Harga Cetak Stiker Label Makanan (Chromo, Vinyl, Transparan) Terbaru

Ada banyak cara untuk mempromosikan sebuah produk. Jika Anda kebetulan sedang berbisnis makanan, termasuk jajanan ringan, Anda bisa menempelkan stiker nama atau brand dalam kemasan produk Anda. Tidak sulit membuat stiker semacam ini, karena sudah ada banyak penyedia jasa cetak stiker label makanan dengan biaya yang murah. Anda pun bisa membeli bahannya sendiri dengan harga yang juga terjangkau.

Stiker label produk makanan (sumber: smithers.com)
Stiker label produk makanan (sumber: smithers.com)

Dalam berbisnis, promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau masyarakat luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Bacaan Lainnya

Tujuan yang hendak dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]

Media promosi yang lazim digunakan pada pebisnis antara lain brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, hingga banner. Kemudian, seiring kemajuan teknologi digital, promosi sekarang juga dapat dilakukan via media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, channel YouTube, bahkan melalui group chatting di WhatsApp.

Stiker Label

Nah, untuk produk kuliner, seperti makanan dan minuman, tentu tidak lengkap jika tidak menyertakan stiker atau label pada produk. Stiker sendiri adalah media promosi yang ditempelkan pada produk sebagai identitas sebuah merk agar mudah dikenali oleh target market dan membedakan dengan pesaing. Stiker yang bagus hendaknya mudah diingat dari segi bentuk dan visual grafis. Salah satu acuan dalam pemilihan adalah berdasarkan benchmark dengan produk sejenis.[4]

Stiker label kemasan telah menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif sejak lama. Tidak hanya sebagai atribut estetika, stiker label kemasan juga memiliki banyak fungsi lain, termasuk sebagai alat identifikasi produk, memberikan kandungan nutrisi, memberikan informasi pembuatan dan tanggal kedaluwarsa, kontak yang bisa dihubungi untuk melakukan pemesanan, dan lain-lain.

Tips Membuat Stiker Label

Ilustrasi: Stiker Label Makanan (credit: primagraphia)
Ilustrasi: Stiker Label Makanan (credit: primagraphia)
  • Menonjolkan desain yang menarik, disesuaikan dengan target pasar Anda. Jika produk yang Anda jual menyasar pangsa pasar anak-anak, usahakan untuk membuat desain stiker label kemasan yang lucu dan menggemaskan. Begitu pula jika produk yang Anda jual menyasar target orang dewasa. Anda juga harus menyesuaikan desain stiker label yang akan digunakan dengan tampilan yang lebih sederhana namun tetap eye-catching.
  • Karena fungsi stiker label salah satunya adalah sebagai media branding, Anda pun harus menyesuaikan pemilihan warnanya sesuai dengan yang digunakan atau identik dengan brand Anda. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk terus mengingat bahwa merk Andalah yang muncul di pikiran mereka saat melihat warna tersebut.
  • Anda juga perlu memperhatikan pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada calon pelanggan. Pastikan Anda membuat pesan singkat yang menarik agar dapat membekas dan lebih mudah untuk diingat. Tak hanya harus menyiapkan kalimat pesan yang sesuai. Anda juga harus memperhatikan pemilihan font dan ukuran yang akan digunakan. Sebab, bagaimanapun, desain yang baik adalah yang seluruhnya proporsional dan serasi saat digabungkan.
  • Anda juga dapat memaksimalkan fungsi stiker label kemasan dengan hal-hal menarik yang membuat konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Misalnya, dengan menambahkan kalimat “Beli 1 Gratis 1”.

Stiker label kemasan ini dapat Anda buat dari beberapa bahan. Material yang kerap digunakan antara lain chromo atau kertas licin yang biasanya dicetak full color, kemudian bahan vinyl dengan warna bening atau transparan, serta kertas HVS yang cocok untuk produk travel, , barcode, dan sejenisnya. Sebagai referensi, berikut kami sajikan kisaran harga cetak stiker label makanan.

Harga Cetak Stiker Label Makanan

Bahan Stiker Label Makanan Ukuran Harga
Chromo 45 x 31 cm Rp10.000 per lembar
Vinyl 45 x 31 cm Rp9.000 – Rp17.000 per lembar
Transparan 45 x 31 cm Rp10.000 – Rp25.000 per lembar

Harga cetak stiker label di atas belum termasuk ongkos potong. Biasanya, jasa percetakan mematok biaya berkisar Rp5.000 per lembar untuk ongkos potong kotak atau Rp10 ribu per lembar untuk ongkos potong bulat. Jika dibandingkan tahun 2020, harga cetak stiker label tahun 2021 terbilang stabil. Namun, mengalami perubahan harga pada 2022. Misalnya, cetak stiker label makanan bahan chromo ukuran 45×31 cm yang sebelumnya dipatok Rp9 ribu per lembar, kini naik jadi Rp10 ribu per lembar. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke percetakan terdekat di daerah Anda.

[Update: Dian]

[1]Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[2]Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3]Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222.

[4]Alisa, Krinta, dkk. Usulan Perbaikan Desain Kemasan Stick Strawberry Kencana Mas Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, Vol. 2(1): 52.-59.

Pos terkait