Info Terbaru Harga Cartridge HP 2135 Original (Black dan Color)

Biasanya, masing-masing printer memiliki tersendiri apabila pengguna ingin mengisi ulang tinta. Printer HP 2135 misalnya, bisa menggunakan cartridge HP 680, baik untuk Black (hitam) maupun Color (warna). Di pasaran, sudah banyak penjual dan toko komputer yang menawarkan cartridge ini dengan harga yang cukup bersahabat.

Cartridge printer HP (sumber: seputarprinter.com)
printer HP (sumber: seputarprinter.com)

Printer merupakan perangkat keras atau hardware yang digunakan untuk mencetak gambar dan dokumen. Dokumen tersebut bisa berupa tulisan, diagram, tabel, atau lainnya. Nah, agar dokumen tersebut bisa terbaca, maka dibutuhkan tinta printer, dan untuk ‘menyalurkan’ tinta ini, printer biasanya telah dibekali dengan alat yang disebut cartridge.

Bacaan Lainnya

Tinta untuk printer dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Model tinta pigment misalnya, merupakan jenis tinta berkualitas karena bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan dan gambar dengan hasil yang sangat tajam. Tinta ini umumnya bersifat pekat dan tahan air karena terbuat dari bahan air, colorant pigment, diluent, dan bahan lainnya.

Kemudian, ada juga tinta dye base, yang merupakan tinta yang terbuat dari bahan air dan colorant. Meski tinta ini diklaim bisa mengendap pada head cartridge, namun memiliki harga yang terjangkau dan hasil cetak yang bagus, sehingga banyak orang yang menggunakannya. Tinta dye base sendiri banyak digunakan pada jenis printer standar dengan hasil cetak lumayan baik.

Selain itu, tersedia pula tinta solvent, yang merupakan jenis tinta yang berkualitas baik karena mampu tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan jenis tinta printer lainnya. Tinta ini terbuat dari bahan cat duco dan beberapa bahan berkualitas lainnya. Tinta solvent umum dipakai untuk mencetak spanduk, banner, neon box, billboard, dan outdoor printing lainnya.

Jenis lainnya adalah tinta eco solvent yang mirip dengan tinta solvent, tetapi tidak terlalu tahan terhadap air dan sinar matahari. Kemudian, tersedia juga tinta sublimation ink yang merupakan tinta yang sering digunakan untuk printer infus dan mencetak tulisan atau gambar pada baju, kaos, keramik, dan bahan-bahan sablon lainnya. Terakhir ada tinta pigment art paper ink yang biasa digunakan untuk mencetak pada kertas art paper ivory yang memiliki gambar full colour.

Harga Printer HP 2135

Jika printer Anda kebetulan adalah seri HP 2135, tidak sulit mendapatkan -nya apabila Anda ingin mengisi ulang tinta. Cartridge yang cocok untuk printer tersebut, seperti diutarakan di atas, adalah seri HP 680. Di pasaran dalam negeri, harga cartridge ini cenderung murah, Rp126.500 hingga Rp165.000, baik yang hitam maupun warna. Harganya turun dari tahun lalu yang berkisar Rp141 ribuan sampai Rp164 ribuan.

Printer HP 2135 (sumber: pdscustom.com)

Isi Ulang Tinta Printer HP

  • Pastikan printer dalam kondisi mati.
  • Lepaskan seluruh kabel yang tersambung untuk memutus listrik yang terhubung ke printer.
  • Keluarkan dari dalam printer dengan hati-hati.
  • Buka stiker/label yang ada pada atas cartridge (menutupi lubang tinta).
  • Jika lubang tidak cukup besar untuk masuknya suntik, bisa diperbesar menggunakan solder, tentunya dengan hati-hati.
  • Jika lubang sudah ada, siapkan tinta, lalu suntik tinta secara perlahan ke dalam lubang sedikit demi sedikit, dan usahakan jangan sampai penuh.
  • Untuk hitam printer HP, hanya bisa disuntik tinta antara 3-5 cc (jangan sampai luber/tumpah karena mengisi terlalu banyak).
  • Untuk warna, ada 3 lubang. Jangan sampai salah tempat menyuntikkan warnanya.
  • Tutup lubang tinta dengan stiker yang tadi dilepas, lalu tambahkan dengan isolasi.
  • Bersihkan cartridge, jangan sampai ada noda di konektor. Bersihkan juga bagian head jika tinta keluar. Pastikan bersih seperti awal saat akan dimasukkan kembali ke printer.
  • Pasang kembali cartridge ke printer.

Sebaiknya, lihat dan baca terlebih dahulu seri printer atau seri cartridge yang disarankan pada bagian bungkus tinta refill. Jangan salah pilih karena hal ini akan menyebabkan kebocoran pada head printer. Perlu Anda ketahui juga, setiap seri tinta refill memiliki tingkat keenceran tinta yang berbeda. Hal ini akan memengaruhi serap spon yang ada dalam ruang cartridge. 

[Update: Ditta]

Pos terkait