Update Harga Cup Feeder Bayi dan Mug Anti Sedak Balita

Sebagian orang menyimpan ASI Perah (ASIP) ke dalam kantong khusus. Namun, kantong plastik tersebut hanya dapat menyimpan ASIP kurang dari 72 jam. Untuk itu, Anda perlu segera memberikannya pada bayi. Selain dot, ada pula cup feeder yang dapat digunakan sebagai media pemberian ASI untuk bayi baru lahir agar tidak tersedak. Cup feeder hadir dalam berbagai merk dengan harga bervariasi.

Penggunaan cup feeder (sumber: orami.co.id)
Penggunaan cup feeder (sumber: orami.co.id)

yang dianjurkan untuk menyimpan ASIP merupakan wadah yang keras dan terbuat dari kaca atau keras. tersebut dapat menyimpan ASIP dalam jangka waktu yang lama. Wadah yang kedap udara juga diperlukan agar bakteri dan jamur tidak dapat berkembang pada ASIP.[1]

Bacaan Lainnya

Cup feeder menjadi perlengkapan penting yang disarankan sebagai media pemberian ASIP. kecil mirip sloki ini dapat mencegah bayi yang baru lahir merasa bingung saat diberikan ASIP melalui dot. Penggunaan cup feeder tersebut mampu menjaga bayi tetap menyusu pada ibunya.

Sebelum menggunakan cup feeder, pastikan posisi bayi Anda merasa nyaman agar tidak tersedak. Pasalnya, saat menggunakan cup feeder, bayi tidak mengenyot payudara seperti ketika menyusui langsung, melainkan mencoba menyeruput atau minum ASI seperti orang dewasa. Jika bayi Anda baru lahir, ada baiknya menggunakan cup feeder khusus dengan corong di bagian ujungnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Diabetasol 180 Gram (Vanilla, Chocolate, & Cappuccino)

Meski menyusui dengan cup feeder cocok untuk semua bayi, disarankan hanya digunakan pada kondisi-kondisi tertentu. Kondisi tersebut meliputi, bayi prematur, bayi yang mengalami kesulitan menyusui, bayi yang menolak payudara, hingga ibu terkendala menyusui karena alasan tertentu. Jika Anda harus menggunakan cup feeder untuk pertama kalinya, maka  lebih baik meminta bantuan ahli atau konsultan laktasi.

Pemakaian Cup Feeder untuk Bayi

  • Gendong bayi di pangkuan dan posisikan bayi dengan kepala agak tegak, gunakan tangan Anda untuk menopang bahu dan leher bayi.
  • Gunakan cup feeder yang sudah diisi ASI perah.
  • Tempelkan cup feeder ke bibir bayi.
  • Saat lidah bayi sudah menjulur, miringkan hingga bayi mampu menjangkau ASI dan meminumnya.
  • Biarkan bayi menyeruput dan perhatikan aliran ASIP dalam sloki.

Agar bayi Anda tidak tersedak, berikan ASIP secara perlahan. Jika bayi bergerak dan menggerakkan tangannya, pertimbangkan untuk membedong tangannya dengan selimut tapi jangan terlalu kencang. Anda dapat meletakkan atau waslap di bawah dagu bayi sebelum memberikan ASI. Secara umum, pemberian ASI dengan cup feeder tidak boleh lebih dari 30 menit. Faktanya, memberi susu dengan cup feeder bisa dilakukan dengan waktu yang sama saat menyusu di payudara, yakni 10-15 menit di setiap sisi. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba menggunakan cup feeder, berikut beberapa merk recommended cup feeder di pasaran.

Baca juga  Update Harga Roti Tawar Biasa (Indomaret, Alfamart, Warung)
Cup feeder (sumber: path.org)
Cup feeder (sumber: path.org)

Harga Cup Feeder

Merk Cup Feeder Kisaran Harga
Cup Feeder Little Giant Rp13.500
Unimom Baby Cup Feeder Rp14.000
KAZU KBK134 Cup Feeder Bayi Rp31.000
Little Baby Claire Baby Cup Feeder Rp17.000
Unimom Baby Cup Feeder isi 2 pcs Rp32.500
Medela Soft Cup Feeder Rp662.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cup feeder di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Sebagai contoh, cup feeder Little Giant yang semula dijual seharga Rp10.500, sekarang naik menjadi Rp13.500. Sementara itu, harga cup feeder Little Baby Claire Baby justru turun dari Rp20 ribu, kini hanya Rp17 ribu.

Meski memiliki kelebihan membantu bayi terhindar dari bingung puting, Anda tetap perlu memperhatikan penggunaan cup feeder. Kekurangan pemakaian cup feeder adalah membutuhkan waktu lebih lama selama meminumkan ASI karena harus konsentrasi tinggi agar bayi tidak tersedak. Selain cup feeder, Anda juga dapat memakai spoon feeder, tetapi penggunaan tersebut tidak disarankan untuk media pemberian ASIP sama halnya dengan pemakaian dot.

Baca juga  Info Harga Vicks Vaporub (Baby Balsam) untuk Bayi
Cup feeder untuk balita (sumber: shutterstock)
Cup feeder untuk balita (sumber: shutterstock)

Mug Anti Sedak untuk Balita

Semakin besar usia bayi, daya isapnya semakin besar, sehingga memerlukan sloki atau yang lebih besar. Apabila sudah balita, Anda dapat mencoba mengganti cup feeder dengan gelas mug berbahan BPA free karena terdapat pegangan untuk melatih anak menggenggam. Ada berbagai merk mug anti sedak dengan berbagai desain yang lucu di pasaran.

Harga Mug Anti Sedak

Merk Mug Anti Sedak Kisaran Harga
Mug Anti Sedak Lusty Bunny Rp11.000
COCONI Mug Anti Sedak Rp93.500
Philips Avent Classic Spout Cup 7OZ Rp108.900
Mug Anti Sedak Pigeon 110 ml Rp110.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mug anti sedak di pasaran saat ini cenderung turun. Misalnya, mug anti sedak Lusty Bunny yang semula dijual seharga Rp12 ribu, kini menjadi Rp11 ribu. Begitu pula dengan harga mug anti sedak Pigeon turun dari Rp132 ribu menjadi Rp110 ribu. Anda dapat membelinya di toko perlengkapan bayi maupun supermarket terdekat.

[1] Tim Admin Grup Sharing ASI MPASI. 2015. Superbook for Supermom: Bagian 3. Jakarta: FMedia, hlm. 89

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.