Update Harga Cat No Drop Tinting (1 Kg, 4 Kg, 20 Kg)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan No Drop buatan Avian Brands. Tetapi, bagaimana dengan No Drop Tinting? Ini adalah produk yang juga dibuat oleh Avian Brands, yang selain dapat melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air, juga diklaim mampu memperindah tembok rumah Anda dengan warna cerah dan beraneka ragam. Tersedia dalam kemasan 4 kg dan 20 kg, No Drop Tinting dijual dengan ratusan ribu rupiah.

Menuangkan cat dari kaleng

Menuangkan cat dari kaleng

Dikutip dari Wikipedia, cat tersedia dalam beragam . Berdasarkan resin binder yang digunakan, cat dapat dibagi menjadi cat epoxy (menggunakan bahan resin epoxy), cat PU (menggunakan bahan resin Polyurethane), cat melamin (menggunakan bahan resin melamin), cat NC (menggunakan bahan resin nitrocellulose), cat acrylic (menggunakan bahan resin akrilik), cat alkyd (menggunakan bahan resin alkyd), dan lain sebagainya. 

Sementara, berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat minyak, cat thinner, dan cat air. Cat minyak adalah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak rantai panjang (oil based paint), cat thinner menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utama (solvent based paint), sedangkan cat air memakai air sebagai bahan pelarut utama (water based paint).

Nah, untuk mengecat tembok atau suatu bangunan, tentunya dibutuhkan cat tembok. Sesuai namanya, cat tembok adalah produk cat yang digunakan untuk tembok atau dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat. 

Layaknya cat-cat lainnya, cat tembok secara umum terdiri dari lima bahan dasar, yaitu binder (resin sebagai pelekat), pigmen atau pewarna, solvent atau pelarut, filler atau bahan pengisi, dan additive atau bahan tambahan. Binder merupakan komponen utama dalam suatu cat yang berfungsi melekatkan bahan pada permukaan, sedangkan pigmen berguna memberi karakter khas pada suatu cat (termasuk warna). 

Dalam pembuatan cat tembok, pigmen yang digunakan ada beberapa jenis, di antaranya:

  • Titanium Dioxide (TiO2), yaitu pigmen yang paling dominan pada pembuatan cat tembok tipe polished. Pigmen ini sendiri terdiri dari dua golongan besar, yaitu rutile yang terdiri dari tipe chloride dan tipe sulfite, serta anatase (jarang dipakai pada cat tembok).
  • Inorganic Pigment, umumnya berasal dari metal based, sehingga memiliki ketahanan lebih terhadap sinar matahari. Selain itu, ketahanan panas juga cukup tinggi, meski tidak terlalu penting untuk aplikasi cat tembok. Beberapa inorganic pigment berbahan dasar iron-oxide cukup disukai karena harganya yang lebih ekonomis dan berdaya tahan tinggi.
  • Organic Pigment, didominasi oleh unsur karbon. Jenis warna yang dihasilkan oleh pigmen ini umumnya cerah dan memungkinkan adanya variasi warna yang menarik. Kekurangan pigmen ini untuk cat tembok adalah dari sisi light-fastness, atau yang menyatakan daya tahan pigmen terhadap sinar matahari. Untuk cat tembok dengan pigmen ini, aplikasi harus diperhatikan baik-baik, apakah interior atau eksterior.

Kegunaan dan Kelebihan No Drop Tinting

Tidak sulit menemukan cat tembok, karena sudah banyak merek yang beredar di pasaran. Nah, bagi Anda yang ingin tembok Anda tahan terhadap rembesan air serta punya warna yang keren, salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah No Drop Tinting. Seperti dijelaskan di atas, produk buatan Avian Brands ini, selain dapat melindungi tembok dari retak rambut dan rembesan air, juga diklaim mampu memperindah tembok rumah Anda dengan warna cerah dan beraneka ragam.

Cat No Drop Tinting kemasan kaleng besar (instagram: @putrasantosa.antaraya)

Cat No Drop Tinting kemasan kaleng besar (instagram: @putrasantosa.antaraya)

Dilansir dari situs resmi Avian Brands, cat No Drop Tinting dikatakan memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Kedap air sehingga bisa sebagai penahan rembesan air.
  • Bersifat elastis sehingga bisa menutup retak rambut.
  • Memiliki ketahanan alkali yang bagus.
  • Mengandung anti-jamur.
  • Tersedia pilihan beraneka warna.

Cara Menggunakan No Drop Tinting

  • Sebelum mulai mengaplikasikan cat ini, permukaan yang akan dicat harus kering, bersih dan bebas dari karat, debu, minyak, serta kotoran yang mudah terkelupas. Selain itu, bersihkan area yang berlumut dan berjamur dengan menggunakan Lenkote Biocidal Wash.
  • Aduk dulu No Drop Tinting sampai rata sebelum digunakan.
  • Untuk permukaan tembok, beton, asbes, atau plester, aplikasikan satu lapis No Drop Tinting yang diencerkan dengan 20 persen air sebagai cat dasar. Lalu, biarkan kering sebelum mengulang lapisan berikutnya. Untuk lapisan kedua dan selanjutnya, aplikasikan No Drop tanpa pengencer sampai ketebalan minimal 250 micron.
  • Untuk permukaan galvanis atau seng, aplikasikan satu lapis active primer sebagai lapisan dasar untuk menghasilkan daya lekat yang baik. Setelah kering, Anda bisa mengaplikasikan No Drop Tinting tanpa pengencer sampai ketebalan kering minimal 250 micron.
  • Untuk memperbaiki retakan atau sambungan di bawah 2 mm, aplikasikan satu lapis No Drop Tinting yang diencerkan dengan 10 persen air sebagai cat dasar. Setelah itu, tempelkan serat fiber atau kain kasa untuk memperkuat sambungan, biarkan setengah kering. Kemudian, aplikasikan No Drop Tinting tanpa pengencer.

Jika Anda sudah selesai mengecat, segera bersihkan semua peralatan dengan air bersih. Simpan cat No Drop Tinting dalam wadah tertutup di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan cat ini dari sumber panas, percikan, dan nyala api (Anda pun dilarang merokok selama menggunakan bahan ini). Usahakan area penyimpanan dan selama aplikasi cat adalah ruangan dengan ventilasi cukup. Selain itu, jauhkan cat ini dari jangkauan anak-anak.

Harga No Drop Tinting

Kemasan No Drop TintingHarga
No Drop Tinting 1 kgRp45.000 – Rp66.000
No Drop Tinting 4 kgRp150.000 – Rp366.000
No Drop Tinting 20 kgRp680.000 – Rp1.587.000

Harga cat No Drop Tinting di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bahan bangunan dan situs jual beli online. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019 lalu, harga No Drop Tinting kemasan 4 kg sekitar Rp170 ribu sampai Rp250 ribuan, sedangkan varian 20 kg dijual dengan harga Rp750 ribu hingga Rp810 ribuan. Jika membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke bahan bangunan terdekat di kota Anda.

Baca juga  Harga Bubur Bayi Milna (Indomaret, Alfamart, Situs Jual Beli Online)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Cat No Drop Tinting (1 Kg, 4 Kg, 20 Kg)"