Info Terbaru Harga Camperlan

Sabun menjadi salah satu benda yang dibutuhkan untuk membersihkan tubuh dari kotoran, karena dinilai mampu membasmi kuman yang hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari batang hingga cair. Namun, tak banyak orang mengetahui komponen bahan untuk membuat sabun yang mampu memunculkan busa. Dikenal dengan nama camperlan, komponen tersebut ternyata mudah ditemukan di bahan kimia dengan harga bervariasi.

Ilustrasi: sabun cuci piring cair (sumber: healthyfood.com)
Ilustrasi: sabun cuci piring cair (sumber: healthyfood.com)

Hadir dalam berbagai model, sesuai fungsi bahan, sabun terbagi menjadi beberapa jenis, meliputi sabun alami (natural soap), sabun scrub, sabun jerawat (acne soap), dan sabun busa (foam soap). Foam soap banyak dipilih untuk berendam karena jenis yang satu ini diperkaya dengan foam agent dalam formulanya, sehingga saat diaplikasikan akan membentuk busa yang banyak. Nah, salah satu pembentuk busa tersebut kerap disebut camperlan.

Bacaan Lainnya

Fungsi Camperlan

Memiliki nama dagang Cocamidopropyl betaine /CAB/CAPB, camperlan punya bentuk yang cair dan kental, camperlan juga terkadang dikenal sebagai foam booster, tetapi keduanya sebenarnya memiliki perbedaan. Camperlan berfungsi sebagai penambah busa dan pengental, sedangkan foam booster lebih berperan dalam menaikkan kadar busanya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Camperlan juga merupakan zat yang dapat memaksimalkan kerja texapon atau zat dengan sifat surfaktan yang berperan untuk mengangkat lemak.[1] Selain menambah busa, camperlan juga digunakan sebagai pengemulsi dan pengental untuk shampoo, pencuci piring/dishwash, pembersih lantai, hand soap, cleansing agent dan deterjen alkali tinggi atau sebagai vitamin untuk busa sabun. Lalu, bagaimana cara membuat sabun cuci piring dengan bahan camperlan?

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dengan Camperlan

  • Siapkan bahan seperti 18 kg texapon, 9 kg sodium sulfat, camperlan secukupnya, 2 foam booster, 1,2% EDTA atau pengawet, parfum dengan aroma sesuai selera secukupnya, fixative secukupnya, pewarna secukupnya, 180 liter air bersih.
  • Perlu diketahui, penambahan EDTA berperan sebagai pengawet yang mampu tahan hingga 8 tahun
  • Campurkan texapon dan sodium sulfat dalam sebuah wadah yang cukup besar agar mampu menampung semua bahan. Kemudian aduk perlahan sampai merata dan berubah warna menjadi putih.
  • Masukkan air secara perlahan ke dalam adonan texapon dan sodium sulfat. Cukup masukkan air separuh saja ke dalam adonan sambil dituangkan dan mengaduknya hingga rata.
  • Tambahkan camperlan pada adonan dan aduk semua hingga tercampur sempurna.
  • Tuangkan semua sisa air yang sudah disiapkan secara perlahan sambil terus diaduk agar tercampur rata.
  • Masukkan foam booster sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang sudah terbentuk sampai adonan berubah menjadi kental. Kemudian, tambahkan fixative dan EDTA lalu aduk kembali sampai tercampur.
  • Tambahkan pewarna dan parfum secukupnya.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Camperlan kemasan botol (sumber: jujura.id)
Camperlan kemasan botol (sumber: jujura.id)

Cairan pencuci piring buatan Anda siap digunakan dan perlu diingat untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Untuk pewarna yang digunakan berbentuk serbuk yang fungsinya sebagai pemberi warna pada sabun cair. Pewarna yang dipakai umumnya pewarna makanan yang dapat digunakan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sesuai warna yang diinginkan.

Apabila Anda menggunakan takaran formula seperti di atas, maka larutan cuci piring yang dapat digunakan sebanyak 215 liter. Pemberian parfum pada sabun cair dengan perbandingan 1 ml parfum berbanding 500 ml sabun cair. Anda dapat memodifikasi sendiri takaran dari formula sabun cuci piring tersebut. Lalu, berapa harga camperlan di pasaran saat ini?

Harga Camperlan

Kemasan Camperlan Harga
Camperlan 100 gr Rp9.000 – Rp13.000
Camperlan 250 gr Rp30.000 – Rp35.000
Camperlan 0,5 kg Rp62.000
Camperlan 1 kg Rp120.000
Camperlan 5 kg Rp318.000
Camperlan 210 kg Rp9.500.000

harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Harga camperlan tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga camperlan saat ini terpantau mengalami kenaikan.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Sebagai contoh, camperlan 1 kg yang semula dibanderol Rp111 ribu, naik menjadi Rp120 ribuan. Sementara itu, camperlan 100 gr yang dilepas dengan harga Rp7 ribu pada tahun lalu, sekarang naik menjadi Rp9 ribu sampai Rp13 ribuan. Anda dapat membeli produk camperlan per kg di toko bahan kimia terdekat atau memesannya secara online agar lebih praktis tentunya dengan harga bersaing.

[Update: Panca]

[1] Suryana, Dayat. 2013. Cara Membuat Sabun: Cara Praktis Membuat Sabun. Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform, hlm. 8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *