Update Harga Coklat Batang Colatta Semua Varian (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Siapa sih yang tidak tergiur dengan kelezatan coklat? Mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia, pasti tidak akan melewatkan kenikmatan coklat. Selain dapat dikonsumsi langsung, coklat juga dapat dijadikan salah satu bahan untuk membuat kue. Biasanya berbentuk batangan, coklat demikian sudah hadir dalam beragam merk, seperti Mercolade, Nesta, Pro-Cho, hingga Colatta, yang dijual dengan harga mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, tergantung brand dan kemasan.

Coklat Batang (credit: tasteofhome/Shutterstock)

Coklat Batang (credit: tasteofhome/Shutterstock)

Dilansir dari Wikipedia, coklat (ada juga yang menulisnya cokelat) adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). Coklat kabarnya pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Meso-Amerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu coklat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Coklat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan pada hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, coklat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian, bahkan sebagai pernyataan cinta. Coklat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk coklat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin.

Di pasaran sendiri, ada sejumlah produk coklat, seperti coklat pahit (bitter chocolate), coklat susu (milk chocolate), hingga coklat putih (white chocolate).[1] Coklat pahit terbuat dari pasta kakao dengan penambahan sedikit gula, sedangkan coklat susu terbuat dari campuran pasta kakao, lemak kakao, gula, serta susu bubuk dalam jumlah yang substansial. Sementara, coklat putih diolah dari campuran lemak kakao, gula, dan susu bubuk.

Baca juga  Update Harga Hair Clip Rambut Asli dan Palsu Berbagai Macam Bentuk dan Ukuran

Apa pun jenis coklat, makanan ini dikatakan sebagai salah satu sumber konsentrat senyawa flavanol, yang berguna sebagai antioksidan alami, yang disebut sebagai flavonoid yang sering ditemukan pula pada teh, anggur merah, dan . Zat tersebut dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau kardiovaskular.[2]

Sebenarnya, potensi keunggulan produk olahan dan coklat untuk kesehatan tubuh bukanlah hal yang sama sekali baru karena sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan di masyarakat Amerika Tengah dan Eropa. Kemudian, konsep minuman coklat memiliki manfaat kesehatan diterima secara luas pada tahun 1850-an hingga 1900-an.[3]

Sayangnya, tidak semua coklat mengandung flavonoid yang bagus karena telah mengalami pencampuran bahan lain, seperti yang terjadi pada coklat susu dan coklat putih. Bahkan, dark chocolate sekalipun konon tidak menjamin mengandung flavonoid yang bagus untuk Anda. Hal tersebut dipengaruhi cara pembuatan coklat. Jika coklat diproses dengan tahap kimiawi dutching, berpotensi besar kehilangan kandungan flavonoid.

Baca juga  Info Terbaru Tarif NAV Karaoke Keluarga¬†
Colatta Compound Chocolate (credit: sinaryong)

Colatta Compound Chocolate (credit: sinaryong)

Review Coklat Colatta

Selain dapat dikonsumsi sebagai camilan, coklat juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu bahan untuk pembuatan bakery atau pastry. Biasanya disebut coklat compound, ini adalah coklat batangan yang terdiri dari 50 persen gula dan 50 persen campuran lemak serta bubuk kakao. Karena punya kandungan gula lebih banyak, coklat compound batangan ini umumnya punya rasa lebih manis daripada coklat couverture.

Di pasaran sendiri, sudah ada beragam coklat compound yang dapat Anda pilih, salah satunya Colatta. Merk tersebut setidaknya menyediakan tiga varian coklat, yakni dark, white, dan milk. Untuk varian dark, punya warna hitam, dengan rasa sedikit pahit, sedangkan varian white punya warna putih dan rasa manis-manis tawar. Sementara, varian milk berwarna cokelat dengan penambahan rasa susu.

Walau punya rasa yang berbeda, secara umum fungsi coklat batang Colatta memiliki fungsi yang sama. Produk tersebut dapat dicairkan untuk membuat praline atau adonan kue seperti brownies. Selain itu, juga bisa diserut untuk dekorasi kue ulang tahun seperti black forest, serta filling untuk isian roti atau campuran butter cream.

Harga Coklat Colatta Batangan

Varian Coklat ColattaHarga
Colatta Dark Chocolate 250 grRp19.000
Colatta Strawberry Compound Chocolate 250 grRp19.500
Colatta Fineza Dark Dark Chocolate 250 grRp21.000
Colatta Milk Compound 250 grRp22.000
Colatta White Baking Chocolate 250 grRp26.300
Colatta Coating Dark Compound 500 grRp30.000
Colatta White Pastry 1 kgRp42.500
Collata Professional Dark Compound Chocolate 1 kgRp53.000
Collata Professional Milk Compound Chocolate 1 kgRp56.000
Collata Professional White Compound Chocolate 1 kgRp57.500
Colatta Dark Compound 5 kgRp238.000
Baca juga  Cara Ternak dan Harga Telur Jangkrik

Harga coklat Colatta dalam bentuk batangan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Colatta Dark Chocolate 250 gr misalnya, sebelumnya dijual Rp22 ribu dan sekarang sedikit turun menjadi Rp19 ribu. Sementara, Colatta Dark Compound 5 kg yang semula ditawarkan Rp225 ribu, saat ini naik menjadi Rp238 ribuan.

Harga Coklat Batang Colatta - www.olx.co.id

Harga Coklat Batang Colatta - www.olx.co.id

(Panca)

[1] Rizza, R. A, et al. 2000. Encyclopedia of Foods: A Guide to Healthy Nutrition. London: Academic Press, hlm. 403.-406.

[2] Alspach, G. 2007. The truth is often bittersweet: Chocolate does a heart good. Critical Care Nurse, Vol. 27(1): 11-15.

[3] Keen, C. L. 2001. Chocolate: Food as Medicine/Medicine as Food: Review. Journal of Amer: College of Nutrition, Vol. 20(5): 436s-439s.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Coklat Batang Colatta Semua Varian (250 gr, 500 gr, 1 kg)"