Update Harga Batu Hijau Langsol dan Cara Menggunakannya

Benda berbahan metal seperti stainless steel memang harus rutin dirawat. Salah satunya yaitu dengan digosok menggunakan batu poles. Di pasaran, ada batu poles berwarna hijau bermerk Langsol, yang ternyata biasa digunakan untuk menggosok metal. Untuk bisa mendapatkan batu ini, harga yang harus Anda tebus pun tidak mahal.

harga, langsol, merek, batu, hijau, sepeda, motor, berubah, bentuk, per, pcs, di, pasaran, stainless steel, metal, perabotan, rumah, tangga, gerinda, karton, tebal, bensin, minyak, tanah
Aplikasi Langsol untuk membuat mesin berkilau (youtube: Sidik motor)

Batu poles hijau merk Langsol ini diklaim memiliki kemampuan mengikis yang rendah. Salah satu dampak dari kemampuan yang rendah/ringan dalam mengikis bisa menyebabkan objek menjadi terlihat mengkilap bahkan memantulkan cahaya hampir sempurna, sehingga mirip cermin. Metal yang paling sering dan mungkin paling cocok digosok dengan batu ini adalah metal jenis stainless steel.

Bacaan Lainnya

Salah satu benda yang sering dipoles menggunakan batu ini adalah mesin sepeda motor. Namun, bagi konsumen yang sudah mencoba memakai batu Langsol, sebelum mengoles mesin, mereka biasanya menyiapkan bahan-bahan seperti kuas, bensin atau minyak tanah secukupnya, soda api/cat remover, dan beberapa potongan kain celana jeans.

Mengapa memilih bahan jeans? Hal itu karena tekstur bahan jeans agak kasar dibandingkan kertas koran, dan pastinya lebih bersih jika digunakan untuk memoles mesin. Jika memakai koran, nanti mesin akan terlihat sedikit hitam, sebab tinta dari koran itu menempel di blok mesin.  Sebelum memulai, untuk menghilangkan warna cat dasarnya, disarankan jangan menggunakan amplas ukuran berapa saja. Jika pakai amplas, blok mesin akan tampak adanya garis-garis tipis.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Rumput Sintetis per Meter

Memoles Mesin Motor dengan Batu Langsol

  • Langkah pertama, oleskan soda api atau cat remover dengan pada seluruh blok mesin sampai warna dasar blok mesin mengelupas.
  • Basuh dengan air sabun tanpa detergen hingga bersih. Kemudian, keringkan dengan dijemur. Kalau sudah kering, dipoles.
  • Amplas bagian yang akan dipoles dengan amplas ukuran 2000 agar tidak tergores terlalu dalam.
  • Ambil potongan kain jeans, kemudian celupkan ke wadah bensin atau minyak tanah, lalu oleskan pada batu hijau yang berbentuk batangan sedikit demi sedikit.
  • Setelah jeans tersebut sudah basah dengan bensin, poles batu hijau ke bagian mesin yang diinginkan hingga benar-benar mengilap dengan sedikit menekan. Namun, jangan berpindah-pindah dulu. Sebaiknya satu bagian mesin yang dipoles, dan setelah mengilap, pindah ke bagian lain.

Apabila sering digunakan, batu hijau itu bisa berubah bentuk menjadi tidak beraturan. Hal itu karena sering dipakai untuk menggosok bak sepeda motor. Batu hijau itu memang sengaja digesek dengan gerinda yang sudah menggunakan mata dari karton tebal, perlahan terkikis dan semakin cepat berkurang.

Untuk menggosok bak sepeda motor, bukan batu hijau yang digosok ke bagian yang akan dipoles, tetapi sebaliknya. Apabila batunya yang digesekkan, maka hasilnya bukan mengilap, tetapi baret (berbekas). Jika batu hijau yang digesek dengan gerinda diarahkan ke bagian yang akan dipoles, maka serbuk yang menempel yang akan digosok dengan gerinda mata karton tebal sampai tidak ada baret halus agar hasilnya mengilap. 

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Batu Intan Mentah

Menggunakan Batu Hijau Langsol Tanpa Gerinda

Dikarenakan bagian yang akan dipoles sudah lumayan halus dan tidak tertutup cat, cukup iris batu hijau dan diberi sedikit bensin, lalu digosok dengan kertas koran secara berulang-ulang sampai mengilap. Batu hijau yang sudah diiris dan diberi bensin akan memudahkan menggosok dengan tangan. Jangan lupa untuk menambahkan bensin agar batu hijau tidak kering, karena akan mengakibatkan goresan/baret halus yang mengurangi hasil akhir.

Langsol (sumber: biggo)
Langsol (sumber: biggo)

Benda yang dapat dipoles bukan hanya bagian dari sepeda motor, tetapi juga bisa perabotan rumah dengan bahan stainless steel. Umumnya, material stainless steel terdiri dari beberapa jenis. Bahan umum yang ada di rumah dan dijadikan sebagai fitur atau perabot ada dua, yaitu mirror stainless steel dan hairline stainless steel. Mirror stainless steel merupakan besi yang mengilap, sedangkan hairline stainless steel adalah jenis yang sebaliknya atau stainless steel dengan finishing matt.

Selain perbedaan dari segi tampilan, kedua jenis stainless steel itu juga memerlukan perlakuan yang berbeda dalam hal perawatan. Untuk mirror stainless steel misalnya, untuk membersihkannya adalah dengan mengelapnya menggunakan kain yang telah dibasahi larutan khusus. Larutan ini terbuat dari air bersih dan cairan pembersih khusus mirror stainless steel. Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung bahan atau zat bersifat abrasif (mengikis), karena dapat merusak dan membuat stainless steel jenis ini kehilangan kilaunya.

Sementara itu, untuk furnitur berbahan hairline stainless steel , harus dibersihkan menggunakan kain microfiber dan cairan pembersih kaca. Bila noda cukup membandel, Anda bisa menggunakan kain kering dan minyak zaitun (olive oil). Khusus untuk tempat sampah berbahan stainless steel, baik mirror maupun hairline, sebelum Anda membersihkannya dengan cara-cara di atas, baiknya masukan potongan lemon dan air panas ke dalamnya. Kocok-kocok sampai lemak yang menempel luntur atau bau pada tempat sampah itu menjadi hilang. Kunci utama dalam merawat perabot berbahan stainless steel adalah pastikan Anda mengelap sampai kering sehabis mencucinya.

Baca juga  Update Biaya Keanggotaan Kadin (Uang Pangkal dan Iuran Tahunan)

Batu hijau atau langsol termasuk salah satu benda yang lumayan susah didapat, terutama di daerah yang jauh dari pusat kota. Namun, biasanya usaha teralis dan pagar stainless memiliki stok yang lumayan banyak. Jadi, jika Anda butuh, bisa mencari saja di toko itu. Untuk yang lebih praktis, Anda bisa berburu batu ini di beberapa situs e-commerce dalam negeri. Lalu, berapa harga batu hijau langsol saat ini?

Harga Batu Hijau Langsol

Ukuran Batu Hijau Langsol Harga
Batu Hijau Langsol 50 gr Rp4.000 – Rp6.000
Batu Hijau Langsol 250 gr Rp15.000 – Rp20.000
Batu Hijau Langsol 500 gr Rp30.000 – Rp55.000

Harga batu hijau langsol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini sebenarnya cenderung stabil. Batu hijau langsol 50 gr misalnya, masih tetap dijual di kisaran harga Rp4 ribu sampai Rp6 ribu, sedangkan harga ukuran 500 gr masih berada di kisaran Rp30 ribu hingga Rp40 ribuan.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.