Info Komposisi dan Update Harga Caladine Cair (Lotion) untuk Bayi dan Gatal

Rasa gatal pada area tertentu memang begitu menyebalkan karena sering datang tiba-tiba. Berbagai bentuk obat gatal yang beredar di pasaran, mulai dari kapsul, bedak, obat oles, obat herbal, hingga lotion cair. Salah satu produk obat gatal yang sudah lama dikenal masyarakat yakni Caladine. Selain bedak, Caladine cair juga banyak diminati karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan bisa untuk bayi.

Ilustrasi: Produk Caladine Lotion (credit: chacaatmika)
Ilustrasi: Produk Caladine Lotion (credit: chacaatmika)

Caladine cair sebagai bagian dari inovasi produk bedak gatal yang telah diciptakan sebelumnya. Obat anti gatal untuk swamedikasi banyak digunakan ramuan dalam bentuk cairan kocok yang mengandung zat anti gatal mentol atau fenol. Obat-obat tersebut biasanya dicampur dengan seng oksida atau calamina (Caladine, Caladryl). Obat-obat ini bersifat menyejukkan karena penguapan air dari permukaan kulit sebagai keunggulan penggunaan obat-obat berbentuk serbuk.[1]

Bacaan Lainnya

Calamine berupa serbuk halus berwarna merah muda/pink. Mempunyai sifat menyembuhkan kulit akibat terbakar sinar matahari, iritasi kulit.[2] Lotion ini begitu ringan dan tidak lengket yang mampu mengobati biang keringat dan rasa gatal yang menyertainya. Tiga manfaat utama Caladine cair yakni berperan sebagai anti alergi, antiseptik, sekaligus penyejuk kulit. Dosis yang disarankan saat mengoleskan Caladine cair yakni sebanyak 2-4 kali sehari setelah mandi pagi dan sore hari.

Menurut review di internet, Caladine cair memiliki wangi yang harum dan tidak menyengat seperti obat gatal pada umumnya. Lotion ini begitu menyejukkan kulit yang terasa gatal dengan efek dinginnya. Keunggulan lainnya yakni tidak terasa lengket di kulit. Bahkan, beberapa pengguna mencoba Caladine cair dan olive oil pada wajah yang bruntusan. Begitu mengagetkan karena tak butuh waktu lama untuk sembuh.

Beberapa di antaranya mencoba bereksperimen menggunakan Caladine cair pada kulit ketiak yang cenderung sensitif. Hal yang mengagumkan bahwa penggunaannya terbilang cukup efektif sebagai pengganti deodorant. Namun, perlu diperhatikan Caladine cair dapat Anda gunakan pada biang keringat bayi tetapi tidak dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari.

Tak hanya biang keringat, Caladine cair juga cocok untuk mengatasi kulit gatal akibat cacar air. Produk ini mampu memberikan sensasi sejuk di kulit karena mengandung camphor dan menthol. Untuk lebih efektif, Anda dapat memakai Caladine cream yang dijual mulai harga Rp8.700 tahun 2021, sedikit turun menjadi Rp8.506 tahun 2022.

Komposisi Caladine Cair (Lotion)

Kandungan Caladine cair terdiri dari Calamine 5 %, Zinc oxide 10%, dan Diphenhydramine Hcl 2%. Kandungan Calamine pada Caladine berfungsi untuk mengatasi rasa gatal, Zinc Oxide berfungsi sebagai antiseptik ringan, Camphor berfungsi untuk mengatasi rasa gatal, dan Menthol berguna untuk memberi sensasi dingin pada kulit.

Untuk menjaga mutu produk, Anda disarankan untuk menyimpannya di tempat yang dan wadah tertutup rapat. Efek samping yang mungkin terjadi pada kulit Anda setelah mengoleskan Caladine cair yakni ruam atau iritasi kulit. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan penggunaannya pada kulit terutama jangka panjang. Caladine Lotion tidak disarankan untuk pemakaian sehari-hari. Sebaiknya, gunakan Caladine Lotion hanya ketika timbul gatal karena alergi.

Ilustrasi: Lotion Gatal Bayi (sumber: netgribky.ru)

Perhatian Penggunaan Caladine Cair (Lotion)

Caladine cair hanya dapat diberikan pada kulit yang bersih, sehingga Anda tidak disarankan memberikan lotion ini pada kulit yang melepuh, mengelupas atau mengeluarkan cairan. Jika setelah memakai obat ini tidak ada perubahan, atau timbul rasa terbakar, hingga ruam (iritasi) kulit, maka lebih baik untuk menghentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.

Ada baiknya bedak gatal lotion Caladine cair ini tidak diberikan pada orang yang hipersensitif terhadap komponen. Produk ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 3 tahun dengan penggunaan jangka panjang. Jika ingin mengobati iritasi pada kulit bayi, Caladine memiliki produk khusus bernama Caladine Baby Powder.

Bedak tabur khusus bayi ini mengandung Alpha Bisabolol sebagai anti inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi Iritasi juga membantu mengurangi kemerahan pada kulit bayi. Kemudian ada kandungan aloe vera yang memberikan efek sejuk pada kulit. Calamine yang terkandung didalamnya juga diklaim mampu mengurangi gatal akibat iritasi. Ditambah Vitamin B5 yang berfungsi untuk melembabkan dan menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut.

Nah, produk Caladine cair untuk meredakan gatal merupakan obat bebas terbatas yang diproduksi oleh Galenium Pharmasia Laboratories. Terdiri dari dua varian, Caladine cair dijual mulai harga belasan ribu rupiah di pasaran.

Ilustrasi: Harga Caladine Lotion (credit: Review Female Daily)

Harga Caladine Cair (Lotion) untuk Bayi

Varian Caladine Cair Harga (Rp)
Caladine cair Lotion 60 ml 18.288
Caladine cair Lotion 95 ml 27.070

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Sebagai bahan perbandingan, pada tahun 2020 harga Caladine cair kemasan botol kecil isi 60ml dibanderol Rp19 ribu, sedangkan untuk kemasan botol besar isi 95ml harganya Rp23.793. Tahun 2021 yang mengalami kenaikan justru Caladine cair kemasan botol besar, yakni menjadi Rp24.539, sedangkan kemasan botol kecil harganya turun menjadi Rp16.881.

Sementara itu, di tahun 2022, semua produk caladine cair mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Caladine cair Lotion 60 ml yang dibanderol Rp16.881 di tahun 2021, naik menjadi Rp18.288 di tahun 2022.

Harga Caladine cair di pasaran dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat mudah membeli produk yang satu ini di apotik seperti Apotek K24, Kimia Farma, maupun membelinya di sejumlah minimarket seperti dan Alfamart terdekat. Sebagai gambaran, di Indomaret harga Caladine Lotion 60 ml dipatok Rp19 ribu tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp20 ribu di tahun 2022.

Mengenali dan mengobati penyebab gatal-gatal tidak begitu mudah karena dari 70-80% kasus, penyebabnya tidak dapat dideteksi dengan jelas. Bila sudah diketahui, baru dapat dilakukan pengobatan antara lain dengan cara desensibilisasi. Biasanya pengobatan hanya meredakan gejalanya tanpa menghilangkan penyebabnya. Pengobatan khusus lansia, Anda dapat mengolesi kulit setiap hari dengan cream hidratasi untuk menghindari pengeringan kulit lebih lanjut.

[Update: Almas]

[1] Tan. 2013. Obat-Obat Sederhana untuk Gangguan Sakit Sehari-hari. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 32.

[2] Ermavianti, D & Ani S. 2019. Sanitasi Hygiene Kecantikan SMK/MAK Kelas X: Bidang Keahlian Pariwisata. Venan, editor. Yogyakarta: ANDI, hlm 119.

Pos terkait