Info Terbaru Harga & Cara Membuat Lem DF 74 untuk Transfer Foto ke Kayu

Kerajinan tangan berupa transfer foto ke media kayu kini begitu disukai. Dibanding mencetaknya di foto biasa, mencetak foto ke media seperti kayu dianggap lebih unik dan cocok dijadikan pajangan.  untuk transfer foto ke kayu biasanya membutuhkan lem atau perekat khusus.

Ilustrasi: transfer foto (sumber: ideastand.com)

Ilustrasi: transfer foto (sumber: ideastand.com)

Di luar negeri, biasanya para pecinta handicraft lebih senang menggunakan lem bermerek Mod Podge. Lem satu ini keunikannya memiliki finishing atau hasil akhir yang cenderung mengilat. Di Indonesia, memang sudah ada beberapa toko buku atau ATK yang menjual lem merk Mod Podge. Sayangnya, mencari ini memang tergolong sulit karena biasanya hanya dijual di toko-toko ATK besar. Oleh sebab itu, beberapa orang mengakali Mod Podge dengan menciptakan lem pengganti, salah satunya yang dinamakan lem DF 74.

Dibandingkan dengan Mod Podge, lem DF 74 disebut-sebut lebih ekonomis dan hemat. Bagaimana tidak? Harga Mod Podge sebotol kecil berisi 8 oz atau sekitar 236 ml bisa dijual lebih dari Rp200 ribuan. Lalu, berapa harga lem DF 74? Berikut informasi lengkapnya.

Harga Lem DF 74

Lem DF 74 untuk transfer foto ke kayu atau media lainnya dijual dengan harga yang bervariasi. Rata-rata penjual di situs e-commerce menjual cairan DF 74 dalam kemasan botol isi 500 ml dengan harga antara Rp175 ribuan hingga Rp200 ribuan per botol. Setiap sebotol lem DF 74 berukuran 500 ml rata-rata dapat digunakan untuk mencetak 20 lembar foto berukuran A4.

Lem DF 74 menawarkan berbagai kelebihan, mulai dari proses transfer yang cukup cepat, hanya 30 menit saja untuk 20 x 20 cm, kemudian diklaim bersifat tahan air, tidak luntur, kuat atau dapat bertahan selamanya, bisa untuk finishing clear (transparan), serta dapat digunakan untuk mencetak banyak foto sekaligus.

kertas yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan lem DF 74 adalah glossy photo paper atau kertas foto 120 GSM (120 gram) pada printer inkjet, sedangkan untuk printer laser bisa menggunakan kertas art paper 100 atau 120 gram. printer yang digunakan bebas, Anda bisa mencetak dari printer laserjet maupun inkjet.

Apabila Anda tertarik untuk berkreasi dengan teknik decoupage atau transfer foto ke kayu dan sebagainya, Anda bisa mencari lem DF 74 secara online. Saat ini sudah ada beberapa toko yang mengiklankan produk lem DF 74-nya secara online, baik penjual yang berasal dari Bandung, Jogja, atau daerah-daerah lainnya.

Namun jika Anda masih kesulitan untuk menemukan Mod Podge dan lem DF 74, tak ada salahnya untuk membuat sendiri bahan perekat semacam itu yang fungsinya menyerupai Mod Podge. Anda bisa menggunakan 2 alternatif bahan baku, yakni dari lem atau dari tepung terigu.

Lem DF (sumber: crystalandcomp.com)

Lem DF (sumber: crystalandcomp.com)

Bahan-Bahan Mod Podge Berbasis Lem

  • 225 ml lem putih
  • 112 ml air
  • 2 sendok pernis berbahan air (opsional)
  • 2 sendok makan glitter yang sangat halus (opsional)

Bahan-Bahan Mod Podge Berbasis Terigu

  • 210 gram tepung terigu
  • 56 gram gula pasir
  • 225 ml air dingin
  • 1/4 sendok teh minyak zaitun (opsional)
  • 1/4 sendok teh cuka (opsional)

Cara Membuat Mod Podge Homemade

Bahan-bahan membuat mod podge(sumber: Pinterest)

Bahan-bahan membuat mod podge(sumber: Pinterest)

Berbasis Lem

  1. Siapkan toples bersih dengan tutup rapat yang menampung isi sekitar 337,5 ml. Toples tersebut bisa yang terbuat dari atau plastik. Namun bila Anda ingin membuat Mod Podge yang mengkilap atau bekerlip, Anda membutuhkan toples yang ukurannya agak besar.
  2. Siapkan 225 ml lem putih cair yang biasa digunakan oleh anak sekolah.
  3. Buka botol lem dan tuangkan ke wadah. Apabila lemnya kental dan tidak bisa keluar dengan mudah, Anda bisa menuangkan sedikit air mendidih ke dalam botol lem, tutup rapat, dan kocok. Lalu buka botol lem dan tuangkan dalam toples.
  4. Tambahkan air ke dalam wadah sebanyak 112 ml dan aduk hingga tercampur.
  5. Tambahkan pernis agar hasil akhir Mod Podge buatan Anda bisa mengilap. Atau Anda juga bisa menambahkan glitter agar finishingnya bekerlip.
  6. Tutup toples dan kocok sampai semua tercampur. Lem pun sudah siap digunakan.

Berbasis Terigu

  1. Siapkan toples bersih dengan tutup rapat.
  2. Campurkan terigu dan gula pasir ke dalam panci. Ayak 210 gram terigu dan 56 gram gula pasir ke dalam panci. Jangan letakkan panci di atas kompor dan jangan nyalakan kompornya.
  3. Tambahkan air dan aduk dengan cepat menggunakan pengocok telur untuk mencampur semua bahan dan menghilangkan gumpalan. Anda bisa menambahkan minyak agar hasilnya lebih mengilap.
  4. Nyalakan kompor dan aduk semua bahan. Gunakan api sedang dan jangan biarkan sampai mendidih. Hasil akhirnya nanti cenderung kental seperti lem. Apabila menurut Anda terlalu kental, bisa menambahkan air sambil terus diaduk. Supaya meminimalisir tumbuhnya jamur, Anda bisa menambahkan cuka setelah panci diangkat dari kompor, lalu aduk kembali.
  5. Jika sudah benar-benar dingin, Anda bisa menyimpannya dalam toples dan menutupnya. Gunakan dalam 1 atau 2 minggu.

Meski bisa membuat sendiri, ketahuilah bahwa Mod Podge atau lem DF 74 buatan sendiri biasanya memiliki beberapa kekurangan. Misalnya saja daya rekatnya yang kurang kuat, mudah busuk, teksturnya kasar (yang terbuat dari terigu), atau sebagainya. Untuk mengantisipasi hal itu, Anda bisa menyemprotkan cat pelindung  setelah Mod Podge kering.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Lengkap Gelas Jus dan Harga per Lusin

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga & Cara Membuat Lem DF 74 untuk Transfer Foto ke Kayu"