Harga Cat Nippon Paint Satin Glo (2,5 Liter & 20 Liter)

Di pasar cat tembok atau dinding, Nippon Paint bisa dikatakan sebagai salah satu nama populer. ini sendiri sudah merilis banyak cat untuk tembok, salah satunya Nippon Paint Satin Glo. Diklaim merupakan cat premium dengan hasil akhir kemilau seperti sutra, Anda bisa mendapatkan cat ini dengan mulai ratusan ribu rupiah.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cat, terutama Anda yang berprofesi sebagai tukang bangunan. Cat bisa dikatakan sebagai suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Harga Cat - dịchvụsửanhàhànội.vn

Harga Cat - dịchvụsửanhàhànội.vn

Secara umum, cat terdiri dari empat bagian. Bagian pertama adalah binder, merupakan komponen pokok yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan cat pada media, selain berperan membangun karakteristik lapisan cat. Kemudian, ada solvent, yaitu bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama sekaligus mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.

Bahan ketiga adalah pigment atau filler, yang merupakan bahan pengisi yang berguna sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan cat. Terakhir, ada additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Nah, untuk mengecat dinding atau tembok, tentu diperlukan cat tembok. Seperti namanya, cat tembok adalah cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat. 

Layaknya cat-cat lainnya, cat tembok secara umum terdiri dari lima bahan dasar, yaitu binder (resin sebagai pelekat), pigmen atau pewarna, solvent atau pelarut, filler atau bahan pengisi, dan additive atau bahan tambahan. Binder merupakan komponen utama dalam suatu cat yang berfungsi melekatkan bahan pada permukaan, sedangkan pigmen berguna memberi karakter khas pada suatu cat (termasuk warna). 

Review Nippon Paint Satin Glo

Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merek cat yang bisa digunakan untuk menghias dinding rumah Anda. Salah satu brand yang cukup terkenal di kalangan Tanah Air adalah Nippon Paint. Ini adalah perusahaan yang konon sudah eksis sejak tahun 1881 silam sebagai perusahaan manufaktur dan pelopor industri cat di Jepang.

Dari Negeri Sakura, Nippon Paint lantas melakukan ekspansi dengan cepat ke berbagai negara di dunia. Salah satu negara yang disasar adalah Indonesia, yang dimasuki pada tahun 1969 lalu. Selain di Indonesia, negara kawasan Asia lainnya yang juga telah disasar oleh Nippon Paint antara lain Filipina, India, Thailand, Hong Kong, China, hingga Pakistan.

Untuk cat tembok, Nippon Paint membaginya dalam dua kategori produk, yaitu cat tembok luar ruangan (outdoor) dan cat tembok dalam ruangan (indoor). Khusus untuk cat tembok indoor, salah satu produk yang diklaim premium oleh perusahaan adalah Nippon Paint Satin Glo. Pasalnya, cat tembok ini dikatakan dapat menghasilkan finishing halus kemilau seperti sutra.

Menurut situs resminya, Nippon Paint Satin glo adalah cat dinding emulsi berbasis 100 persen akrilik dengan hasil akhir yang mewah dan halus kemilau seperti sutra. Cat ini khusus diformulasikan untuk mendapatkan perlindungan dinding sehingga anti-jamur dan mudah dibersihkan, juga tanpa tambahan timbal dan merkuri.

Harga Cat - chodichvu24h.com

Harga Cat - chodichvu24h.com

Spesifikasi Nippon Paint Satin Glo

Jenis CatEmulsi Akrilik
TeksturMedium Gloss
WarnaPutih dan Warna Lainnya
Specific Gravity 1,13 – 1,26 (Putih dan Pastel)
Daya Sebar Teoretis 10 – 12 m2 per liter per lapis

Aplikasi Nippon Paint Satin Glo

  • Bersihkan permukaan dinding dari debu, minyak, dan kotoran lainnya. Hindari pengecatan jika kada alkali pada > pH9 dan kadar kelembapan > 12 persen, dengan protimeter atau > 6 dengan elcometer.
  • Untuk hasil yang terbaik, gunakan wall sealer (Nippon Alkali-Killer Sealer White, Nippon 3-in-1 Anti-Alkali Primer Sealer, Vinilex 5180 Wall Sealer).
  • Larutkan cat dengan air, dengan persentase 0 hingga 5 persen jika menggunakan kuas atau roll, 20 hingga 25 persen jika menggunakan air spray, atau 0 hingga 5 persen jika menggunakan airless spray.
  • Ketebalan per lapis yang dianjurkan adalah 30 hingga 40 u.
  • Jumlah lapisan yang dianjurkan adalah minimal 2 lapis.
  • Waktu kering pada suhu 30 derajat Celcius sekitar 30 menit untuk kering sentuh, 1 jam untuk kering keras, dan 3 jam untuk interval pengecatan selanjutnya.
  • Waktu kering kemungkinan akan terhambat pada temperatur udara yang rendah. Jadi, jangan aplikasikan cat pada kelembapan udara kurang dari 85 persen dan/atau temperatur udara kurang dari 7 derajat Celcius.
  • Jangan lakukan tinting dengan pigmen berbahan dasar minyak atau thinner.
  • Semua peralatan sebaiknya langsung segera dibersihkan dengan air setelah selesai digunakan.

Harga Nippon Paint Satin Glo

Tidak sulit menemukan cat tembok Nippon Paint Satin Glo. Pasalnya, produk ini sudah tersedia luas di pasaran, baik di toko material bangunan maupun situs jual beli online. Untuk kemasan 2,5 liter, cat ini dijual dengan harga Rp200.000 hingga Rp225.000 per galon, sedangkan banderol Nippon Paint Satin Glo kemasan 20 liter berkisar Rp1.600.000 per galon.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Biaya Kuliah & Biaya Hidup di Turki
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat Nippon Paint Satin Glo (2,5 Liter & 20 Liter)"