Harga Cat Propaint (Interior & Weatherproof)

No comment170 views

Jika Anda ingin merenovasi hunian, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengecat ulang tembok rumah Anda. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam yang dapat Anda gunakan untuk mewarnai dinding. Nah, apabila kebetulan Anda mencari yang punya terjangkau namun dengan kualitas yang prima, salah satu rekomendasi menarik adalah Propaint.

Cat tembok Propaint (sumber: Tokopedia)

Propaint (sumber: Tokopedia)

Sebelum membahas mengenai Propaint, tidak ada salahnya jika kita mengulik sedikit mengenai cat dan cat tembok. Cat bisa dikatakan sebagai suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Secara umum, bahan baku cat terdiri dari empat bagian. Bagian pertama adalah binder, merupakan komponen pokok yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan cat pada media, selain berperan membangun karakteristik lapisan cat. Kemudian, ada solvent, yaitu bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama sekaligus mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.

Bahan ketiga adalah pigment atau filler, yang merupakan bahan pengisi yang berguna sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan cat. Terakhir, ada additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Nah, untuk mengecat tembok atau dinding suatu bangunan, tentunya dibutuhkan cat tembok. Sesuai namanya, cat tembok adalah cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat. 

Layaknya cat-cat lainnya, cat tembok secara umum terdiri dari lima bahan dasar, yaitu binder (resin sebagai pelekat), pigmen atau pewarna, solvent atau pelarut, filler atau bahan pengisi, dan additive atau bahan tambahan. Binder merupakan komponen utama dalam suatu cat yang berfungsi melekatkan bahan pada permukaan, sedangkan pigmen berguna memberi karakter khas pada suatu cat (termasuk warna). 

Cara Mengecat Tembok

Mengecat tembok

Mengecat tembok

  • Permukaan yang akan dicat harus kering dan , bebas dari debu, kotoran, dan minyak. Lubang kecil atau retakan halus sebaiknya diperbaiki dahulu sebelum dicat. Lindungi bagian yang tak ingin dicat dengan lakban, kertas, atau pita perekat. Pembatas antara dinding dan lantai, jendela dan bingkai, jendela biasanya harus ditutupi agar tidak terkena noda cat. Setelah selesai, segera cabut pita perekat sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.
  • Sebelum mulai dengan cat tembok, gunakan cat dasar yang mengandung acrylic emulsion, bahan cat yang memiliki daya tahan terhadap garam alkali dan efflorescence.
  • Aduk terlebih dahulu sebelum digunakan. Pada bagian pengenceran, 20% untuk lapisan pertama dan 10% untuk lapisan berikutnya. Gunakan air bersih untuk pengenceran.
  • Pakailah pelindung mata pada saat pengamplasan dan pengecatan. Pastikan ada ventilasi yang cukup selama pengecatan dan pengeringan. Apabila tidak cukup ventilasi, pakailah pelindung respirator yang sesuai. Bila terkena kulit, bersihkan segera dengan air dan sabun.
  • Alat pengecat berupa roller tidak bisa diaplikasikan di semua bagian dinding, hanya pada area yang luas saja. Sementara untuk area yang sulit seperti sudut ruangan, gunakan kuas kecil selebar dua inci.
  • Untuk trik mengecat dengan rata adalah dengan membuat gerakan zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata.
  • Biasanya, untuk mendapatkan hasil yang sempurna, ulangi pengecatan dua atau tiga kali.
  • Jangan lupa untuk segera mencuci dengan air bersih, supaya lebih awet dan bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya.

Review Cat Propaint

Katalog warna cat (sumber: lamudi.co.id)

Katalog warna cat (sumber: lamudi.co.id)

Seperti disampaikan di atas, saat ini sudah ada banyak merek cat tembok yang dapat Anda pilih untuk mewarnai dinding rumah Anda. Apabila Anda kebetulan memiliki anggaran yang cukup terbatas namun menginginkan cat tembok murah dengan kualitas yang juga terjamin, banyak tukang dan kontraktor yang merekomendasikan cat Propaint.

Dibandingkan merk-merk seperti Dulux, Mowilex, Avian, Paragon, atau Decolith, nama Propaint mungkin kurang bergema. Namun, sudah banyak kontraktor dan tukang yang mengakui keunggulan cat ini. Cat tembok Propaint dikatakan punya kualitas yang cukup baik meski punya harga terjangkau. Cat ini diklaim mampu menampilkan warna yang terang serta cepat kering. Jika dinding kotor karena debu atau terkena bercak noda, cukup dibersihkan menggunakan lap basah.

Di beberapa toko , warna cat Propaint memang cenderung terbatas. Biasanya, toko material bangunan menjual cat tembok Propaint dengan warna krem atau putih. Warna-warna lainnya masih jarang, atau mungkin belum ada. Namun, pilihan warna tersebut sudah mencukupi jika Anda menginginkan suasana yang simpel.

Harga Cat Propaint

Lalu, berapa yang diperlukan untuk bisa mendapatkan cat tembok Propaint? Di pasaran dalam negeri, cat tembok Propaint sekarang dijual dengan harga berkisar Rp275.000 per wadah/ember dengan kemasan 22 kg. Namun, ada juga yang menjual cat tembok Propaint dengan banderol Rp345.000 untuk kemasan yang sama.

Selain untuk interior, ternyata cat tembok Propaint juga ada yang tersedia untuk dinding luar ruangan atau eksterior. Dikatakan tahan panas atau weatherproof, cat Propaint ini sekarang dilepas dengan harga Rp650.000 untuk kemasan 20 kg. Anda bisa membelinya di berbagai toko cat, toko bahan bangunan, maupun situs jual beli online.

Baca juga  Update Harga Tiket Taman Rekreasi Zoo Kemaman di Malaysia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat Propaint (Interior & Weatherproof)"