Manfaat dan Update Harga CAL-95 untuk Ibu Hamil

Kebutuhan kalsium dalam tubuh begitu penting, apalagi jika Anda tengah hamil. Biasanya akan memberikan resep obat tertentu yang mengandung kalsium dengan jumlah yang dibutuhkan. Nah, salah satu suplemen kalsium yang kerap diresepkan dokter khusus ibu hamil dan menyusui yakni CAL-95. Obat ini dapat Anda beli di apotek terdekat dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: Makanan dan Minuman Sumber Kalsium (credit: healthyfood)
Ilustrasi: Makanan dan Minuman Sumber Kalsium (credit: healthyfood)

Untuk memastikan Anda mendapatkan asupan kalsium yang cukup dalam makanan bukanlah hal yang mudah. Beberapa orang bahkan perlu berkonsultasi dengan atau ahli gizi agar mampu menentukan cara memodifikasi makanan kaya kalsium untuk menentukan perlu tidaknya suplemen tambahan.

Bacaan Lainnya

Anda sebenarnya dapat menghitung kandungan kalsium dalam makanan. Misalnya produk olahan susu mengandung rata-rata 300 mg kalsium per takaran saji. Sumber kalsium lain dalam makanan, seperti sayuran hijau, kacang, biji-bijian, dan buah-buahan tertentu mengandung jumlah kalsium yang lebih kecil atau cenderung sangat jarang dikonsumsi secara rutin untuk dimasukkan dalam penghitungan asupan kalsium harian yang cepat dan mudah.

Banyak orang dewasa, sejumlah anak, bahkan ibu hamil dan menyusui yang harus membatasi konsumsi makanan tertentu. Bagi orang dewasa yang berusaha mengurangi tidak hanya kalori, tetapi juga lemak dan kolesterol dalam makanan, mungkin akan sulit untuk memodifikasi pola makan agar mendapatkan kalsium yang cukup.

Bagi orang yang gemar meminum jus jeruk atau anggur secara rutin, menggantinya dengan jenis yang diperkaya dengan kalsium merupakan perubahan mudah. Sebagian lainnya lebih memilih tidak terlalu memikirkan makanan karena merasa dihadapkan dengan pembatasan yang terlalu ketat, atau dengan alasan masih belum mendapatkan setidaknya tiga sajian makanan kaya kalsium per hari, sehingga suplemen kalsium dapat menjadi jalan keluar.[1]

Baca juga  Update Biaya Sedot Kotoran Telinga di Dokter THT

Indikasi Suplemen CAL-95

CAL-95 menjadi suplemen yang kerap diresepkan untuk mengatasi kekurangan kalsium dan memenuhi kebutuhan kalsium pada anak, wanita hamil, dan ibu menyusui. Kalsium dalam tubuh dapat berperan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Suplemen ini juga dijadikan sebagai terapi suportif dalam penyembuhan osteoporosis (pengeroposan tulang) atau defisiensi kalsium. CAL-95 merupakan jenis obat bebas yang bisa Anda dapatkan di apotek dengan atau tanpa resep dokter.

Kemasan tablet Cal-95 (sumber: bukalapak)
Kemasan tablet Cal-95 (sumber: bukalapak)

Kandungan CAL-95

  • Magnesium 100 mg. Magnesium adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kebutuhan magnesium harian untuk orang dewasa adalah sekitar 400-450 mg dan biasanya bersumber dari makanan seperti sayuran hijau, buah, dan kacang-kacangan. Kekurangan magnesium bisa menjadi pemicu seseorang mengalami osteoporosis.
  • Coral Calcium 500 mg. Coral calcium adalah garam kalsium yang diambil dari koral atau fosil terumbu karang, memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan gusi, mencegah pengeroposan tulang, menjaga kesehatan jantung, mengatasi kram otot, mengatasi sakit kepala, dan lainnya.
  • Vitamin D3 200 IU. Vitamin D3 merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, berfungsi untuk membantu penyerapan fosfor dan kalsium, sehingga vitamin ini juga sangat penting dalam penyembuhan osteoporosis.
  • Natural Soy Isoflavone 20 mg. Isoflavone adalah salah satu senyawa penting yang banyak terkandung dalam kedelai. Senyawa ini bisa bertindak sebagai antioksidan dan memiliki manfaat untuk tubuh baik untuk memenuhi nutrisi harian atau untuk meredakan gejala berbagai penyakit.
  • Vitamin K1 25 mcg. Vitamin K1 merupakan jenis vitamin K yang umumnya berasal dari tanaman atau nabati, memiliki beberapa manfaat untuk tubuh seperti berperan dalam proses pembekuan darah, mencegah penyakit jantung, dan tentunya juga menjaga kesehatan tulang.
  • Zinc juga merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh, memiliki peran dalam kesehatan tulang sehingga dibutuhkan dalam pengobatan osteoporosis.
  • Boron merupakan senyawa yang bisa Anda temukan dalam sayuran hijau, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Fungsinya mengatasi nyeri, meningkatkan kemampuan kognitif otak, mengatasi pengapuran tulang sendi atau osteoarthritis, dan lainnya.
Baca juga  Info Terbaru Harga Curacron (100 ml, 250 ml, 500 ml)

Berdasarkan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, CAL-95 memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

Manfaat CAL-95

  • Memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Sangat baik digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan
  • Mengatasi dan mencegah osteoporosis akibat berbagai sebab seperti menopause atau gastrektomi atau kondisi lain yang bisa menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga menyebabkan pengeroposan tulang.

Anda akan mendapatkan manfaat lengkap tersebut dengan memperhatikan dosis dan aturan minum CAL-95.

Dosis CAL-95

Dosis CAL-95 untuk anak-anak hingga dewasa yang disarankan untuk dikonsumsi yakni 1-3 kapsul per hari. Jangan gunakan obat ini di luar dosis yang disarankan, kecuali Anda sudah berkonsultasi dengan sebelumnya. Konsumsi obat ini sebaiknya dilakukan sesudah makan.

Tablet Cal-95 (instagram: @fikki_wahyu)
Tablet Cal-95 (instagram: @fikki_wahyu)

Efek Samping CAL-95

CAL-95 berbentuk suplemen sehingga relatif aman untuk digunakan. Hingga kini, belum ada laporan timbulnya efek samping akibat dari penggunaan obat tersebut. Jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsumsi suplemen ini, segera konsultasikan ke dokter. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda suplemen ini.

Baca juga  Fasilitas dan Update Harga Burung di Pasar Pramuka

Perhatian dan Peringatan Konsumsi CAL-95

  • Jangan gunakan suplemen ini pada dengan hipersensitivitas terhadap komponen-komponen yang terkandung dalam obat ini.
  • Jangan konsumsi suplemen ini bersamaan dengan makanan atau produk kaya serat, terutama pada penderita gangguan ginjal.
  • Obat ini diklaim aman dikonsumsi untuk semua kalangan, termasuk ibu hamil.
  • Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dulu sebelum suplemen ini.

Jika Anda tertarik mengonsumsi suplemen CAL-95, berikut info perbandingan harganya di apotek saat ini dan tahun lalu.

Harga CAL-95

Varian CAL-95 Harga Sebelumnya Harga Sekarang
CAL-95 per strip Rp41.950 Rp45.652
CAL-95 per box isi 5 (30 kaplet selaput) Rp165.000 – Rp180.000 Rp189.000

Berdasarkan tabel di atas, harga suplemen CAL-95 di apotek saat ini cenderung naik. Anda dapat menemukannya di Apotek K24, Kimia Farma, dan toko obat lain terdekat. Anda juga dapat memesannya melalui situs online dengan harga bersaing. Perlu diingat, harganya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pihak penjual.

Suplemen Kalsium Khusus Ibu Hamil - @damircudic
Suplemen Kalsium Khusus Ibu Hamil – @damircudic

Namun perlu dipahami, jika rekomendasi kalsium dapat dipenuhi dengan asupan makanan, maka suplemen sebenarnya tidak diperlukan. Banyak wanita, pria, dan bahkan yang salah dengan menyarankan suplemen kalsium di samping makanan kaya kalsium. Bahkan, jika Anda sudah terlanjur menderita osteoporosis, orang dewasa berusia 51 tahun atau lebih dan sehat, tidak perlu mengonsumsi kalsium total lebih dari 1.200 atau paling banyak 1.500 per hari.

[Update: Ditta]

[1] Cosman, Felicia. 2009. Osteoporosis: Panduan Lengkap Agar Tulang Anda Tetap Sehat. Jakarta: Bentang Pustaka, hlm. 58.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.