Harga Cat Pernis Clear Coat Sikken di Pasaran

Pada saat Anda bosan dengan warna cat pada kendaraan bermotor seperti mobil atau motor, atau ada bagian dari mobil atau motor Anda yang tergores sehingga mengakibatkan bagian kendaraan Anda lecet, maka biasanya Anda langsung membawanya ke bengkel cat mobil untuk dilakukan cat kendaraan dengan air brush.

Airbrush adalah suatu pekerjaan yang membuat motif warna pada eksterior atau permukaan body luar baik itu sepeda motor ataupun mobil. Untuk pekerjaan seperti ini sangatlah memerlukan jiwa seni yang cukup tinggi, apalagi untuk suatu motif yang tergolong rumit pasti hal ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Biaya pengecatan tersebut juga sedikit lebih mahal, apalagi untuk hasil yang lebih memuaskan pasti Anda juga akan merogoh saku lebih banyak lagi.

Alat Airbrush yang Digunakan untuk Mengecat Motor - (Sumber: en.wikipedia.org)

Alat Airbrush yang Digunakan untuk Mengecat Motor - (Sumber: en.wikipedia.org)

Salah satu tahapan dalam melakukan cat airbrush pada kendaraan adalah pelapisan pernis. Pelapisan pernis atau clear coat hal ini bertujuan untuk membuat warna jadi mengkilap. Dalam melakukan pelapisan pernis ini diperlukan kehati-hatian agar tidak merusak motif yang sudah jadi.

Clear coat (vernis) adalah lapisan paling atas pada proses pengecatan di mana pada clear coat elemen pigmen dihilangkan dari cat. Clear coat ini berfungsi sebagai pelindung cat dari sinar ultraviolet, menambah kilap lapisan cat, menambah kehalusan dan meningkatkan pada kendaraan.

Kendaraan bermotor pada dasarnya memiliki tiga hingga empat lapisan cat. Lapisan pertama yang langsung menempel di permukaan pelat bodi mobil adalah antikarat untuk mencegah timbulnya karat. Lapisan berikutnya adalah primer. Primer pada dasarnya memiliki fungsi untuk meratakan permukaan anti karat yang tidak rata.

Lapisan selanjutnya adalah top coat atau yang juga dikenal dengan colour coat. Lapisan ini pada dasarnya adalah warna yang Anda lihat di mobil Anda setiap hari. Inilah cat yang mengandung warna, tergantung warna yang diaplikasikan. Permukaan cat ini tidak mengkilap dan diaplikasikan dengan penyemprotan. Kemudian lapisan ini pada dasarnya juga kurang tahan terhadap sinar ultraviolet (UV).

Langkah terakhir dalam pengecatan bodi mobil dan lapisan terakhir adalah clear coat. Inilah lapisan tanpa warna (clear) yang mengilapkan warna bodi dan melindungi lapisan lain dari kerusakan. Jika Anda tidak merawat lapisan clear coat, dampaknya akan buruk pada warna mobil Anda.

Lapisan clear coat membuat bodi mengkilap dan membuatnya terlihat baru. Saking mengkilapnya, sangat sulit menemukan kerusakan minor pada lapisan ini. Goresan atau baret kecil biasanya dapat dihilangkan dengan produk pemoles bodi mobil dengan mudah karena hanya mengenai lapisan terluar dari cat.

Namun, ketika lapisan clear coat mobil mulai usang, cat mobil Anda akan tampak lebih kusam. Cat tidak akan terlihat seperti mengkilap seperti dahulu dan ini adalah karena clear coat kehilangan beberapa sifat pelindungnya.

Satu hal yang spesifik untuk diperhatikan adalah apakah cat mengelupas atau tidak. Kebanyakan orang tidak akan menyadarinya karena pada dasarnya warna mobil Anda tidak berubah, hanya akan tampak usang. Jika Anda melihat lebih dekat, mungkin Anda bisa melihat lebih jelas ketika lapisan clear coat mulai terkikis.

Pada awalnya, penggunaan clear coat adalah hal yang sangat jarang dilakukan dalam pengecatan motor atau mobil. Padahal pemolesan pada cat yang tidak dilapisi clear coat ini akan mengakibatkan warnanya cepat memudar dan tidak akan bertahan lama. Saat ini telah banyak orang yang menggunakan sejumlah produk clear coat, salah satunya Sikken.

Umumnya, cat mobil atau motor modifikasi untuk kontes, selalu mutlak membutuhkan clear coat yang mempunyai karakter melindungi. Hal tersebut bertujuan supaya pemolesan dan waxing tidak langsung menyentuh atau berpengaruh pada blending warna, partikel metalik, penggunaan warna mutiara, dan model grafis dari airbrush.

Clear coat atau pernis (vernis) yang bagus biasanya sudah ditambahkan formula khusus untuk perlindungan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya sehingga dapat melindungi warna cepat memudar. Sangat penting untuk diperhatikan untuk tiap produk clear coat, apakah itu mengacu pada penggunaan langsung pada permukaan, ataukah penggunaan pada produk yang lain yang digunakan dalam satu paket sistem.

Banyak produk individual yang didesain khusus untuk satu bagian yang hanya dapat digunakan pada sebuah paket sistem, yang dapat memberikan efek buruk dari warna yang dihasilkan, daya lekat yang kurang bagus, dan menghasilkan permukaan yang meleleh terhadap kombinasi yang salah.

Clearcoat Sikken sendiri merupakan produk cat tanpa pigmen yang pada fungsinya adalah untuk melapis ulang. Clearcoat Sikken akan memberikan lapisan dalam proses memoles. Satu hal yang sering terjadi adalah saat memoles atau menggosok, pastikan jangan sampai menembus clearcoat langsung ke lapisan cat primer atau plastiknya.

Untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan yang baik terkadang sering terkendala dengan cat berkualitas yang sulit didapatkan di daerah. Namun, beberapa konsumen yang fanatik dengan merek berkualitas lebih, bahkan rela mengunjungi toko cat yang menyediakan clear coat yang diinginkannya. Salah satu produk buruan konsumen adalah clear coat Sikkens yang diklaim memberikan kilap motor lebih baik.

Cat Clear Coat Sikken - (Sumber: menyenk70.blogspot.com)

Cat Clear Coat Sikken - (Sumber: menyenk70.blogspot.com)

Kualitas clear coat Sikken dikatakan sebanding dengan , untuk konsumen yang mengerti dengan , bukan lagi menjadi persoalan yang menghalangi niat dalam mendapatkan hasil pengecatan yang baik. Bahkan saking penasaran konsumen akan rela merogoh saku lebih dalam dengan membeli dua clear coat Sikkens dengan jenis yang berbeda, hanya untuk sekadar membandingkan hasil akhir yang akan didapat.

Baca juga  Update Cara Merawat dan Harga Handuk Magnolia Emerald

Di lapisan clear coat Sikkens juga diklaim terdapat kandungan anti UV sehingga sinar UV tidak tembus ke lapisan top coat. Seberapa baik daya tahan clear coat terhadap sinar UV bakal mempengaruhi daya tahan cat mobil secara keseluruhan. Pada sejumlah mobil Eropa umumnya lapisan ini lebih tebal, maka dari itu cat mobil Eropa biasanya lebih tahan lama.

Sebagai informasi, untuk jenis clear coat, Sikken telah meluncurkan sejumlah produk yang digemari oleh konsumen, salah satunya adalah Clear Coat Sikkens HS Plus yang dijual di pasaran seharga Rp410 ribuan, dan Clear Coat Sikkens HS Plus Hardener P35 yang ditawarkan dengan harga sedikit mahal, yakni Rp430 ribuan.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Cat Pernis Clear Coat Sikken di Pasaran"