Harga Daging Wagyu untuk Grill dan Yakiniku

No comment258 views

Bagi Anda penggemar grill atau yakiniku, pastinya sudah tidak asing dengan wagyu. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibanding jenis lainnya, banyak orang yang ingin membelinya sebagai konsumsi harian karena dikatakan punya yang cukup lezat.

Daging wagyu (sumber: maxzi.ae)

Daging wagyu (sumber: maxzi.ae)

Kelebihan Wagyu dan Cara Mengolahnya

Wagyu yang terkenal lezat dengan harga mahal menjadi primadona bagi banyak karnivora sejati. Wagyu sendiri merupakan istilah jenis daging yang berasal dari kosakata bahasa Jepang. Secara harfiah, huruf 'Wa' dan 'Gyu' yang ditulis dalam huruf kanji memiliki arti Jepang. Wagyu dianggap sebagai dengan kualitas premium. Sehingga, tak heran jika harganya tidak murah, baik di maupun di pasar.

Daging wagyu bisa dikatakan premium karena memiliki tekstur yang berbeda daripada daging pada umumnya. Pada biasa, setiap bagian daging memiliki kadar dan otot yang berbeda. Anda bahkan bisa melihat bagian daging dengan gumpalan yang padat dan kenyal. Sementara itu, pada daging wagyu, sel dalam otot sapi tersebar secara merata.[1] Bisa dikatakan bahwa setiap bagian daging sapi wagyu memiliki kadar lemak yang sama. Inilah yang membuat rasanya lezat dan lumer di mulut. Selain itu, daging sapi wagyu mudah diolah. Karena kandungan lemak dan otot daging tersebar merata, daging juga cepat matang.

Bagi Anda yang ingin wagyu, Anda bisa mencoba membuat yakiniku sendiri di rumah. Cara membuat yakiniku tidaklah sulit, namun pastikan Anda menyiapkan wagyu yang sudah diiris tipis sebanyak 250 gr. Wagyu memang dijual dengan ukuran dan potongan bermacam-macam. Jika Anda sudah jago dalam hal potong-memotong, Anda bebas memilih daging dengan berbagai macam potongan. Sementara itu, bagi pemula, Anda bisa langsung membeli daging wagyu khusus untuk yakiniku dengan irisan tipis kurang 0,5 cm.

Baca juga  Info Lengkap Harga Tepung Tapioka di Alfamart dan Indomaret

Tidak sulit menemukan daging wagyu khusus untuk yakiniku di pasar, apalagi minimarket. Anda bisa langsung menemukan daging tersebut di tempat daging segar potong. Selain tersedia dalam berbagai macam irisan, biasanya daging wagyu yang dijual di mall dibedakan berdasarkan beratnya. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Siapkan juga bahan lainnya, seperti 1 buah bawang bombay, 1 buah paprika ukuran kecil, saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada bubuk, air, garam, gula, 3 siung bawang putih, dan 1 cm jahe. Setelah semua bahan terkumpul, siapkan juga peralatan masak, seperti blender, wajan, kompor, pisau, dan lain sebagainya.

Geprek bawang putih dan jahe, lalu haluskan dengan blender. Jika bumbu sudah halus, siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak untuk menumis. Tumis bumbu tersebut dengan api kecil agar tidak mudah gosong. Jika bumbu sudah mengeluarkan aroma jahe dan bawang yang khas, masukkan irisan daging wagyu. Pastikan daging sudah dicuci hingga bersih dan dimarinasi dengan sedikit garam, sehingga daging memiliki rasa yang gurih.

Mengolah daging wagyu (sumber: japanbyjapan.com)

Mengolah daging wagyu (sumber: japanbyjapan.com)

Aduk daging dan tumisan bumbu hingga menjadi setengah matang atau warnanya agak berubah menjadi pucat. Tambahkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, lada bubuk, garam, dan gula secukupnya. Setelah bumbu meresap ke dalam daging, tambahkan air secukupnya. Masak daging hingga empuk dan airnya menyusut.

Sambil menunggu tekstur daging menjadi empuk, Anda bisa mulai mencuci dan memotong bawang bombay dan paprika. Paprika bisa diganti dengan potongan cabai hijau atau cabai merah besar, supaya tekstur kedua sayur tersebut tidak terlalu lembek dan masih memiliki tekstur yang krispi.Setelah dua bahan tersebut dipotong, masukkan ke dalam wajan dan aduk sebentar. Jangan lupa untuk mencicipi rasa masakan Anda sebelum dihidangkan. Nah, daging yang sudah empuk dengan aneka sayur lengkap tersebut bisa langsung dihidangkan bersama nasi yang hangat.

Baca juga  Harga Kue Kering Harvest Lengkap Semua Varian

Sebagai tips, bila masakan memiliki kuah yang terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air. Akan lebih lezat dan gurih lagi jika air diganti dengan kaldu sapi atau kaldu ayam. Selain itu, bagi Anda yang suka makan yakiniku ala Hokben dengan saus yang kental dan taburan wijen, Anda bisa menambahkan sedikit tepung maizena sebagai pengental saus dan taburan biji wijen yang sudah disangrai.

Selain dimasak yakiniku, wagyu paling nikmat di-grill ala Korea. Caranya mudah dan cocok bagi pemula, yang penting Anda memiliki wajan teflon atau alat grill seperti di restoran Korea. Setelah itu, siapkan daging wagyu sebanyak 150 gr, 2 siung bawang putih, 2 sendok makan saus teriyaki atau saus tiram, 1 sendok teh kecap asin atau kecap ikan, 1 sendok teh kecap manis, garam, gula, dan minyak cabai.

Sebelumnya, daging wagyu harus dicuci dan dibersihkan dulu. Setelah itu, masukkan daging ke dalam mangkuk dan tambahkan bawang yang sudah dihaluskan, saus teriyaki atau saus tiram, kecap asin atau kecap ikan, kecap manis, garam, gula, dan minyak cabai secukupnya. Marinasi daging tersebut selama 2 jam dengan permukaan wadah yang ditutup plastik wrap.

Siapkan alat bakaran dan olesi wajan teflon dengan sedikit butter. Daging yang sudah dimarinasi bisa langsung di-grill. Proses grill tidak usah lama-lama, biasanya sekitar 1 hingga 2 menit. Untuk saus celupan, Anda bisa memakai saus bawang putih, minyak cabai, saus teriyaki, dan minyak wijen. Agar lebih lezat, Anda bisa menambahkan sayur, seafood, dan jamur sebagai pendamping bakaran.

Baca juga  Harga Roma Kelapa Kaleng dan Plastik di Pasaran

Sebelum membuat daging wagyu di atas, pastikan Anda sudah membeli daging wagyu dengan kualitas terbaik. Selain itu, pastikan Anda mengetahui harga daging wagyu di pasaran. Sehingga Anda bisa memperkirakan anggaran belanja untuk dua tersebut.

Harga Wagyu

Sajian stik daging wagyu

Sajian daging wagyu

Merek/Jenis WagyuHarga (Rp)
Joinhed Wagyu Premium 200 gr28.000
Hipomarts Wagyu Saikoro 150 gr29.500
Ribeye Meltique Wagyu Kazoku Beef Steak 200 gr38.000
Mit Meat Wagyu Meltique Potong Acak 500 gr40.000
Blisskitchen Kazoku Striploin Wagyu Meltique 200 gr41.000
Tenderloin Round Wagyu Meltique 200 gr42.900
Beef Steak Wagyu Tenderloin Meltique 200 gr47.000
Central Kitchen Wagyu Sirloin Meltique 200 gr47.000
Frozenology Wagyu Round Tenderloin 200 gr47.000
Healthymeats Wagyu Round Steak 200 gr50.000
Sirloin Wagyu Meltique Premium 200 gr51.000
Hipomarts Wagyu Saikoro 250 gr55.000
Joinhed Saikoro Wagyu Beef Cubed Steak 500 gr70.000
Mit Meat Wagyu Meltique Potong Acak 1 kg75.000
Hipomarts Wagyu Saikoro 500 gr105.000
William Meat Shop Wagyu Meltique Mess 1 kg120.000
William Meat Shop Saikoro Wagyu 500 gr120.000
DagingQu Wagyu Sirloin Mess 1 kg120.000
Santory Beef Wagyu Mess 825 gr149.000

Harga wagyu di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Selain bisa mendapatkan wagyu secara online, Anda juga bisa membelinya di pasar daging atau pusat perbelanjaan. Perlu diingat, harga wagyu di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Ratna, Maharani Putri. 2017. Penerimaan Wagyu Sebagai Shoku Bunka Jepang di Indonesia. HUMANIKA, Vol. 34(2): 110-117.

loading...
author

Leave a reply "Harga Daging Wagyu untuk Grill dan Yakiniku"