Info Terbaru, Harga Cream Cheese Anchor dan Cara Mengolahnya

Apa itu cream cheese? Cream cheese merupakan jenis muda yang belum difermentasi. Karena itu, teksturnya lembut, warnanya putih mirip tofu, sangat mudah dioles karena bentuknya creamy (soft cheese). Biasanya dijual dalam  mangkok atau bungkusan aluminum dengan harga bervariasi, rasanya gurih segar dan tidak terlalu asin.

Ilustrasi: olesan cream cheese di atas roti (sumber: orders.wagshals.com)

Ilustrasi: olesan cream cheese di atas roti (sumber: orders.wagshals.com)

Cream cheese atau disebut juga dengan keju oles merupakan salah satu dari banyak jenis keju yang beredar di pasaran. Cream cheese berbeda dengan keju lainnya yang dibuat melalui proses pematangan. Oleh karena itu, teksturnya lunak dan menjadikan cream cheese mudah menjadi olahan makanan atau pelengkap makanan. Sebelum dipakai, sebaiknya dibiarkan dalam suhu ruangan beberapa saat agar mudah dikocok atau dicampur dengan lainnya. Simpan sisa keju dalam wadah tertutup di lemari es.

Keju oles memiliki gizi yang tidak jauh berbeda dengan jenis keju lainnya, yaitu protein, A, B, dan D, serta kalsium. Meskipun memiliki yang sama dengan keju lainnya, cream cheese biasanya didominasi oleh campuran lemak sapi. Keju itu dibuat dari sekitar 45 persen campuran lemak sapi. Hal ini menjadikan cream cheese dianggap kaya akan protein yang baik bagi tubuh.

Cara Mengolah Cream Cheese

Menurut sejarah, resep cream cheese pertama kali ditemukan di Perancis. Namun, yang terkenal justru berkembang pesat di Amerika Serikat, lebih tepatnya New York. Itulah sebabnya, resep cream cheese yang dinilai paling enak adalah Philadelphia Cream Cheese. Di Indonesia sendiri, cream cheese mungkin masih belum begitu populer, meskipun penggemarnya sudah semakin banyak.

Meski populer, cream cheese biasa jarang dikonsumsi secara langsung, melainkan digunakan untuk membuat cheese cake yang lembut, filling roti, atau cheese frosting, maupun sebagai campuran membuat lainnya. Resep cream cheese yang lembut menjadikan keju jenis ini mudah digunakan sebagai bahan campuran.

Kendati demikian, resep cream cheese terbilang rentan dan memiliki daya tahan yang rendah dibandingkan keju jenis lainnya. Hal ini dikarenakan cheese cream tergolong ke dalam jenis keju lunak. Ketika disimpan pada suhu ruangan, biasanya cream cheese hanya bertahan sekira 2-3 jam saja. Sementara, di dalam lemari es, daya tahan cream cheese bisa lebih lama, yaitu hingga 2 minggu setelah dibuka. Bila terlalu lama, cream cheese bisa dengan mudah ditumbuhi jamur. Oleh karena itu, jangan membiarkan cream cheese terlalu lama setelah dibuka dari kemasannya.

Harga Cream Cheese di Pasaran

Cream cheese bisa Anda temukan di beberapa supermarket atau toko terdekat. Salah satu merek yang ada di pasaran adalah Anchor. Cream cheese merek ini untuk kemasan 1 kg dijual dengan harga Rp105 ribuan. Cara mengolah krim keju biasanya adalah dibuat olesan atau filling pada kue seperti cheese cake atau kue lezat lainnya. Biasanya cream cheese dicampur dengan butter cream atau whipped cream, sehingga rasanya menjadi lebih enak dan tidak asam. Tetapi, mungkin Anda akan kesulitan mencari cream cheese Anchor di Indomaret, Alfamart, atau Giant. Anda bisa membelinya di toko bahan-bahan kue atau bisa juga secara online.

harga, cream, cheese, anchor, merek, di, indomaret, alfamart, giant, toko, bahan, kue, oles, lunak, kulkas, tart, kesalahan, tekstur, freezer, filling, suhu, ruang, poles, kuning, telur, beku, bahan, pie, garpu, wadah, rapat

Anchor Cream Cheese dalam kemasan (instagram: @anchorfp.id)

Dengan menggunakan cream cheese, Anda bisa membuat cheese tart, yang tengah menjadi jajanan hits berbagai tempat, salah satunya di ibukota. Kulit tart yang renyah dan keju yang lembut beraneka tak jarang membuat banyak lidah jatuh cinta. Kue yang dikenal berasal dari Jepang itu dijual dengan berbagai macam harga. Bagi Anda yang ingin hemat, barangkali Anda dapat membuat kreasi cheese tart sendiri dengan resep yang ada, bisa dari buku kue resep atau mencari secara online.

Dalam pembuatan cheese tart, biasanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Untuk menghindari kesalahan, Anda bisa mengikuti tips yang diberikan oleh Advisory Chef Anchor Food Professional, Yus Andriana.

Tips dari Chef Yun antara lain sebelum memanggang kulit tart, tusuk kulit tart dengan garpu. Baked cheese tart adalah kue dengan dua elemen, yakni pie dan filling atau isian. Pie inilah yang menjadi wadah dari isian. Saat meletakkan adonan pie ke dalam mangkuk cetakan, mungkin Anda lupa menusuk bagian tengah pie dengan garpu.

Chef Yus mengatakan, menusuk-nusuk pie dengan garpu dimaksudkan agar pie tidak menjadi menggelembung saat dipanggang. Saat proses pemanggangan, udara panas akan melewati adonan pie yang padat. Pori-pori pada yang dibuat dengan menusukkan garpu inilah yang menjadi jalan udara panas, sehingga pie tidak menggelembung.

Seperti telah diketahui, salah satu bahan filling baked cheese tart adalah cream cheese. Layaknya whipping cream, penyimpanan cream cheese tidak boleh dalam keadaan beku. Alasannya, protein bisa pecah dan menghasilkan tekstur kue yang tidak halus. Cream cheese sebaiknya disimpan dalam chiller atau di lemari es bagian bawah freezer.

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan adalah cream cheese langsung dicampur dengan bahan filling lain tanpa didiamkan dalam suhu ruang terlebih dahulu. Hal ini akan membuat cream cheese menjadi menggumpal dan tidak tercampur merata dengan bahan lain.

Sebaiknya, cream cheese dikeluarkan pada suhu ruang, agar tidak menggumpal. Kalau keluar dari chiller langsung dicampur, nanti tekstur kue menjadi kasar. Kemudian, jika adonan kulit tart ingin disimpan untuk waktu lama, Anda bisa panggang hingga setengah matang, lalu bekukan dalam freezer dengan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Menurut Chef Yun, kulit tart ini bisa dibekukan hingga satu bulan. Sebelum digunakan kembali, sebaiknya poles dulu dengan kuning telur.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Harga Baby Walker & Stroller Mamalove
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru, Harga Cream Cheese Anchor dan Cara Mengolahnya"