Info Harga Daging Wagyu A5 & A6 di Pasaran

Anda pernah mencicipi kelezatan steak daging wagyu? Daging asal Jepang ini memang memiliki aroma, tekstur, dan cita rasa yang khas karena persebaran lemaknya yang merata. Tak heran jika kemudian harga daging wagyu kualitas tinggi seperti grade A5 dan A6 cukup mahal.

Daging wagyu (sumber: wagyushop.com)
Daging wagyu (sumber: wagyushop.com)

Apa Itu Daging Wagyu?

Belakangan ini, wagyu menjadi primadona di antara beberapa jenis daging sapi yang disajikan di restoran. Wagyu sendiri sebenarnya berasal dari kata wa (和)’Jepang’ dan gyu (牛)’sapi’. Secara harfiah dapat dipahami bahwa wagyu adalah ‘(daging) sapi Jepang’. (Wakan) Wagyu yang saat ini dianggap sebagai daging sapi dengan kualitas terbaik biasanya dibanderol dengan harga mahal di restoran.

Bacaan Lainnya

Wagyusebenarnya bukan merupakan nama ras sapi tertentu, melainkan secara harfiah berarti ‘sapi Jepang’. Namun tentu saja tidak semua sapi Jepang disebut dengan Wagyu, hanya sapi yang memiliki karakteristik tertentu yang dapat disebut dengan Wagyu.

Pada pemerintahan Shogun tahun 1635 – 1838, dikeluarkan perintah untuk menutup seluruh peternakan di Jepang serta melarang masyarakatnya untuk memakan hewan ternak berkaki empat. Hal tersebut didukung dengan kuatnya pengaruh agama Buddha pada zaman tersebut di mana para pendeta Buddha melarang pengikutnya untuk memakan daging sapi.

Selain itu, mengingat makanan pokok Jepang adalah nasi, maka pemerintah memutuskan untuk memperluas lahan pertanian dan menutup peternakan, sehingga hewan-hewan ternak pada masa tersebut—termasuk sapiWagyu—digunakan sebagai hewan yang diperbantukan untuk proses pembajakan .

Selain membajak sawah, sapi Wagyu dahulu juga digunakan untuk menarik alat transportasi. Sapi Wagyu dipilih karena memiliki daya tahan fisik yang baik sehingga dianggap sangat cocok untuk ternak pekerja. Daya tahan fisik yang baik pada Wagyu berasal dari sel lemak dalam ototnya yang dipercaya tersebar merata pada permukaan dagingnya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang disertai dengan kemajuan teknologi, sapi Wagyu tidak lagi dijadikan ternak pekerja. Namun caramenernak sapi Wagyu yang membuatnya memiliki daya tahan fisik yang baik tetap dipertahankan hingga sekarang. Oleh karena itu, sapi Wagyu sekarang ini diternak dengan tujuan yang berbeda dengan dahulu.

Sapi Wagyu yang dahulu digunakan sebagai ternak pekerja, kini posisinya telah digantikan oleh alat-alat modern. Sapi Wagyu kini diternak dengan tujuan untuk dijadikan bahan makanan. Tidak hanya sekedar bahan makanan , melainkan bahan makanan berupa daging sapi kualitas tinggi. Hal tersebut mengingatsel lemak dalam otot sapi Wagyu tersebar merata sehingga lezat untuk dikonsumsi.

Perlahan mulai mengenal dan merasa ingin tahu tentang bagaimana rasa Wagyu yang terkenal dengan marbling atau persebaran lemak yang merata. Setelah merambah industri-industri tersebut, perlahan-lahan permintaan Wagyu oleh konsumen mulai bertambah. Berbagai menu dengan olahan Wagyu mulai diminati. Apalagi dengan dikeluarkannya fatwa halal Wagyu oleh MUI pada tahun 2015. Sapiwagyubersertifikat halal tidak diberikan sake seperti layaknya sapi wagyu yang lain, melainkan hanya air mineral.[1]

Daging wagyu A5 & A6
Daging wagyu A5 & A6

Tentang Daging Wagyu A5 dan A6

Dilansir dari Detik, angka untuk wagyu ada 1, 2, 3, 4, dan 5. Angka ini menunjukkan kualitas wagyu. Dinilai berdasarkan kriteria marbling (sebaran lemak), warna daging, tekstur daging, dan warna lemak. A5 yang disematkan pada namawagyu merujuk pada wagyu grade teratas berdasar kriteria penilaian dari Japan Meat Grading Association. Sedangkan kode A merujuk pada proporsi daging paling banyak.

Belum lama ini juga masuk daging wagyu yang grade-nya lebih tinggi, yakni A6. Daging ini kabarnya baru masuk Indonesia pada awal 2021 dan diimpor dari Matsusaka, Jepang. Tekstur daging wagyu A6 kabarnya cukup lembut dan langsung meleleh di mulut. Rasanya pun unik dan memiliki karakteristik yang kuat. Oleh sebab itu, harganya pun selangit.

Harga Daging Wagyu A5 & A6

Jenis Daging Wagyu Harga (Rp)
A5 Wagyu Thin Slices 200 gram 180.000
Wagyu A5 chuck flap/zabuton sliced 5 mm 100 gr 378.900
Japanese Wagyu Beef Filet Mignon A5 200 gr 857.900
WagyuStriploin A5 610 gr 2.241.960
Wagyu Beef Picanha A6 Steak 2 kg 13.000.000

Informasi harga daging wagyu A5 dan A6 di atas dirangkum dari berbagai sumber. Harga daging wagyu A5 & A6 dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga daging wagyu A5 dan A6 yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung promo atau penawaran pihak penjual.

[1] Ratna, MP. 2017. Penerimaan Wagyu Sebagai Shoku Bunka Jepang Di Indonesia. Humanika. 24(2): 110-117.

Pos terkait