Manfaat, Kandungan Nutrisi, dan Harga Daging Kambing 1 Kg di Pasaran

Seperti bahan kebutuhan pokok lainnya, harga di memang cenderung fluktuatif, termasuk . Sesekali harganya turun, namun lebih sering juga mengalami kenaikan. Seperti pada tahun 2018 lalu, dilansir dari Info Pangan Jakarta, harga 1 kg mulai Rp100 ribu, sedangkan di tahun 2019, harganya mulai Rp120 ribu per kg.

Daging Kambing

Daging kambing matang (sumber: practicalselfreliance.com)

Daging kambing matang (sumber: practicalselfreliance.com)

Tidak hanya citarasa yang lezat, tetapi daging kambing juga menawarkan banyak manfaat. Selain sebagai lauk, daging kambing juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa orang percaya, dengan mengonsumsi daging kambing, dapat membuat tubuhnya kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Manfaat lain dari daging kambing, yaitu mengatasi anemia dan darah rendah.

Bagi Anda yang memiliki gangguan darah rendah atau sering pusing karena anemia, bisa mengonsumsi daging kambing. zat besi pada daging kambing dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah, sehingga akan menstabilkan tekanan darah Anda yang menurun.

Daging kambing juga baik untuk dikonsumsi oleh hamil. Bagi hamil yang sering mengalami gejala anemia, akan dianjurkan untuk mengonsumsi daging kambing dengan porsi secukupnya. Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter mengenai jumlah takaran daging kambing yang harus dikonsumsi. Setiap hamil memiliki kondisi berbeda-beda, dan dengan mengidentifikasinya, dokter dapat menentukan porsi yang pas untuk Anda.

Baca juga  Manfaat, Specs dan Harga Box Culvert Semua Ukuran

Ada juga beberapa penyakit kronis yang dapat dicegah dengan mengonsumsi daging kambing, seperti stroke dan ginjal. Kandungan nutrisi seperti kalium dan sodium pada daging kambing dapat membantu Anda untuk mencegah dua penyakit tersebut. Namun, untuk mencegah kedua penyakit tersebut dengan mengonsumsi daging kambing, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak memiliki kadar kolesterol tinggi.Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Daging kambing juga salah satu bahan makanan yang baik untuk salah satu menu diet Anda. Hal ini berdasarkan data pertanian AS, daging kambing dikatakan memiliki lemak dan kalori lebih sedikit dibanding dengan jenis daging merah lainnya, seperti sapi dan domba. Daging kambing juga diklaim memiliki lemak lebih sedikit dibandingkan jenis daging ayam. Cocok untuk Anda yang sedang diet tapi masih ingin mengonsumsi daging. Ada banyak sekali menu diet dengan daging kambing, seperti sandwich, salad, dan kebab.

Masih banyak sekali manfaat daging kambing yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya dalam waktu berkala. Ada baiknya juga jika Anda tidak mengonsumsi secara berlebihan, walaupun daging kambing baik untuk kesehatan. Manfaat pada daging kambing tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya kandungan nutrisi pada daging kambing. Bagi Anda yang penasaran dengan kandungan nutrisi pada daging kambing, berikut kami sampaikan rinciannya.

Baca juga  Harga Bebek Petelur (Afkir, Siap Telur, DOD)

Kandungan Nutrisi 100 gr Daging Kambing

Daging kambing (sumber: wildmeat.co.uk)

Daging kambing (sumber: wildmeat.co.uk)

NutrisiJumlah Nutrisi
Protein27 gr
Kalori143 kkal
Lemak3 gr
Kolesterol75 mg

Kandungan nutrisi di atas juga diperkuat oleh beberapa komponen penting, seperti fosfor, zat besi, vitamin B12, dan selenium. Banyaknya kandungan nutrisi tersebut juga baik untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Kebanyakan orang memang membeli daging kambing untuk mendapatkan manfaat dalam hal kesehatan.

Banyaknya nutrisi dan rasanya yang lezat, membuat daging kambing masih digemari hingga saat ini. Namun, untuk mendapatkan rasa yang pas, cara memotong daging kambing pun tidak bisa sembarangan. Dengan cara yang benar, daging kambing tidak akan berbau. Seperti yang kita tahu, daging kambing memiliki bau yang khas dan tidak semua orang suka. Untuk menghilangkan baunya, biasanya orang memotong daging kambing dengan cara khusus dan hanya diketahui oleh ahlinya.

Cara menghilangkan daging kambing tidak hanya dari cara memotong yang benar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum mengolahnya. Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau pada daging kambing, yaitu dengan membuat bahan rendaman dari rempah-rempah dan jeruk lemon. Bahan rendaman ini tidak akan membuat kadar nutrisinya berubah. Rendaman rempah-rempah bisa Anda buat menggunakan beberapa jenis rempah, seperti jahe, lengkuas, serai, dan kunyit dengan sedikit tambahan daun jeruk dan jeruk lemon. Daging kambing mentah bisa Anda rendam dulu selama 1 hingga 2 jam untuk menghilangkan baunya sebelum diolah.

Baca juga  Harga Masker Safety Anti Debu (Respirator)

Harga Daging Kambing

Daging kambing di pasar (sumber: theglobalandmail.com)

Daging kambing di (sumber: theglobalandmail.com)

Meski harganya tidak stabil, namun permintaan daging kambing di pasaran seringkali meningkat. Kebanyakan pembeli daging kambing adalah pengusaha rumah makan atau ibu-ibu yang ingin memasak dengan bahan dasar daging kambing. Untuk porsi yang dibeli pun bermacam-macam. Jika pembeli adalah seorang pengusaha, biasanya mereka lebih suka membeli dalam jumlah besar. Tak jarang pula mereka membeli daging kambing dalam jumlah ekor.

Kambing sendiri per ekornya dijual mulai Rp900 ribu untuk kecil, sedangkan untuk jenis kambing berukuran besar harganya bisa mencapai Rp4 juta per ekor. Ada juga harga khusus untuk daging kambing kurban dengan kisaran harga mulai Rp1,5 juta per ekornya. Bagi Anda yang ingin membeli daging kambing per ekor, biasanya akan diberi pilihan mulai dari usia kambing, hingga berat kambing yang diinginkan.

Jika Anda ingin membeli daging kambing sebagai bahan konsumsi dan hanya membutuhkan daging kambing 1 kg, Anda bisa mengeluarkan anggaran mulai Rp120 ribu. Harga ini tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

author

Leave a reply "Manfaat, Kandungan Nutrisi, dan Harga Daging Kambing 1 Kg di Pasaran"