Info Komposisi dan Harga Cuka Makan Dixi di Pasaran

Sensasi rasa asam memang menambahkan rasa segar pada . Beberapa bumbu sengaja ditambahkan untuk menciptakan rasa asam dalam , baik rasa asam yang dominan maupun lembut, sehingga dapat menyegarkan . Bumbu-bumbu pemberi rasa asam yakni, tomat, belimbing wuluh, asam jawa, jeruk nipis, dan cuka. Cuka kerap digunakan karena dinilai lebih praktis. Salah satu cuka yang cukup laris di pasaran dengan terjangkau yakni Dixi.

Cuka (sumber: davidsuzuki.org)

Cuka (sumber: davidsuzuki.org)

Cuka (vinegar) adalah larutan yang diproduksi dengan memakai bakteri (Acetobacter). Kata vinegar berasal dari Bahasa Prancis yakni vin aigre yang artinya anggur asam. Cuka menghasilkan rasa asam karena memiliki asam asetat. Pada umumnya, cuka mengandung 4-8% asam asetat.

Asam asetat merupakan komponen yang menyebabkan bau dan rasa asam pada cuka. Asam asetat yang digunakan dalam industri makanan adalah asam cuka khusus untuk makanan atau food grade acetic acid. Selain menambahkan rasa asam, senyawa kimia organik ini juga berperan sebagai pengawet bahan makanan.

Baca juga  Info Lengkap Harga Whipped Cream Bubuk Pondan dan Cara Membuat Whippingnya

Cuka dibuat dari yang mengandung alkohol seperti wine, bir, hingga jus buah fermentasi yang kemudian difermentasikan oleh bakteri dengan bantuan oksigen. Cuka komersial diproduksi dengan cepat maupun lambat. Metode pembuatan cara lambat umumnya digunakan pada pembuatan cuka secara tradisional yang menghabiskan waktu hingga beberapa minggu.[1]

Cuka makan Dixi diproduksi oleh PT. Sidola di Kota Bandung dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Cuka Dixi telah memenuhi standar makanan, sehingga aman digunakan untuk berbagai makanan maupun masakan. Dihasilkan dari pengolahan modern yang higienis, menghasilkan terbaik dibandingkan dengan cuka makan yang lain. Kelebihan cuka Dixi yakni tidak mengubah tampilan dan warna dari makanan itu sendiri.

Salah satu contoh penggunaan cuka makan Dixi adalah untuk produk makanan acar. Pembuatan acar ditujukan untuk mengawetkan bahan makanan sehingga dapat bertahan lebih lama. Selain sebagai pengawet, penambahan cuka Dixi dapat melezatkan masakan, misalnya bakso, rujak cuka hingga pempek. Cuka Dixi tidak tersedia dalam kemasan 1 liter, melainkan 100 ml, 150 ml, 650 ml, hingga 30 liter.

Baca juga  Info Terbaru Harga Emas 18KGP di Pasaran

Cuka Dixi yang ditambahkan pada makanan akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan meliputi meningkatkan penyerapan kalsium, mengontrol kadar gula darah, menghilangkan racun, mengontrol berat badan, hingga dapat menurunkan kolesterol. Meski begitu, Anda tetap tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan karena tidak semua orang bisa mengonsumsi cuka apalagi rasa asamnya sangat pekat. Bagi Anda yang memiliki asam lambung bisa kambuh dan terjadi heartburn. Konsumsi berlebihan juga bisa membuat gigi jadi menipis karena terkikis perlahan-lahan. Untuk menghindari efek samping ini, disarankan agar mengonsumsi cuka Dixi secukupnya.

Komposisi Cuka Dixi

Cuka Dixi (sumber: gloriapersada.com)

Cuka Dixi (sumber: gloriapersada.com)

Cuka Dixi terbuat dari dua komponen, di antaranya asam asetat glasial 25% dan 75%. Untuk membuat larutan 5%, maka Anda dapat mencampurkan 1 bagian larutan cuka makan ini dengan 4 bagian .

Anda perlu berhati-hati saat mencampurkan cuka Dixi, karena terkadang cairannya dapat menimbulkan rasa sakit dan perih saat terkena yang sensitif. Jadi, sebisa mungkin untuk tidak menumpahkan cuka Dixi konsentrasi tinggi ke atau mengonsumsi cuka tersebut tanpa mengencerkannya. Lalu, berapa harga Cuka Dixi saat ini?

Baca juga  Update Info Terbaru Harga Bibit Ikan Gurame Super di Pasaran Saat Ini

Harga Cuka Dixi Berbagai Kemasan

Varian Cuka DixiHarga (Rp)
Cuka Dixi 100ml5.000
Cuka Dixi 150 ml7.000
Cuka Dixi 650 ml14.500
Cuka Dixi 650 ml 1 dus152.000
Cuka Dixi 100 ml per dus (60 pcs)188.088
Cuka Dixi 150 ml per dus (60 pcs)244.400

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Perlu diketahui, mungkin Anda tidak akan menemukan produk ini di Indomaret terdekat, untuk itu Anda dapat membelinya di toko grosir. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu bepergian, maka tak ada salahnya memesan cuka Dixi melalui situs online dengan harga bersaing.

[1] Garjito, Murdijati. Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013), hlm. 67

author

Leave a reply "Info Komposisi dan Harga Cuka Makan Dixi di Pasaran"