalkan hingga 25600. Seri 80D juga didukung oleh teknologi dual pixel CMOS AF untuk meningkatkan akurasi autofocus. Berikut spesifikasi lengkap Canon EOS 80D.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 80D
Fitur Spesifikasi
Ukuran 139 x 105 x 78.5 mm
Berat 0.7 (kg)
Warna Hitam
Tipe  Canon EOS 80D
Ukuran Layar 3.0
Megapiksel 24.2 MP
Fitur HD Recording

Image Stabilization

Wide Angle

Input USB
Output Component Video

Composite Video

3.5 mm jack

USB

HDMI

Resolusi Layar 6000 x 4000
Tipe Baterai Li-Ion
Format Foto JPEG, RAW
Format Video MOV, MPEG-4 AVC/H264
Video HDYa
Resolusi Video 1920 x 1080
Range Aperture Lensa f/3.5-5.6 IS STM Lens
ISO Range 100-25600
Range Shutter Speed 30 - 1/4000 detik
Built in Flash Ya
Tipe Memory Card SD/SDHC/SDXC
HDMI Port Ya
Tipe Layar Clear View LCD

Kamera Canon EOS 80D (sumber: digitaltrends.com)

Untuk menyesuaikan diri di era multimedia, Canon sendiri terus berupaya untuk melakukan pembaharuan teknologi kamera di kelas semi-pro maupun menengah. Jika dibandingkan dengan kamera pendahulunya, yakni seri EOS 70D, Canon EOS 80D ini memiliki beberapa , di antaranya:

  • Sensor APS-C 24 MP, meningkat dari 20 MP.
  • Rentang ISO 100-16000, dan bisa ditingkatkan ke 256000.
  • Sistem autofocus 45 titik. Semuanya cross-type yang sensitif dibandingkan 19 titik.
  • Sistem autofocus juga masih baik untuk kondisi cahaya yang sangat gelap.
  • Sistem autofocus Dual Pixel AF saat live view untuk foto dan video. Bisa untuk subjek bergerak/tracking. Pada seri Canon EOS 70D hanya untuk subjek tidak bergerak.
  • Ada tambahan built-in GPS untuk para petualang.
  • Format video lebih baik, yakni 1080/60p.

Teknologi lain yang juga sangat penting sebagai kamera modern adalah ditanamkannya teknologi nirkabel yang tepat di dalam desain yang kompak. Pengaturan exposure kamera, seperti aperture, shutter speed, ISO, fokus dan shutter bisa dioperasikan secara nirkabel menggunakan iOS atau Android perangkat yang kompatibel memanfaatkan aplikasi gratis Canon Camera Connect.

Dengan teknologi ini pengguna bisa melakukan penembakan dari jarak jauh, Bahkan dalam mode live view, untuk menembak pada posisi yang sulit untuk capture. Untuk meninjau gambar pada kamera ini pengguna bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan kamera dari dalam tas dan bisa mentransfer dan menyimpan gambar langsung dari kamera ke smartphone.

Harga Canon EOS 80D

Kamera canggih keluaran Canon ini dijual di pasaran dengan harga yang terbilang cukup tinggi. Namun nominal tersebut tentu saja dibarengi kualitas yang bisa diandalkan. Untuk body only, saat ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp14 jutaan - Rp15 jutaan. Sementara yang sudah dilengkapi dengan lensa bisa mencapai Rp20 jutaan. Berikut harganya yang ada di sejumlah toko kamera online.

Kamera Canon Harga (Rp)
Canon EOS 80D Kit EF-S 18-55mm IS STM 17.010.000
Canon EOS 80D Kit EF-S 18-135mm IS USM20.670.000
Canon EOS 80D Body Only 15.165.000

Dengan penambahan berbagai fitur terbarunya, tentu model kamera Canon EOS 80D menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang ingin memiliki kamera yang baik untuk pengambilan gambar maupun video. Bagi sebagian orang yang ingin mendapatkan kamera ini dengan harga yang lebih murah, biasanya mereka akan membeli kamera second atau bekas, namun dengan kualitas yang masih bagus.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR S500
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga dan Spesifikasi Kamera Canon EOS 80D Kit & Body Only"