Update Harga Cendo Xitrol Minidose

Selain tersedia dalam bentuk salep, Cendo Xitrol juga hadir dalam bentuk tetes. Berbeda dengan Cendo Xitrol salep yang lebih dikenal sebagai obat bintitan, varian tetes adalah obat untuk mengatasi mata yang iritasi. Anda bisa mendapatkan obat ini dengan mudah di apotek dengan harga yang relatif terjangkau untuk varian minidose.

Obat tetes Cendo Xitrol Minidose (sumber: tokopedia)
Obat tetes Cendo Xitrol Minidose (sumber: tokopedia)

Indikasi Cendo Xitrol Minidose

Cendo Xitrol memang sudah sejak lama dikenal masyarakat Nusantara sebagai obat mata.[1] Dilansir dari SehatQ, obat tersebut memiliki indikasi untuk mengatasi kondisi inflamasi mata yang responsif terhadap steroid disertai infeksi bakteri. Cendo Xitrol tersedia dalam berbagai dan salah satunya adalah kemasan minidose yang berupa ampoule.

Bacaan Lainnya

Komposisi Cendo Xitrol Minidose

Dalam satu ampoule Cendo Xitrol minidose 0,6 ml, mengandung 1 mg dexamethasone, 3,5 mg neomycin sulphate, dan 10.000 SI polymyxin B sulphate. Dilansir dari halodoc, neomycin sulphate adalah aminoglikosida yang memiliki sifat bakterisid untuk beberapa organisme gram positif dan gram negatif. Zat ini bekerja dengan cara menghambat sintesa protein dengan mengikat RNA ribosom dan menyebabkan bakteri salah membaca kode genetiknya.

Masih dilansir dari sumber yang sama, polymyxin sulphate merupakan bakterisid untuk berbagai organisme gram negatif dan dexamethasone adalah glukokortikoid sintetik yang memiliki aktivitas anti-inflamasi kuat. Obat yang mengandung zat aktif seperti ini, tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan dan harus sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Dosis Cendo Xitrol Minidose

Untuk mengobati sakit mata akibat dan infeksi memakai Cendo Xitrol Minidose, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Obat ini termasuk golongan obat keras dengan logo berwarna merah dan tidak bisa didapatkan tanpa resep dokter. Selain itu, setiap memiliki dosis yang berbeda, tergantung tingkat keparahan penyakit.

Secara umum, obat ini memiliki dosis 1-2 tetes setiap jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada malam hari. Jika mendapatkan respon yang baik atau kondisi penyakitnya mulai membaik, maka bisa mengurangi dosis menjadi 1 tetes setiap 4 jam. Obat ini hanya diperuntukkan bagi orang dewasa dan tidak sedang dalam keadaan hamil atau menyusui.

Cara Pemakaian Cendo Xitrol Minidose

Cendo Xitrol Minidose biasanya diberikan kepada dengan keluhan mata kronis, supaya cepat sembuh. Obat tersebut dikemas dalam box khusus dari karton dan mudah dibuka dengan cara melepas segel yang ada di bagian tengah kotak. Setelah itu, Anda akan menemukan cairan obat mata dalam ampoule plastik yang elastis dan tebal.

Untuk mengeluarkan cairan tersebut, Anda harus menggunting ujung ampoule. Pastikan Anda mengguntingnya dengan benar dan memakai yang steril. Dalam 1 karton tersebut, memiliki isi sebanyak 6 ampoule.

Obat Cendo Xitrol Minidose – www.bukalapak.com

Efek Samping Cendo Xitrol Minidose

Karena bukan sembarangan obat mata, Anda tidak bisa memakainya seperti obat mata pada umumnya. Teteskan cairan dalam ampoule secara perlahan di kantung konjungtiva dan berkediplah untuk meratakan obat. Anda tidak dianjurkan untuk meneteskannya secara langsung pada bagian pupil atau bola mata. Ini akan menimbulkan sensasi perih dan tidak bisa hilang dalam waktu cepat, sehingga membuat mata berair. Obat yang tercampur dengan air mata juga tidak bisa bekerja dengan optimal.

Obat ini hanya dipakai sebagai obat luar dan bukan oral. Pemakaian obat juga tidak disarankan untuk jangka panjang atau terapi. Pemakaian Cendo Xitrol Minidose dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan mata lain seperti glaukoma dan kerusakan saraf mata. Selain itu, obat ini juga memiliki efek samping seperti penglihatan mata kabur, pembentukan posterior, subcapsular cataract, meningkatnya bahaya infeksi sekunder, penipisan kornea mata atau sklera, perforasi, dan kondisi purulen akut pada mata.

Karena tergolong obat keras, Cendo Xitrol Minidose tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap formulasi obat. Ini bisa memicu reaksi alergi, seperti mata merah, mual, pusing, dan gatal-gatal. Beberapa orang juga mengalami susah membuka mata saat gejala alergi mulai menyerang. Selain itu, obat tetes mata ini tidak dianjurkan untuk pasien yang memiliki kondisi infeksi jamur sistemik, glaukoma, dan simplex keratitis.

Harga Cendo Xitrol Minidose

Obat Cendo Xitrol Minidose dapat Anda temukan dengan mudah di apotek terdekat, seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Saat ini, Cendo Xitrol Minidose ditawarkan dengan harga mulai Rp33.417. Tidak jauh berbeda dari tahun lalu yang berada di kisaran harga Rp29.700 hingga Rp34.245. Perlu diingat, harga obat mata tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tempat pembelian.

[Ditta]

[1] Laila, An Nisa N., dkk. 2019. Tingkat Pengetahuan Masyarakat di Daerah Joyoboyo tentang Penyakit Mata dan Sediaan Obat Mata. Jurnal Farmasi Komunitas Universitas Airlangga, Vol. 6(1): 9-13.

Pos terkait