Update Harga Cuka Apel Bragg Semua Kemasan

Apel memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, apel bisa diolah menjadi berbagai makanan atau produk lain, mulai dari kue, keripik, es krim, cuka, dan lainnya. Khusus untuk cuka apel, memiliki banyak bagi tubuh dan salah satu merek yang terkenal adalah Bragg Apple Cider Vinegar yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Bragg Apple Cider Vinegar/Cuka apel Bragg (sumber: lazada)
Bragg Apple Cider Vinegar/Cuka apel Bragg (sumber: lazada)

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi. Asam asetat sendiri menurut medis sangat baik bagi pencernaan. Cuka juga telah digunakan sejak lama sebagai bahan pengawet makanan, yang mampu mencegah dan menghambat pembentukan bakteri, seperti e coli. Cuka apel pun mampu menurunkan gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabete dan sangat baik digunakan untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, cuka apel juga baik dikonsumsi untuk mengurang tingkat risiko terkena penyakit kanker.[1]

Bacaan Lainnya

Para ahli cuka sari apel di tahun 1900-an seperti Dr. Paul C. Bragg dan Dr. Patricia Bragg tidak akan dilupakan. Tim ayah dan anak yang berorientasi pada kesehatan ini percaya bahwa cuka sari apel memiliki manfaat internal dan eksternal, termasuk di antaranya membantu mengontrol dan menormalisasikan berat badan, meningkatkan saluran pencernaan, mempromosikan badan yang muda dan sehat, dan bahkan mencegah ketombe.[2]

Ada banyak produsen cuka apel di dunia, dan salah satu merek yang cukup terkenal di sejumlah negara adalah Bragg Apple Cider Vinegar. Bragg Apple Cider Vinegar diklaim terbuat dari apel organik terbaik dan lezat. Bragg Apple Cider Vinegar juga disebut penuh dengan kebaikan alami dan mengandung “Mother of Vinegar” yang menakjubkan. “Mother of Vinegar” kabarnya muncul secara alami sebagai rantai molekul protein enzim seperti untai yang terhubung dan digunakan untuk kualitas pembersihan alami yang menakjubkan.

Baca juga  Info Terkini Harga Shampo Selsun Blue

Cuka apel Bragg ini dikatakan dapat menambah rasa lezat untuk salad, sayuran, dan sebagian besar makanan. Bahkan enak juga untuk ditaburkan di atas popcorn. Selain itu, cuka apel Bragg dapat diaplikasikan secara eksternal (pemakaian luar) untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Selama ini, ada anggapan jika mengonsumsi cuka apel dapat menimbulkan sakit maag. Padahal tidaklah demikian. Penyakit maag terjadi karena lambung sudah tidak mampu memproduksi asam hidroklorida, sehingga makanan yang tersimpan dalam lambung akan mengalami fermentasi. Karena itu, dengan mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan air dan madu, dipercaya dapat memenuhi kebutuhan asam hidroklorida.[3]

Cuka apel Bragg disebut-sebut mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, membantu menjaga kadar glukosa normal, mengandung prebiotik untuk mendukung usus yang sehat, dan membantu menjaga berat badan yang sehat jika dikonsumsi dengan takaran 30 ml (2 porsi) per hari. Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat cuka apel Bragg.

Manfaat Bragg Apple Cider Vinegar

Cuka Apel Bragg (sumber: mobiefit)
Cuka Apel Bragg (sumber: mobiefit)
  • Mengatasi gangguan pencernaan. Cuka apel Bragg yang kaya akan kandungan ampas atau “The Mother” disebut kaya akan probiotik dan -bakteri baik yang berperan dalam menyehatkan saluran cerna. Cuka apel ini diklaim membantu kerja sistem imun dan bagi sebagian orang dapat mencegah sembelit semakin parah, serta mengatasi gangguan asam lambung dan maag.
  • Menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi cuka apel secara teratur kabarnya bisa menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyakit jantung yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi atau impotensi pada pria.
  • Membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan meski hanya dalam jumlah yang sedikit. Para ahli menyarankan, cara menurunkan berat badan yang baik dan benar adalah dengan menjaga pola makan sehat diiringi dengan olahraga.
  • Mengatur kadar gula dalam darah. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care, cuka bisa meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Jika dikonsumsi sebelum makan, cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah.
  • Mengatasi diare. Cuka apel memiliki senyawa pektin yang diklaim membantu mendukung pertumbuhan baik di usus. Bakteri baik tersebut dapat melancarkan pencernaan dan mencegah peradangan pada organ cerna.
  • Sebagai obat psoriasis alami. Penyakit ini memiliki berupa peradangan, ruam, bersisik, pengelupasan, dan kekeringan pada kulit. Untuk mengobatinya, Anda bisa melarutkan cuka apel dan memakainya sebagai obat oles. Namun, tidak semua orang cocok dengan ini, terutama jika Anda memiliki alergi terhadap vitamin C.
Baca juga  Info Terbaru Harga Kasur Busa Olympic (Berbagai Ukuran)

Seperti halnya produk pada umumnya, cuka apel yang dikonsumsi secara berlebihan juga berpotensi menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan Anda. Oleh sebab itu, konsumsi cuka apel Bragg sewajarnya untuk menghindari beberapa efek samping seperti berikut.

Efek Samping Cuka Apel

Cuka apel (sumber: cheatsheet.com)
Cuka apel (sumber: cheatsheet.com)
  • Masalah gigi. Zat asam yang terkandung dalam cuka apel bisa saja merusak lapisan enamel gigi bahkan menyebabkan gigi berlubang. Oleh sebab itu, konsumsi cuka apel dengan cara dilarutkan dengan air terlebih dahulu.
  • Membuat kerongkongan terasa perih. Konsumsi cuka apel yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerongkongan Anda terluka sehingga menimbulkan rasa perih.
  • Memperlambat pengosongan perut. Minum cuka apel berlebihan dapat membuat proses penyerapan makanan dari saluran pencernaan ke aliran darah menjadi lebih lambat.
  • Menurunkan kadar gula darah. Kebanyakan cuka apel bisa menurunkan kadar gula darah tubuh karena memiliki efek antiglikemik. Hal ini berpotensi menimbulkan hipoglikemia (kekurangan gula darah), mengurangi pasokan gula darah ke otak, pingsan, atau bahkan koma.
  • Bagi Anda penderita penyakit diabetes atau penyakit menahun lainnya, sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan apabila ingin mencoba mengonsumsi cuka apel.
Baca juga  Info Terkini Harga Pemasangan Aligner Gigi Invisalign

Harga Cuka Apel Bragg

Varian Bragg Apple Cider Vinegar Kisaran Harga
Bragg Apple Cider Vinegar 473 ml Rp110.000 – Rp173.858
Bragg Apple Cider Vinegar 946 ml Rp217.800 – Rp262.858

Informasi harga cuka apel Bragg di atas diperoleh dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Bragg Apple Cider Vinegar saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Bragg Apple Cider Vinegar 473 ml yang sebelumnya dibanderol Rp99.000 hingga Rp149.000, naik menjadi Rp110.000 hingga Rp173.858. Selain itu, harga cuka apel Bragg yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Produk Bragg Apple Cider Vinegar yang dijual di Indonesia rata-rata merupakan produk impor dari AS. Oleh sebab itu, Anda yang tinggal di daerah mungkin agak kesulitan mencarinya di pusat-pusat perbelanjaan terdekat. Meski demikian, beberapa toko atau supermarket besar yang menjual barang-barang impor seperti Ranch Market, toko bahan-bahan kue, atau semacamnya biasanya menjual Bragg Apple Cider Vinegar dalam dua ukuran, yakni botol 473 ml dan 946 ml. Jika Anda masih kesulitan mencarinya di supermarket terdekat, tak ada salahnya untuk membeli secara online melalui situs e-commerce favorit Anda.

[Update: Almas]

[1] Anggrianto, F. 2019. Sehat Zaman Now. Sukabumi: CV Jejak, hlm. 79-80.

[2] Orey, C. 2007. Cuka (Ed. Hanif). Jakarta: Penerbit Hikmah.

[3] Yulianti, S, dkk. 2007. Khasiat & Manfaat Apel. Jakarta: AgroMedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *