Info Harga Insektisida Curacron (Ukuran 100 ml, 250 ml, 500 ml)

Curacron 500EC adalah salah satu pestisida yang tergolong ke dalam insektisida atau akarisida yang diproduksi oleh PT. Syngenta Indonesia. Dalam insektisida Curacron 500EC sendiri memiliki kandungan aktif Profenofos 500 g/l.

Curacron Instektisida (sumber: Tokopedia)

Curacron Instektisida (sumber: Tokopedia)

Curacron 500EC mempunyai sifat sebagai racun kontak dan lambung, dengan formulasi Emulsible Concentrate atau disingkat EC. Formula EC sering kita kenal dengan cairan pekat yang larut dengan air. Adapun warna dari formulasi Curacron 500EC adalah kuning kecokelatan.

Insektisida Curacron 500EC bisa Anda digunakan untuk membasmi sejumlah , antara lain kutu daun, ulat grayak, ulat tanah, lalat buah, jangkrik, penggerek daun, penggerek batang, penggerek buah dan thrips. Curacron 500EC memiliki efek translaminarnya, yaitu dapat menjangkau yang ada di balik daun.

Dalam bertanam cabai, dapat melakukan penyemprotan insektisida Curacron saat berumur 10 hari setelah tanam. Konsentrasi insektisida antara 1,0-1,6 liter Curacron yang dilarutkan dalam 500-800 liter air. Curacron ini digunakan untuk pengendalian serangan ulat grayak, lalat buah, dan kutu daun. Penyemprotan ulang dilakukan setiap 10 hari sekali.[1]

Baca juga  Info Harga Buah Anggur Merah di Pasaran

Tanaman dan Hama Sasaran Curacron

  • Tanaman cabai: Curacron 500EC dapat mengendalikan hama pada tanaman cabai seperti kutu daun, lalat buah, ulat grayak, ulat tanah, thrips, dan jangkrik.
  • Tanaman Bawang merah: insektisida Curacon 500EC bisa digunakan untuk mengendalikan hama ulat grayak (Spodoptera litura).
  • Tomat: untuk mengendalikan Ulat buah (Heliothis armigera) pada tanaman tomat.
  • Semangka: hama yang menyerang tanaman semangka seperti kutu daun, thrips, penggerek daun, penggerek batang, penggerek buah, lalat buah dapat dikendalikan dengan insektisida Curacron 500EC.
  • Kubis: insektisida Curacron 500EC bisa mengendalikan hama pada tanaman kubis seperti Ulat grayak, perusak daun (Crocidolomia binotalis dan Plutella xylostella).
  • Kacang hijau: untuk mengendalikan hama seperti perusak daun dan ulat grayak.
  • Kapas: Bagi Anda yang bergerak dalam tanaman kapas, insektisida Curacron 500EC dapat mengendalikan hama penggerek buah (Earias sp.), penggerek pucuk (Heliothis sp.) pada tanaman kapas.
  • Tembakau: hama tanaman tembakau seperti Penggerek pucuk (Heliothis sp.) dan ulat grayak (Spodoptera litura) bisa dikendalikan dengan insektisida Curacron 500EC.
  • Tebu: hama yang menyerang tanaman tebu seperti hama Penggerek batang (Chilo auricilius dan C. saccharipagus) dapat dikendalikan dengan insektisida Curacron 500EC.
  • Jeruk: pada tanaman Jeruk, insektisida Curacron 500EC bisa dipakai untuk mengendalikan hama Diaphorina citri74 dengan cara dan dosis yang dianjurkan seperti tertera di dalam kemasan.
Ilustrasi: Pria Menyemprot Insektisida (sumber: medicalxpress.com)

Ilustrasi: Pria Menyemprot Insektisida (sumber: medicalxpress.com)

Dosis & Aturan Pakai Curacron

  1. Larutkan 0,5 ml – 1 ml Curacron 500EC ke dalam 1 liter air.
  2. Masukkan dalam sprayer/tabung semprotan.
  3. Semprotkan larutan Curacron tersebut pada bagian tanaman yang dikehendaki atau yang terkena serangan hama.
Baca juga  Info Lengkap Harga Kelapa Kopyor dan Bibit di Pasaran

Keunggulan Curacron

  • terjangkau, dapat menekan biaya produksi
  • Berbentuk cairan mudah larut dalam air dan tidak menimbulkan endapan, sehingga diklaim efektif digunakan dengan metode penyemprotan serta tak menimbulkan penyumbatan pada alat semprot.
  • Memiliki daya simpan yang lama walaupun tutup kemasan telah dibuka.
  • Hama sasarannya luas.
  • Irit dan hemat. Dosis penggunaannya sedikit, hanya 0,5 – 1 ml per liter air.
  • Bekerja secara kontak dan lambung, sehingga lebih cepat bereaksi dan efektif untuk mengendalikan hama yang memiliki mobilitas tinggi, seperti belalang dan penggerek daun.
  • Mampu menembus jaringan daun berkat efek translaminar.

Harga Curacron

CuracronHarga
Curacron 500 EC 100 mlRp30.500 – Rp40.000
Curacron 500EC 250mlRp73.000 – Rp82.500
Curacron 500 EC 500 mlRp125.000 – Rp146.000

Informasi harga Curacron di atas diperoleh dari berbagi sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga Curacron dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Selain itu, harga Curacron yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Anda bisa membeli Curacron di sejumlah toko tani terdekat. Namun, jika kesulitan menemukan distributor Curacron di sekitar Anda, maka Anda juga bisa membeli insektisida Curacron 500EC secara online melalui sejumlah situs e-commerce.

Baca juga  Harga Pisang Tanduk per Buah dan per Sisir

[1] Setiadi. 2006. Bertanam Cabai. Jakarta: Penebar Swadaya.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Insektisida Curacron (Ukuran 100 ml, 250 ml, 500 ml)"