Manfaat dan Update Harga Cairan Infus NaCl (100 ml & 500 ml)

Jika Anda pernah menjenguk kerabat atau teman di rumah sakit, dan kebetulan parah, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan infus. Ini adalah perawatan medis yang dilakukan dengan memberikan cairan dan obat langsung melalui pembuluh darah. Dari sekian cairan yang diberikan, infus NaCl adalah yang paling sering diberikan dan bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat muntah, diare, perdarahan, atau syok. Di pasaran, harga cairan ini ternyata sangat terjangkau.

Cairan infus (sumber: liter.kz)
Cairan infus (sumber: liter.kz)

Dikutip dari Alodokter.com, infus merupakan metode pemberian cairan dan obat yang dilakukan langsung melalui pembuluh darah. Cairan yang diberikan melalui infus dapat berfungsi sebagai cairan pemeliharaan ataupun cairan resusitasi. Cairan infus biasanya akan diberikan ketika pasien melakukan perawatan di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Sekitar 50 persen pasien yang melakukan rawat inap di rumah sakit, mendapatkan terapi cairan melalui infus. Terapi cairan intravena ini merupakan metode yang efisien dan efektif guna memberikan cairan secara langsung ke kompartemen cairan intravaskular dan menggantikan kehilangan elektrolit.[1] Pemberian cairan melalui infus adalah pemberian cairan kepada pasien yang mengalami cairan atau nutrisi yang berat.

Pemberian cairan melalui infus tentu saja membutuhkan kesterilan mengingat berhubungan langsung dengan pembuluh darah.[2] Pasalnya, dari pemberian cairan melalui intravena tersebut, pasien akan terpapar pada risiko terkena infeksi nosokomial. Pemberian cairan melalui infus dengan memasukkan ke dalam vena (pembuluh pasien), di antaranya vena lengan, pada tungkai, atau vena yang ada di kepala (seperti vena temporalis frontalis khusus untuk anak-anak).[3]

Sebenarnya, ada beragam cairan infus yang dapat digunakan ketika pasien mendapatkan perawatan. Namun, cairan infus yang umum digunakan dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni cairan kristaloid dan cairan koloid. Cairan kristaloid mengandung natrium klorida, natrium glukonat, natrium asetat, kalium klorida, magnesium klorida, dan glukosa, yang umumnya digunakan untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit, mengembalikan pH, menghidrasi tubuh, dan sebagai cairan resusitasi.

Manfaat Cairan Infus NaCl

Cairan kristaloid masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam. Jenis yang sering digunakan pada pasien rawat inap di rumah sakit adalah cairan saline, atau sering juga disebut cairan NaCl. Ini merupakan cairan infus yang mengandung natrium dan klorida, seperti namanya. Cairan infus ini digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, mengoreksi ketidakseimbangan elektrolit, dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Seperti diketahui, ketidakseimbangan kadar elektrolit bisa menimbulkan berbagai gangguan pada fungsi organ di dalam tubuh. Bahkan, pada kasus yang berat, gangguan elektrolit bisa menyebabkan aritmia, kejang, koma, dan gagal jantung. Gangguan elektrolit sendiri adalah kondisi saat kadar elektrolit di dalam tubuh seseorang menjadi tidak seimbang, bisa terlalu atau terlalu rendah.

Nah, natrium adalah elektrolit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu mengatur fungsi saraf dan kontraksi otot. Kondisi kelebihan natrium dalam umumnya disebabkan oleh kurangnya konsumsi air, dehidrasi berat, hilangnya cairan tubuh karena demam, diare, muntah, penyakit pernapasan, keringat berlebihan karena olahraga, dan konsumsi obat kortikosteroid. Sebaliknya, kekurangan natrium umumnya disebabkan oleh malnutrisi serta gangguan kelenjar tiroid, adrenal, dan hipotalamus, serta bisa juga gagal ginjal, gagal jantung, gagal hati, kecanduan alkohol, hingga konsumsi obat diuretik.

Sementara itu, klorida adalah elektrolit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pH dalam dan menyebarkan impuls saraf. Kelebihan klorida bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis atau akut, gangguan pH darah (asidosis metabolik atau alkalosis respiratorik), dan konsumsi acetazolamide jangka panjang. Sebaliknya, kekurangan klorida biasanya disebabkan oleh diare atau muntah berkepanjangan, penyakit paru-paru kronis seperti emfisema, gagal jantung, dan gangguan pH darah (alkalosis metabolik), juga bisa karena konsumsi obat pencahar, diuretik, kortikosteroid, dan bikarbonat.

Meski merupakan salah satu alat perawatan medis yang kerap digunakan di rumah sakit, ternyata cairan infus NaCl juga bisa Anda dapatkan secara bebas di berbagai toko peralatan medis maupun situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut informasi terbaru kisaran harga cairan infus NaCl di pasaran.

Ilustrasi Cairan Infus (sumber: futurity.org)

Harga Cairan Infus NaCl 100 ml

Merk/Kemasan Cairan Infus NaCl Harga
Cairan Infus NaCl Satoria Pharma 100 ml Rp7.137
Cairan Infus NaCl Otsuka 100 ml Rp13.000
Cairan Infus NaCl B Braun 100 ml Rp16.000
Cairan Infus NaCl Otsuka 100 ml 1 Karton isi 40 botol Rp320.000
Cairan Infus NaCl B Braun 100 ml 1 Karton  isi 50 botol Rp575.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cairan infus NaCl kemasan 100 ml di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, cairan infus NaCl merk B Braun 100 ml yang semula dijual seharga Rp15 ribu, kini menjadi Rp16 ribu. Begitu pula cairan infus NaCl Otsuka 100 ml yang sedikit naik dari Rp12.500 menjadi Rp13.000.

Ilustrasi: Cairan Infus NaCl (credit: gha.health)

Harga Cairan Infus NaCl 500 ml

Merk/Kemasan Cairan Infus NaCl Harga
Cairan Infus NaCl Satoria Pharma 500 ml Rp8.905
Cairan Infus NaCl Wida NS 500 ml Rp9.252
Cairan Infus NaCl Emjebe Pharma 500 ml Rp15.000
Cairan Infus NaCl Widatra Bhakti 500 ml Rp20.000
Cairan Infus NaCl Otsuka 500 ml Rp27.000
Cairan Infus NaCl B Braun 500 ml Rp85.000
Cairan Infus NaCl Widatra Bhakti 500 ml 1 Karton isi 20 botol Rp420.000
Cairan Infus NaCl Satoria Pharma 500 ml 1 Karton Rp430.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cairan infus NaCl kemasan 500 ml di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, cairan infus NaCl merk Satoria Pharma 500 ml yang semula dijual seharga Rp10 ribu, sekarang sedikit turun menjadi Rp8.905. Sementara itu, harga cairan infus NaCl Widatra Bhakti 500 ml naik dari Rp17 ribu menjadi Rp20 ribu.

Informasi harga cairan infus NaCl kemasan 100 ml dan 500 ml di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan medis dan situs jual beli online. Harga cairan infus NaCl tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga cairan ini di setiap toko kemungkinan juga bisa berbeda, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

[Update: Ditta]

[1] Suryadi Dedi, Evangeline H., Wawan Sunarya. 2015. Perbedaan Kompres NaCl 0,9% dengan Kompres Alkohol 70% terhadap Penurunan Intensitas Nyeri pada Pasien Flebitis. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Universitas Sriwijaya, Vol. 2(3): 245-251.

[2] Agussalim, Ruslan, Adnan, Muh. Niswar. 2016. Monitoring Cairan Infus Berdasarkan Indikator Kondisi dan Laju Cairan Infus Menggunakan Jaringan WiFi. Jurnal Ilmiah ILKOM, Vol. 8(3): 145-152.

[3] Ibid.

Pos terkait