Harga Cetak Spanduk per Meter (Semua Bahan)

No comment12604 views

Agar konsumen dapat mengetahui produk atau jasa yang Anda tawarkan, promosi yang gencar perlu dilakukan. Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk memperkenalkan produk Anda, bisa melalui pemasangan banner, menyebarkan pamflet, atau memasang spanduk. Tidak susah membuat media promosi ini, karena sudah banyak jasa yang menyediakan layanan cetak banner atau spanduk, dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: digital printing (sumber: information-age.com)

Ilustrasi: printing (sumber: information-age.com)

Dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau masyarakat luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Tujuan yang hendak dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning).[3]

Baca juga  Update Tarif Jasa Penerjemah Tersumpah¬†

Hampir setiap perusahaan menggunakan media promosi dalam rangka memasarkan produk mereka kepada khalayak luas. Contoh media promosi yang lazim digunakan adalah brosur, leaflet, , name card, billboard, spanduk, hingga banner. Kemudian, seiring kemajuan teknologi digital, sekarang juga dapat dilakukan via media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, hingga channel YouTube.

Pengertian dan Kelebihan Spanduk

Dari sekian media konvensional untuk promosi, salah satu yang masih digunakan banyak perusahaan, toko, maupun usaha lainnya adalah spanduk. Ini secara singkat dapat dikatakan sebagai media kain yang direntangkan yang berisi propaganda, slogan, atau hal-hal yang perlu diketahui oleh umum. Biasanya, spanduk dibentangkan memanjang secara horizontal dan memiliki beragam ukuran, seperti 80 x 200 cm, 90 x 200 cm, 100 x 250 cm, 150 x 300 cm, dan lain-lain.

Spanduk sering disamakan dengan baliho, padahal punya yang signifikan. Baliho adalah sarana atau media promosi yang bertujuan untuk memberitahukan informasi event atau kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat luas atau mengiklankan suatu produk baru. Bentuk penyederhanaan dari baliho akrab disebut banner, yaitu media promosi yang biasanya dicetak dengan print digital dan umumnya berbentuk potrait atau vertikal.

Baca juga  Update Terbaru Kisaran Biaya Menikah Terbaru dengan Jasa Wedding Organizer (WO)

Kelebihan spanduk dalam rangka media promosi antara lain khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca. Selain itu, media dapat ditinjau ulang, sehingga pembaca dapat dengan tenang membaca dengan teliti iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak, pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti. Media ini juga tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh.

Spanduk terpasang di atas jalan (sumber: pinterest)

Spanduk terpasang di atas jalan (sumber: pinterest)

Nah, jika Anda tertarik menggunakan spanduk sebagai media promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, apabila tidak cukup terampil atau tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa memesan pembuatan spanduk di berbagai percetakan. Berikut kisaran harga cetak spanduk di pasaran.

Harga Cetak Spanduk

Bahan Spanduk

Harga Cetak

Flexi China 280 GSMRp12.000 per m2
Vinyl Frontline 300 GSMRp17.000 per meter
Vinyl Frontline 380 GSMRp25.000 per meter
Flexi China 340 GSMRp28.000 per m2
Vinyl Frontline Korea 440 GSMRp35.000 per meter
Flexi 550 GSMRp100.000 per m2
Flexi Back-lite 550 GSMRp100.000 per m2
Baca juga  Info Terbaru Biaya Spooring dan Balancing Ban Mobil

Informasi harga cetak spanduk di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah jasa percetakan di dalam negeri. Perlu diingat bahwa biaya cetak spanduk tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing lokasi. Sebagai contoh, di Snapy misalnya, mematok harga cetak spanduk mulai Rp17.000 per m2, sedangkan Prima Graphia menawarkan harga mulai Rp18 ribuan per m2.

[1] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[2] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3] Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, hlm. 222.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cetak Spanduk per Meter (Semua Bahan)"