Update Harga Cetakan Lontong Berbahan Aluminium dan Stainless

Menu komplet hidangan ketupat dan lontong adalah salah satu kuliner yang banyak penggemarnya di Indonesia. Konon, lontong maupun ketupat dijadikan makanan hari raya karena awet selama 2 x 24 jam, sehingga tak perlu repot memasak nasi selama merayakan hari raya. Memasak lontong membutuhkan waktu yang cukup lama, terlebih Anda harus membuat dan menyiapkan cetakannya dari pisang. Saat ini, di pasaran telah tersedia cetakan lontong berbahan aluminium dan stainless yang dapat langsung digunakan dengan harga bervariasi.

Lontong (sumber: kompas)
Lontong (sumber: kompas)

Lontong merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras dan dikukus menggunakan pisang. Terciptanya lontong konon berawal dari kehadiran ketupat, yakni makanan yang juga dibuat dari beras dibungkus daun kelapa muda (janur). Proses pembuatan ketupat yang membutuhkan keahlian dan khusus membuat masyarakat memilih pisang sebagai ganti dari daun kelapa muda sehingga cara pembuatannya pun lebih mudah.

Bacaan Lainnya

Tradisi ketupat atau lontong ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa. Dalam sejarahnya disebutkan Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Lontong hingga kini diterima baik oleh masyarakat dan kerap dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih dan disajikan dengan aneka sayur pelengkap lainnya. Berikut kami sajikan rincian cara membuat lontong yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Resep Membuat Lontong

Bahan Membuat Lontong:

  • 1 kg beras putih
  • pisang batu secukupnya
  • Lidi atau tusuk gigi secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya

Setelah semua bahan siap, Anda perlu memperhatikan cara memasak sebagai berikut.

Baca juga  Update Harga Kopi Janji Jiwa

Cara Membuat Lontong:

  • Cuci beras hingga bersih, tiriskan.
  • Buat selongsong lontong dengan garis tengah 6 cm dan sematkan salah satu ujungnya menggunakan lidi atau tusuk gigi.
  • Isi selongsong lontong dengan beras hingga setengah bagian saja lalu sematkan ujung yang lain dengan lidi. Lakukan hal yang sama hingga beras habis
  • Tata lontong dalam panci, tambahkan air hingga terendam dan rebus selama 4 jam sampai 8 jam. Bilas air dalam panci surut dan tambahkan lagi untuk selanjutnya direbus.
  • Setelah lontong padat dan matang, Anda dapat mengangkat dan meniriskan dengan posisi miring atau berdiri.[1]

Nah agar lebih awet, masak lontong dan ketupat hingga benar-benar tanak. Hal terpenting adalah ketika membuat ketupat atau lontong, yakni beras yang akan dimasak harus dicuci dengan air agar mendapatkan lontong terbaik.[2] Jika lontong masih tersisa, sebaiknya disimpan di dalam lemari es.

Lontong dapat Anda buat dengan bantuan cetakan lontong dari alumunium maupun stainless yang saat ini banyak dijual. Di pasaran, Anda dapat membeli cetakan lontong mirip paralon berbagai ukuran. Nah, bagi Anda para pemula yang mau mencoba cetakan lontong praktis ini, berikut caranya.

Cara Pakai Cetakan Lontong Paralon

  • Siapkan cetakan, pisang dan beras.
  • Potong daun pisang sesuai ukuran panjang cetakan.
  • Masukkan daun pisang yang sudah dipotong sesuai keperluan lebar gulungan cetakan.
  • Masukkan beras yang sudah dibersihkan setengah penuh.
  • Lapisi juga bagian tutup cetakan lontong dengan daun pisang.
  • Tutup cetakan dan kencangkan.
  • Rendam cetakan yg sudah berisi beras hingga cetakannya tenggelam sempurna.
  • Beri tambahan sedikit air hingga semua cetakannya benar-benar tenggelam terisi air.
  • Masukkan ke panci dan masak dengan api sedang selama 45 menit. Apabila memasak lontong memakai panci presto, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.
  • Apabila sudah matang, keluarkan lontong dari cetakannya. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong, agar permukaan lontong padat dan keset.
Baca juga  Info Terkini Harga Sosis Kanzler (Semua Varian)

Cetakan lontong ukuran mini bisa Anda manfaatkan untuk memasak lupis. Cara memasaknya pun sama dengan dilapisi daun pisang di dalam cetakannya. Pemakaian cetakanĀ  lontong terbilang lebih praktis, tahan lama, dan aman digunakan. Anda pun dapat memakai cetakan lontong paralon berkualitas dari bahan aluminium atau stainless sesuai keinginan.

Cetakan lontong aluminium (sumber: blibli)
Cetakan lontong aluminium (sumber: blibli)

Tercatat pada 2019, cetakan lontong mirip paralon bahan aluminium dengan untuk ukuran panjang 15 cm dijual mulai Rp65 ribu per lusin. Sebagai bahan referensi, berikut kami sajikan harga cetakan lontong praktis berbahan aluminium dan stainless steel di pasaran saat ini.

Daftar Harga Cetakan Lontong Bahan Aluminium di Pasaran

Varian Cetakan Lontong Harga (Rp)
Cetakan Lontong Aluminium kecil satuan 5.000
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 15×4 (6 pcs) 20.000
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 20 cm satuan 22.950
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 12 cm (12 pcs) 25.000
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 20 cm (6 pcs) 0.000
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 15×4 per lusin 7.000
Cetakan Lontong Aluminium Jumbo ukuran 20 cm (10 pcs) 58.000
Cetakan Lontong Aluminium ukuran 20 cm 1 lusin 67.000
Cetakan Lontong Aluminium Premium anti karat 1 lusin ukuran 20 cm x 4 cm 147.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga cetakan lontong berbahan aluminium mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, cetakan lontong aluminium jumbo ukuran 20 cm (10 pcs) awalnya dijual mulai harga Rp76 ribu, kini turun menjadi Rp58 ribu. Berbeda dengan cetakan lontong aluminium ukuran 20 cm 1 lusin yang naik dari harga Rp65 ribu menjadi Rp67 ribu.

Baca juga  Info Harga Chiki Ball 1 Dus dan Eceran (Semua Varian)
Cetakan Lontong Stainless - www.lazada.co.id
Cetakan Lontong Stainless – www.lazada.co.id

Daftar Harga Cetakan Lontong Bahan Stainless di Pasaran

Varian Cetakan Lontong Harga (Rp)
Cetakan Lontong Stainless satuan ukuran 15 cm 6.900
Cetakan Lontong Stainless satuan ukuran 20 cm 9.900
Cetakan Lontong Stainless 20 cm per 6 pcs 67.500
Cetakan Lontong Stainless ukuran 15 cm per 4 pcs 75.500
Cetakan Lontong Stainless ukuran 15 cm 1 lusin 85.000
Cetakan Lontong Stainless ukuran 20 cm per 5 pcs 90.000
Cetakan Lontong Stainless anti karat 1 lusin 95.000

Tak jauh berbeda dengan cetakan lontong bahan aluminium, bahan stainless juga mengalami perubahan dibandingkan 2020 lalu. Pada 2021, harga cetakan lontong stainless ukuran 20 cm per 4 pcs awalnya dijual seharga Rp90 ribu, sekarang dengan harga yang sama Anda dapat memperoleh 5 cetakan. Cetakan lontong stainless ukuran 15 cm per 4 pcs juga mengalami kenaikan harga sedikit dari Rp72.000 menjadi Rp75.500. Sementara itu, untuk pembelian cetakan lontong stainless satuan dengan ukuran 15 cm, naik dari harga Rp8.500 menjadi Rp9.900.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga cetakan lontong kedua jenis bahan tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli cetakan lontong di sejumlah pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya. Untuk lebih praktis, Anda juga dapat memesannya melalui sejumlah marketplace seperti Shopee, Lazada, maupun Tokopedia. Anda dapat mengakses ketiga situs online tersebut untuk membandingkan harga terbaik.

[Update: Ditta]

[1] Bahalwan, Fatmah. 2013. 60 Resep Masakan Favorit Anti Gagal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 90.

[2] Erwin, Lily. 2013. Menu Komplet Hidangan Ketupat dan Lontong. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm 2.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *