Update Harga Cal 95 (1 Strip dan 30 Tablet) untuk Ibu Hamil

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang penting dan bermanfaat, terutama bagi hamil dan menyusui. Anda tidak hanya bisa mendapatkan kalsium dari makanan, tetapi juga suplemen. Nah, salah satu produk kalsium yang cukup populer dan memiliki harga relatif terjangkau adalah Cal 95. Anda bisa membelinya per strip isi 6 tablet atau per box isi 30 tablet.

Vitamin Cal 95 (sumber: shopee)
Vitamin Cal 95 (sumber: shopee)

dan Indikasi Cal 95

Cal 95 merupakan suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral, antara lain 500 mg coral Ca, 20 mg natural soy isoflavone, 200 IU vitamin D3, 25 mcg vitamin K1, 100 mg magnesium, 5 mg Zn, dan 1 mg boron. Dengan banyaknya pada produk, suplemen ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama kesehatan tulang.

Bacaan Lainnya

Suplemen dengan kandungan kalsium yang tinggi, mampu dijadikan sebagai booster atau perangsang pertumbuhan, perkembangan, dan pembentukan tulang.[1] Selain itu, dilansir dari halodoc, suplemen ini memiliki indikasi untuk memelihara kesehatan tulang, terapi suportif pada osteoporosis, serta memenuhi kebutuhan kalsium anak, hamil, dan menyusui. Penggunaan suplemen sebagai bahan terapi osteoporosis, bisa diberikan kepada yang mengalami osteoporosis karena pasca-menopause, senilis, dan diinduksi kortikosteroid (sebagai konsekuensi dari gastrektomi atau imobilisasi).

Baca juga  Update Biaya Operasi Hilangkan Mata Ikan

Sementara itu, kandungan coral calcium pada produk memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, menjaga kesehatan jantung, mencegah kram otot, dan mengatasi sakit kepala. Selain itu, multivitamin ini juga bermanfaat untuk mencegah penyumbatan akibat darah yang menggumpal berkat adanya vitamin K. Boron yang terkandung pada Cal 95 memiliki peranan sebagai zat untuk mengatasi nyeri akibat sakit sendi dan tulang, meningkatkan kemampuan kognitif otak, dan mengatasi osteoarthritis.

Cal 95

Untuk mendapatkan semua manfaat Cal 95 di atas, Anda perlu mengetahui konsumsi suplemen ini dengan tepat. Bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan yang tepat. Setiap hamil dan menyusui membutuhkan kalsium dengan jumlah yang berbeda, tergantung kondisi kehamilan dan kadar ASI-nya.

Meskipun begitu, secara umum Cal 95 bisa dikonsumsi oleh orang dewasa normal dan anak-anak dengan 1-3 kapsul setiap hari. Anda bisa mengonsumsinya secara bersamaan dengan makan. Supaya lebih mudah, Anda bisa membagi dosis ini ke dalam jam makan. Sebagai contoh, Anda bisa minum 1 kapsul saat sarapan, 1 kapsul saat makan siang, dan 1 kapsul saat makan malam.

Baca juga  Info Terbaru Harga Facial dan Peeling di Naavagreen

Efek Samping Cal 95

Hindari mengonsumsi suplemen ini secara berlebihan dalam jangka waktu lama, meskipun produk ini tergolong aman untuk dikonsumsi, karena bisa menimbulkan efek samping berupa sakit ginjal dan hati. Selain itu, Anda dianjurkan untuk minum air putih yang banyak selama mengonsumsi suplemen ini.

Air putih yang bersifat cair dan mudah diserap tubuh, akan membantu proses absorbsi kandungan Cal 95 dengan cepat. Sehingga, produk bisa bekerja dengan optimal dan tidak mengendap di dalam tubuh. Selain itu, air mineral akan membantu tubuh dalam proses metabolisme untuk mencegah kerusakan hati dan ginjal selama Anda mengonsumsi suplemen.

Suplemen ini tidak dianjurkan bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit ginjal dan hati kronis. Dengan kondisi tersebut, pasien secara umum tidak bisa mencerna suplemen dengan baik, sehingga multivitamin akan mengendap dalam tubuh dan menjadi racun. Kondisi ini bisa memperparah penyakit pasien dan berisiko komplikasi.

Produk tersebut juga tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap kandungan multivitamin. Hal ini dapat menimbulkan gejala alergi, seperti gatal-gatal, pusing, mual, dan muntah. Jika Anda mengalami hal ini, hentikan pemakaian suplemen dan berkonsultasilah ke dokter.

Baca juga  Indikasi, Dosis, Manfaat, dan Update Harga Kalpanax Cream 5 gr

Cal 95 termasuk golongan obat bebas dengan logo berwarna hijau terang di bagian kemasan. Jadi, Anda tidak perlu meminta resep dokter jika ingin mengonsumsinya (jika Anda dalam kondisi normal). Anda bisa membeli suplemen kalsium tersebut di apotek terdekat dan biasanya produk ini dijual dalam kemasan strip dan box.

Harga Cal 95

Kemasan Cal 95 Harga
Cal 95 tablet Rp6.442 – Rp7.000
Cal 95 strip 6 tablet Rp40.000 – Rp46.029
Cal 95 box 30 tablet Rp177.900 – Rp214.301

Informasi harga Cal 95 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah apotek dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga produk ini terpantau mengalami kenaikan. Cal 95 strip isi 6 tablet misalnya, awalnya dijual Rp34 ribu sampai Rp42 ribu dan sekarang berkisar Rp40 ribu sampai Rp46 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Desrida, Afriwardi, Husnil Kadri. 2017. Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik, Jumlah Asupan Vitamin D dan Kalsium terhadap Tingkat Densitas Tulang Remaja Putri di SMA Negeri Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal FK UNAND, Vol. 6(3): 572-580.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *