Info Harga Calathea Black Lipstick

Popularitas calathea memang melambung sejak beberapa waktu lalu. Tanaman hias daun ini memiliki bentuk dan corak-corak warna yang menarik. Tak heran jika banyak penghobi yang tertarik untuk menanamnya di . Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah calathea black lipstick. Tanaman yang daunnya berwarna kehitaman ini unik dan menarik. Oleh sebab itu, calathea black agak mahal.

Calathea black lipstick (sumber: mydomaine.com)
Calathea black lipstick (sumber: mydomaine.com)

Tentang Calathea Black Lipstik

Bagi pencinta tanaman hias, Calathea merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat diminati sebagai tanaman hias indoor. Keindahan daunnya membuat para pencinta tanaman langsung jatuh hati begitu melihatnya. Tidak heran, di tahun 2019 tanaman ini menjadi populer dan hits. Bahkan, di tahun 2020 tanaman calathea semakin diburu oleh penggemarnya.[1]

Bacaan Lainnya

Calathea merupakan jenis tanaman hias berdaun indah yang termasuk dalam famili Marantaceae. Dilihat dari daunnya, tanaman calathea ini mirip dengan aglaonema. Perbedaannya adalah pada batangnya, di mana batang tanaman calathea lebih kaku dengan daun yang berwarna belang-belang. Calathea termasuk jenis tanaman tropis yang tumbuh di tempat lembap dengan kondisi lingkungan cenderung hangat.

Tanaman yang berasal dari Amerika ini sangat cocok ditanam di pot kecil dan diletakkan di dalam rumah atau ruang kerja. Tanaman ini juga disebut meranti atau prayer plant (tanaman doa). Penanaman tersebut dikarenakan mitos yang berkembang dalam masyarakat tentang tanaman ini, yaitu dapat memberikan kebaikan bagi penghuni rumah.

Selain daunnya yang indah, karakteristik khas calathea adalah pada saat malam tiba, tanaman ini akan menggulung daunnya seperti sedang berdoa. Hal ini pula yang menyebabkannya dinamakan prayer plant. Seperti tanaman hias lainnya, calathea terdiri dari banyak sekali jenis atau macam.[2] Salah satu yang tampilannya indah adalah calathea black lipstick.

Calathea black lipstick memiliki daun berukuran besar dan lebar berbentuk elips atau oval. Jika dilihat sepintas, daun calathea black lipstick berwarna seperti hitam. Padahal sebenarnya daunnya berwarna ungu tua dengan corak merah muda di pinggiran dan tulang daunnya. Tanaman calathea black lipstick kabarnya bisa tumbuh dan mekar hingga ukuran maksimal antara 30-50 cm. Berikut info harga calathea black lipstick di pasaran Indonesia.

Harga Calathea Black Lipstick

Calathea black lipstick (sumber: brilio)
Calathea black lipstick (sumber: brilio)
Ukuran & Calathea Black Lipstick Harga (Rp)
Bibit Calathea Black Lipstick pot diameter 10 cm 25.000
Calathea Black Lipstick daun 1 30.000
Calathea Black Lipstick daun 2-3 35.000
Calathea Black Lipstick tinggi 10/20 cm 41.000
Calathea Black Lipstick daun 4-5 60.000
Calathea Black Lipstick daun 6-7 65.000
Calathea Black Lipstick dewasa daun 10-12 (size L) 150.000
Calathea Black Lipstick rimbun 20 daun 550.000

Informasi harga calathea black lipstick di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu diingat bahwa harga tanaman hias calathea black lipstick dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga calathea black lipstick yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari atau penawaran pihak penjual.

Nah, jika Anda tertarik untuk menanam calathea black lipstick di rumah, Anda bisa membeli bibit atau tanamannya di toko-toko tanaman hias terdekat di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda juga dapat membeli tanaman calathea black lipstick secara online melalui sejumlah marketplace. Perhatikan pula cara perawatan calathea black lipstick.

Perawatan Calathea Black Lipstick

Calathea black lipstick merupakan tanaman yang tak butuh banyak . Oleh sebab itu, penyiraman cukup dilakukan 1 kali sehari, pada pagi atau sore hari. Kemudian, beri pupuk NPK secara rutin maksimal 1 bulan sekali guna memicu pertumbuhan daun sekaligus mencegah kelayuan dan daun meranggas. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk rutin melakukan penyiangan tanaman untuk menghilangkan pengganggu. Cabut gulma yang tumbuh di sekitar pot atau polybag tempat Anda menanam calathea black lipstick.

Anda juga bisa memotong akar atau daun calathea black lipstick yang layu atau mulai mengering. Sebaiknya potong dengan gunting khusus tanaman yang bersih dan tidak berkarat. Bersihkan pula daunnya supaya terlihat mengilap dan indah ketika berada di dalam ruangan.

[1] Nurkhamzah, S. 2021. Teknik Budi Daya Tanaman Hias Hits dan Populer. Yogyakarta: DIVA Press, hlm 73.

[2] Ibid., hlm 74.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *