Update Harga Cuka Apel untuk Wajah dan Manfaatnya

Menelisik dunia kecantikan saat ini, pastinya Anda sudah tidak asing dengan cuka apel. Cuka apel menjadi salah satu produk populer di kalangan wanita milenial, apalagi bagi mereka yang doyan dandan. Hal ini karena cuka apel dapat dijadikan sebagai produk skincare harian. Selain itu, sudah banyak beauty vlogger yang membantu memasarkan produk cuka apel untuk wajah dengan harga tergolong terjangkau.

Cuka apel (sumber: cheatsheet.com)
Cuka apel (sumber: cheatsheet.com)

Berkat banyaknya reviewer serta beauty vlogger yang memasarkan produk tersebut, produsen cuka apel menjadi kebanjiran pelanggan. Selain terkenal karena dipasarkan oleh beauty vlogger dan diulas banyak orang, cuka apel memang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Bacaan Lainnya

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia), cuka fermentasi merupakan salah satu jenis produk cair yang mengandung asam asetat. Cuka fermentasi diperoleh melalui proses fermentasi -bahan yang mengandung karbohidrat atau alkohol dengan penambahan bahan lainnya atau tanpa bahan tambahan yang diizinkan.

Cuka apel sendiri termasuk cuka fermentasi yang berasal dari hasil fermentasi asam asetat dan alkohol dari buah apel. Kandungan cuka apel tidak jauh berbeda dengan kandungan buah apel segar. Cuka apel mengandung air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, sodium, phosphor, besi, potasium, vitamin C, thiamin, riboflavin, dan niacin.[1]

Banyaknya kandungan dalam cuka apel membuatnya memiliki banyak manfaat. Untuk kesehatan kulit, cuka apel mampu mengatasi gejala kurang nutrisi. Salah satu gejala kurang nutrisi yang sering terlihat pada kulit wajah, yaitu kusam. Cuka apel akan memenuhi kebutuhan nutrisi kulit wajah, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Asam Sitrat di Pasaran

Selain itu, cuka apel juga diklaim dapat mengatasi jerawat. Kandungan asam serta vitamin C pada ini akan membantu kulit memperbaiki diri sendiri lebih cepat. Kulit yang meradang dan rusak akibat jerawat, secara cepat akan pulih dengan sendirinya. Jerawat pada kulit akan mengering dan tidak meninggalkan bekas noda hitam atau kemerahan.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah awet muda dan sehat, juga bisa menggunakan cuka apel. Oleskan cuka apel secara merata ke atas permukaan kulit Anda, maka kulit wajah akan terasa lebih kencang dan awet muda. Cuka apel akan membantu menghilangkan garis-garis halus di wajah dan mengembalikan kekenyalan kulit.

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Bagi Anda yang suka menggunakan riasan tebal, cobalah untuk menggunakan cuka apel ketika membersihkan make up. Cuka apel dengan kandungan asamnya mampu mengangkat riasan yang tebal dalam sekali usap. Selain itu, cuka apel tidak kulit menjadi kering dan kasar, seperti cairan pembersih make up pada umumnya.

Menurut beberapa review, cuka apel baik digunakan oleh Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak. Hal ini karena cuka apel akan membantu menyeimbangkan kelembapan kadar minyak di kulit wajah. Sehingga, wajah Anda akan bebas kilap dan bebas minyak seharian. Tidak sulit menemukan cuka apel, Anda bisa membelinya di berbagai gerai kosmetik atau Anda bisa membelinya secara online. Berikut informasi perbandingan harga cuka apel antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Baca juga  Update Harga Cocopeat (1 Kg dan 1 Karung)
Produk Cuka Apel dipasaran - shopee.co.id
Produk Cuka Apel dipasaran – shopee.co.id

Harga Cuka Apel untuk Wajah

Merk Cuka Apel Harga Sebelumnya Harga Sekarang
YOQUEEN Cuka Apel 100 ml Rp12.000 Rp12.500
Keysbeauty Apple Cider Vinegar 100 ml Rp15.000 Rp15.000
Bragg Apple Cider Vinegar 100 ml Rp45.000 Rp30.000
Bragg Apple Cider Vinegar 60 ml Rp33.000 Rp46.200
Chungjungwon Apple Cider Vinegar 900 ml Rp31.900 Rp50.400
Heinz Cuka Apel Vinegar 473 ml Rp55.000 Rp55.000
Aquila Herb Cuka Apel 100 ml Rp65.000 Rp59.500
Cuka Apel Tahesta Original 300 ml Rp54.602 Rp65.000
Heinz Apple Cider Vinegar 32oz 896 ml Rp65.000 Rp65.500
Cuka Nenas Vinega 500 ml Rp75.000 Rp75.000
Bragg Apple Cider Vinegar 473 ml Rp100.000 Rp89.000
Cuka Apel Sw 32oz/900 ml (Apple Cider Vinegar S&W Brand) Rp64.000 Rp99.800
Cuka Apel Tahesta Original 600 ml Rp100.000 Rp100.000
Tazakka Cuka Apel Original 500 ml Rp109.950 Rp109.950
Cuka Apel Tahesta Original 900 ml Rp140.000 Rp140.000
Cuka Apel Tahesta Original 1.000 ml Rp150.000 Rp150.000
Apple Cider Vinegar 900 ml Rp210.000 Rp210.000
Bragg Apple Cider Vinegar 946 ml Rp175.000 Rp215.000

Berdasarkan tabel di atas, harga cuka apel untuk wajah tersebut di pasaran saat ini memang terpantau fluktuatif. Perlu Anda ketahui, harga cuka apel untuk wajah di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang Anda kunjungi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Telur Ayam Kampung di Pasaran

Efek Samping Cuka Apel

Dari sisi ilmu medis, sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang benar-benar dapat membuktikan tentang keamanan, manfaat, serta kemanjuran cuka apel buat wajah. Studi-studi yang sudah ada masih terbatas sebagai penelitian kecil di laboratorium dan hanya menilai kandungan asam dalam cuka secara terpisah.

Penting diketahui bahwa kadar pH cuka apel cukup tinggi, yaitu sekitar 2-3. Mengoleskan yang ber-pH asam tinggi rentan menyebabkan iritasi dan ruam kemerahan pada kulit wajah yang sensitif. Jika kulit Anda sensitif atau punya luka terbuka, seperti bekas jerawat yang dipencet dan belum sembuh, ada kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami risiko efek samping dari pemakaian cuka apel secara sembarangan.

Sebelum mengoleskan cuka apel secara merata di seluruh permukaan kulit wajah, sebaiknya tes dulu dengan mengoleskan cuka tipis-tipis di kulit belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu sekitar 1-2 jam dan jika setelahnya kulit menjadi merah atau justru teriritasi, jangan gunakan cuka apel untuk wajah.

Bila tidak muncul efek yang mengkhawatirkan, Anda boleh mengoleskan cuka apel di wajah tapi dilarutkan dulu dengan sedikit air. Celupkan kapas bersih ke larutan tersebut dan usapkan ke kulit muka secara merata. Jika masih ragu, konsultasi ke dokter kulit mengenai cara yang lebih aman untuk merawat kulit wajah.

[Update: Ditta]

[1] Karim, Nur Muhammad. 2011. Perbandingan Efektivitas Cuka Apel dan Dietilpropion terhadap Penurunan Berat Badan Tikus (Rattus norvegicus) (Skripsi). Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum Universitas Indonesia Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. Aku sangat suka infonya tentang berbagai harga produk. Tidak hanya mengenai harganya, tetapi juga diulas tentang manfaat dari produk itu dari berbagai segi. Sungguh, ini adalah artikel yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Tahu perkembangan harga produk.