Update Harga Burung Mozambik dan Tips Merawatnya

Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara binatang, khususnya burung, pasti Anda tidak akan bosan jika membahas segala informasi mengenai burung. Apalagi jika Anda seorang mania, tentu akan selalu mencari info mengenai burung, entah itu harga burung, vitamin burung, atau bahkan cara merawat burung. Nah, salah satu jenis burung yang disukai oleh para kicau mania adalah burung mozambik.

Burung Mozambik - sentrabudidaya.com
Burung Mozambik – sentrabudidaya.com

Burung mozambik, atau yang memiliki nama lain green singing finch/yellow fronted canary atau bisa juga disebut dengan Serinus mozambicus, merupakan salah satu spesies yang masih dekat dengan kerabatnya, yaitu kenari. Mozambik merupakan jenis burung yang aktif dan juga dapat menjadi sangat agresif, khususnya terhadap jenis burung finch lainnya apabila ditempatkan bersama dalam kandang koloni/aviary yang sempit.

Bacaan Lainnya

Burung ini digemari banyak mania yang ada di Indonesia. Mozambik memiliki suara kicauan yang sangat baik. Sebab, kicauannya bisa ngerol dan penuh variasi, juga memiliki irama yang sangat merdu. Burung ini juga sangat populer di kalangan penggemar burung kicauan. Sebab, bisa dijadikan untuk masteran burung kicau lainnya seperti halnya burung Murai Batu, Anis Merah, Kacer, Pentet, Jalak, Cucak Ijo, dan lain sebagainya.

Karakter Burung Mozambik

Burung mozambik termasuk dalam jenis singing finch, yakni burung jenis penyanyi yang pintar di dalam berkicau. Banyak orang yang menyebut burung ini dengan sebutan burung kenari Afrika. Pasalnya, mereka masih menyangka bahwa burung ini masih satu golongan dengan burung kenari, karena burung kenari juga berasal dari Afrika.

Baca juga  Update Harga Buah dan Bibit Pisang Cavendish di Pasaran

Unggas ini sudah terbiasa hidup di cuaca yang panas, maupun juga hidup di dataran yang gersang dan juga tandus. Karena itu, tak heran apabila burung mozambik ini termasuk jenis burung yang terbiasa hidup berkoloni atau burung yang berkumpul di dalam jumlah yang banyak.

Tak sedikit para penggemar burung yang memiliki anggapan jika suara yang berasal dari burung mozambik ini hampir sama dengan suara burung blackthroat. Karakter burung mozambik ini suaranya ngeroll, merdu, dan juga volumenya yang terdengar cukup lantang. Sebab, memiliki postur tubuh yang mungil dan kurang lebih hanya sekitar 11-14 cm.

Dikarenakan habitat aslinya berada di daerah beriklim panas, maka kita sebaiknya dapat mengadaptasikan hal ini dalam perawatan hariannya. Cara merawat burung mozambik sebenarnya juga sama dengan perawatan burung yang lainnya. Dalam merawatnya, Anda bisa memberikan lampu full spektrum apabila burung tersebut kerap diletakkan dalam ruangan atau secara rutin melakukan penjemuran.

Burung Mozambik - www.hbw.com
Burung Mozambik – www.hbw.com

Tips Merawat Burung Mozambik

  • Pagi hari burung mozambik dikeluarkan, kemudian jemur selama 2 sampai 3 jam, tetapi penjemuran tidak sampai melebihi diatas jam 10.00.
  • Setelah dijemur, burung bisa dimandikan dengan cara disemprot halus atau sediakan cepuk mandai dalam sangkarnya. Namun tidak semua mozambik mau mandi. Karena itu, mandi biasanya dilakukan beberapa hari sekali.
  • Berikan pakan bijian dengan racikan milet dan niger seed.
  • Berikan sayuran atau daun-daunan berwarna, terutama daun dandelion (randa tapak), krokot, serta buah-buahan seperti potongan apel.
  • Siapkan sotong yang bisa berfungsi sebagai sumber kalsium. Tulang sotong bisa juga dilembutkan kemudian taruh dicepuk terpisah.
  • Untuk menjaga kondisinya terutama saat musim dingin atau penghujan, burung bisa diberi multivitamin sesuai kebutuhan.
  • Telur rebus diberikan seminggu sekali untuk mencegah burung jadi gemuk dan malas berbunyi.
  • Saat sore hari, sangkar sebaiknya dikerodong penuh, supaya burung bisa beristirahat sampai esok harinya.
Baca juga  Info Jenis dan Update Harga Makanan Kucing Di Indomaret & Alfamart

Pakan Burung Mozambik

Burung mozambik sangat menyukai sayuran hijau jika dibandingkan jenis finch lainnya. Jadi, jangan lupakan sayuran atau daun-daun hijau, khususnya ketika dijemur dan beraktivitas. Pada habitat aslinya, mengonsumsi makanan atau sayuran hijau itu termasuk salah satu cara burung mozambik dalam memperoleh asupan air, khususnya untuk menyeimbangkan panas yang ada dalam tubuhnya.

Walaupun merupakan burung pemakan biji-bijian, mozambik juga termasuk burung pemilih. Mereka sering mengobrak-abrik cepuk pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya seperti milet serta niger seed. Jika burung mozambik Anda kerap mengacak-acak makanannya, berikan saja pakan campuran milet dan niger seed daripada Anda beri canary seed. Burung ini juga suka dengan pakan tambahan lainnya seperti kroto, telur puyuh, ulat hongkong, dan lain lainnya.

Harga burung mozambik memang sangat beragam, disesuaikan dengan jenis dan usianya. Jika Anda ingin membeli burung mozambik, Anda bisa siapkan budget sekitar Rp350 ribuan. Dengan nominal tersebut, Anda sudah dapat satu ekor burung mozambik anakan dengan kualitas yang cukup bagus. Untuk jenis mozambik gacor yang berkualitas baik dan punya banyak prestasi, harganya relatif mahal.

Baca juga  Info Review dan Update Harga Laser Hair Removal di Natasha Skin Care
Burung Kenari Mozambik (theflacks.co.za)
Burung Kenari Mozambik (theflacks.co.za)

Harga Burung Mozambik

Usia Burung Mozambik Harga
Burung Mozambik Anakan per Ekor Rp350.000
Burung Mozambik Bahan per Ekor Rp350.000
Burung Mozambik Berumur Impor per Ekor Rp650.000
Burung Mozambik Berumur Lokal per Ekor Rp750.000
Burung Mozambik Dewasa (/Betina) per Ekor Rp850.000
Burung Mozambik Materi Impor (Afrika) per Ekor Rp590.000
Burung Mozambik Materi Lokal per Ekor Rp400.000
Burung Mozambik Gacor untuk Lomba per Ekor Rp500.000
Burung Mozambik Sepasang Rp3.600.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga burung mozambik anakan hingga dewasa saat ini di relatif stabil. Namun, harga mozambik materi impor asal Afrika sedikit naik dari tahun lalu yang hanya Rp500 ribu, kini sekitar Rp590 ribu per ekor. Perlu Anda ketahui, harga burung mozambik di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola toko yang Anda kunjungi.

[Update: Ditta]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.